07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

DPRD Bojonegoro 2019-2024

Termuda, Sasa Ingin Kembangkan Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Wednesday, 21 August 2019 10:00

Termuda, Sasa Ingin Kembangkan Bojonegoro

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Sebelum pelantikan DPRD Kabupaten Bojonegoro 2019-2024, Rabu (21/8/2019), seluruh anggota wakil rakyat terpilih mengikuti gladi bersih di ruang rapat Paripurna DPRD, Selasa (20/8/2019). Termasuk Natasha Devianti, politisi perempuan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Dari deretan 50 nama anggota dewan terpilih, perempuan yang akrab di panggil Sasa itu menjadi wakil rakyat termuda dengan usia 25 tahun. Pertama masuk gedung dewan menjadi anggota DPRD saat gladi bersih, membuatnya ingat masa kecilnya. Sebab, ia beberapa kali masuk gedung tersebut ketika mengikuti pelantikan bapaknya, Budi Irawanto menjadi anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro.

"Gedung DPRD tidak ada yang berubah. Sejak saya kecil seperti ini, dua kali ikut pelantikan ayah menjadi anggota DPR," kenang Sasa yang pernah sekolah di TK Pertiwi (dahulu berada didepan kantor DPRD) kepada blokBojonegoro.com usai gladi bersih.

Diceritakan, politisi kelahiran 7 Mei 1994, sejak kecil waktu masih TK Pertiwi sekitar tahun 1999 sering melihat aktivitas anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro. Sehingga sudah tidak asing gedung di timur Pemkab Bojonegoro, yang kini menjadi tempatnya menyerap aspirasi masyarakat Kota Ledre.

Namun Sasa tidak menyangka sekarang ini menjadi anggota DPRD, karena sejak kecil sudah menjadi atlet Bojonegoro. "Sejak kelas 2 SD sampai SMP menjadi atlet renang, PRSI Bojonegoro. Berbagai perlombaan serta kejuaraan tingkat daerah sampai nasional pernah diikuti dan mendapatkan juara," ungkap alumnus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya.

Kedisiplinan Sasa sudah terbentuk sejak kecil menjadi atlet. Karena seminggu tiga kali ia harus berlatih renang. Termasuk saat mendapat undangan gladi bersih DPRD pukul 10.00 WIB, ibu satu anak itu sudah berangkat sekitar pukul 09.00 WIB. Tetapi ia sedikit kecewa, sebab pelaksanannya molor melebihi undangan yang sudah dijadwalkan. Meski demikian harus dinikmati.

Perjalanan putri Wakil Bupati (Wabup) Bojonegoro, Ir. Budi Irawanto itu untuk bersaing sudah diturunkan ayahnya. Karena, sebelum memutuskan menjadi politisi PDIP, Sasa memilih balapan sebagai hobinya setelah berhenti menjadi atlet renang.

"Mulai awal SMA sudah ingin jadi pembalap, pinginnya motor. Tapi tidak diperbolehkan karena pertimbangan sefty (keselamatan)," tuturnya istri Khresna Ade Wiyatno itu.

Akhirnya menjadi offroader sampai sekarang ini. Selain off road, juga bisa balapan Rally maupun drak. Bahkan dari balapan tersebut, Sasa menjalin cinta dengan pria yang kini menjadi suaminya. "Kita kenalnya sama-sama jadi pembalap. Jadi sudah saling memahami," terangnya sambil tersenyum malu.

Sasa sempat fakum dua tahun, sebab Pilkada dan Pileg kemarin, serta hamil anak pertama. Sebenarnya saat Pilkada ada beberapa kejuaraan, ia memilih tidak mengikuti, karena tidak terbiasa berangkat sendiri. Pasalnya selama ini kalau ada kejuaraan, berangkatnya bareng semua keluarga.

"Waktu hamil dua bulan masih ikut balapan. Sudah kangen balapan, karena menjadi hobi. Nanti kejuaraan di Banjarsari akan ikut," sambungnya.

Selama bertahun-tahun menjadi offroader sudah banyak kejuaraan maupun balapan yang sudah diikuti. Termasuk dari balapan tersebut banyak pelajaran yang bisa diambil, selain kemandirian juga menaklukan sirkuit untuk menjadi pemanang. Seperti sekarang ini memilih berkarir di dunia politik dan tetap berpacu di arena balap.

"Pilihannya jadi dokter seperti ibu apa menjadi politik seperti Bapak. Milih di politik karena sesuai bidang jurusan kuliah di UNAIR, ilmu politik," sebutnya sambil tersenyum bahagia, karena tinggal dilantik menjadi DPRD Kabupaten Bojonegoro.

Meskipun banyak famili ataupun temannya yang lulus kuliah memilih melamar CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) sekarng ASN, tapi ia tidak berminat sama sekali menjadi PNS.

Tekad Sasa menjadi politisi sudah mantap, bahkan anaknya yang diberi nama Sheren Ade Florencia baru berusia 8 bulan mulai belajar dilatih mandiri tanpa ASI (Air Susu Ibu). Sebenarnya ia masih ingin memberikan ASI, karena kesibukan menjadi wakil rakyat akan padat dan terpaksa anak pertamanya harus dilatih mandiri. Termasuk mementingkan keinginan masyarakat daripada keluarga.

"Kemarin ada acara keluarga dan rapat partai, saya memilih hadir di rapat partai. Seluruh keluarga memahami kondisi saya dan memakluminya," lanjut alumni SMA Negeri 2 Bojonegoro itu.

Disinggung terkait kedepannya menjadi anggota DPRD, Sasa akan menyerap aspirasi masyarakat, melaksanakan tugas dan wewenang DPRD Kabupaten Bojonegoro. "Mengembangkan Bojonegoro dan tentunya memperhatikan daerah pemilihan. Keinginannya di pendidikan dan kesehatan, karena itu hak dasar manusia," pungkasnya. [zid/mu]

DATA DIRI
Nama​​​: Natasha Devianti​
T.T.L.​: Malang, 07 Mei 1994
Alamat​​​: Jl. Ade Irma Suryani no.16 Sumbang , Bojonegoro
Status​​​: Menikah
Suami: Khresna Ade Wiyatno
Anak: Sheren Ade Florencia

PENDIDIKAN FORMAL
2012 – 2017​: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UNAIR
2009 – 2012​: SMA Negeri 2 Bojonegoro
2006 – 2009​: SMP Negeri 1 Bojonegoro

Tag : dprd, politik, pemilu, PDIP, dewan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat