Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Akibat Bakar Sampah, Rumpun Bambu 0,2 Hektar Terbakar

blokbojonegoro.com | Monday, 19 August 2019 16:00

Akibat Bakar Sampah, Rumpun Bambu 0,2 Hektar Terbakar

Kontributor : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Kejadian kebakaran kembali terjadi di Kabupaten Bojonegoro, pada Senin (19/8/2019) siang. Kali ini kebakaran terjadi di areal pohon bambu di Desa Kuniran, Rt 21 Rw 05 Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro, akibat pemilik lahan yang membakar sampah sembarangan.

''Pada Senin pukul 13.30 WIB telah terjadi kebakaran pohon bambu di Desa Kuniran,'' ujar Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bojonegoro, Sukirno.

Penyebab terjadinya kebakaran menurut Sukirno berawal dari aktivitas pemilik lahan, Nur Hasim, yang membakar sampah lalu ditinggalkan. Pembakaran sampah ini lanjut Sukirno, merambat kededaunan kering dan menjelar sehingga mengakibatkan pohon bambu seluas 0,2 hektar dan membahayak rumah warga. Hal ini diketahui dari warga yang berada di sekitar lokasi kejadian.

Sukirno menuturkan, diperoleh keterangan dari Eko Sugiharto dan melaporkanya ke Pos padangan pada pukul 13:48 WIB. Selanjutnya sekitar pukul 14.03 WIB sebanyak satu unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) tiba di lokasi. Upaya pemadaman di bantu eh aparat wilayah setempat, Satpol PP, Koramil, Perangkat Desa dan masyarakat setempat. 27 menit kemudian kobaran api baru bisa dipadamkan.

"Dalam hal ini tidak ada korban jiwa, sedangkan untuk kerugian juga nihil," jelas Sukirno.

Karena banyaknya kejadian kebakaran tersebut, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bojonegoro menghimbau kepada seluruh masyarakat tidak membakar sampah secara sembarangan. Sebab menurutnya bila hal tersebut terus dilakukan akan mengakibatkan kebakaran lebih luas.

"Apalagi saat ini juga musim kemarau, sehingga lebih rawan kebakaran," jelasnya.[din/ito]

Tag : Kebakaran, lahan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini