21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tantrum dan Sensory Meltdown, Apa Bedanya? Orang Tua Perlu Tahu!

blokbojonegoro.com | Friday, 16 August 2019 07:00

Tantrum dan Sensory Meltdown, Apa Bedanya? Orang Tua Perlu Tahu!

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Banyak orang tua menganggap anak yang menangis sampai menjerit-jerit atau bahkan melempar barang adalah tanda mereka mengalami tantrum. Tapi ternyata, kondisi itu tidak selalu menjadi tanda mereka mengalami tantrum. Mungkin saja anak sedang mengalami kondisi yang dinamakan sensory meltdown, Moms. Pernah dengar sebelumnya, Moms?

Walau sekilas tandanya terlihat sama, sebenarnya tantrum dan sensory meltdown pada anak adalah dua kondisi yang berbeda. Menurut Amori Makami, seorang profesor di Departemen Psikologi University of British Colombia, tantrum itu biasanya terjadi ketika anak menginginkan sesuatu, tapi tidak dituruti, sehingga ia melakukan hal yang ekstrem.

"Tantrum adalah taktik yang mereka lakukan untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan," ujar Mikami yang dikutip dari Todays Parent.

Ia menyarankan orang tua untuk mengatakan 'tidak' dengan tenang tapi tegas. Jika orang tua konsisten, tantrum mungkin bisa dihentikan. Bila tidak, Anda mungkin berisiko membesarkan anak yang pintar memanipulasi emosinya untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

Lalu apa bedanya dengan sensory meltdown pada anak?

Ketika anak Anda mengalami sensory meltdown, mungkin ia akan mengamuk tapi sebenarnya itu bukan keinginannya, Moms. Si kecil mungkin kewalahan secara emosional hingga tidak bisa menunjukkan emosinya dengan benar.

Misalnya saja ia mengalami kelelahan, marah, atau bahkan saat kondisi bersemangat pun, si kecil bisa mengalami sensory meltdown. Salah satu tandanya, jika Anda sudah melakukan banyak cara seperti memberitahunya tapi tidak menghentikan tangisan atau amukannya, kemungkinan ia mengalami sensory meltdown.

"Ketika anak sudah kehilangan kendali, ia tidak tahu apa yang mereka inginkan atau tidak mereka inginkan. Amukannya sebenarnya tidak memiliki tujuan apapun. Dan setiap anak memiliki cara yang berbeda menunjukkan gejala meltdown," ujar Mikami.

Lantas, bagaimana ya menghadapi anak yang mengalami sensory meltdown?

Moms, jangan cemas dulu. Anda bisa kok membantu anak mengenal emosinya sejak dini. Sehingga ketika sudah beranjak dewasa, mereka tidak bingung dengan perasaannya sendiri. Kita bisa memulainya dengan cara menyampaikan kata-kata yang lembut untuk menenangkannya, setelah itu jangan lupa berikan pelukan.

Namun berhati-hatilah untuk memilih kata-kata untuk menenangkannya. Misalnya, "Jangan khawatir, semua baik-baik saja" atau "Jangan takut, ada ibu di sini". Selain itu, kadang orang tua juga seringkali ingin buru-buru menghentikan amarah anak. Padahal Anda tak perlu buru-buru melakukan hal itu, karena menangis merupakan caranya menunjukkan emosi.

"Jika Anda tidak mencoba untuk menghentikannya ketika ia mulai emosional, itu menunjukkan rasa empati kepadanya. Kita harus menyadari bahwa anak juga memiliki emosi. Jadi jangan menghentikannya," ujar Gail Bell, Co-founder of Parenting Power.

Jadi intinya, jangan buru-buru marah kepada anak saat ia nangis ataupun mengamuk. Kenali dulu tanda-tandanya, apakah si kecil hanya menunjukkan emosi ataukah memang sedang tantrum, agar penanganannya pun tidak salah.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat