11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kapan Harus ke Dokter Bila Setelah Menikah Tak Kunjung Hamil?

blokbojonegoro.com | Monday, 26 August 2019 07:00

Kapan Harus ke Dokter Bila Setelah Menikah Tak Kunjung Hamil?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Banyak pasangan berharap bisa segera hamil setelah menikah. Tapi tentu saja, berapa lama setelah menikah sang istri akan hamil berbeda pada setiap pasangan.
 
Namun karena harapan setiap orang pun berbeda, bisa saja ada yang merasa resah bila belum hamil setelah menikah 3 bulan misalnya. Sebaliknya ada yang hingga usia pernikahan dua tahun belum punya anak, tapi tenang-tenang saja.

Tapi menurut Sandy Prasetyo, SpOG, dokter spesialis obstetri dan ginekologi dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya, Jakarta Selatan, ada lho, Moms, 'patokan' kapan waktu yang tepat untuk pasangan suami istri menjalani pemeriksaan terkait kemungkinan adanya gangguan kesuburan.

Ya Moms, menurut Sandy, umumnya pasangan suami istri perlu menjalani pemeriksaan terkait kemungkinan adanya gangguan kesuburan, bila mereka tak juga dapat anak setelah setahun rutin berhubungan intim.

Sandy menjelaskan, waktu pertama kali sang istri datang untuk berkonsultasi, maka yang dilakukan dokter obgyn adalah memberi edukasi. "Berikutnya (datang) dengan suami. Analisa sperma untuk suami. USG untuk istri,” katanya, saat ditemui di acara nikah massal bertajuk “Kondangan Pasti Sah” yang diselenggarakan DKT Indonesia, di Lapangan Palembang Trade Center, Palembang, Sabtu (17/8/2019).

Namun bila pasangan jarang berhubungan intim, misalnya hanya beberapa bulan sekali dalam setahun pertama pernikahan dan istri tak kunjung hamil, maka belum tentu perlu segera menjalani pemeriksaan kesuburan maupun mendapat treatment lebih lanjut.

“Tapi kalau sudah rutin berhubungan dua sampai tiga kali seminggu enggak pakai kontrasepsi dan sudah setahun. Artinya di situ baru kita mulai (treatment) agak agresif. Oke, berarti ini ada gangguan ke arah subfertility, itu tadi baru kita periksa.”

Anda jangan buru-buru melabeli diri mandul karena tidak kunjung hamil ya, Moms. Pasalnya, Sandy menegaskan, dokter obgyn kini tak lagi pakai istilah itu.

“Jadi kita sebutnya subfertility atau gangguan kesuburan. Kita sudah tidak pakai lagi istilah infertility,” tutupnya.

Ini artinya Anda dan pasangan jangan cepat khawatir atau buru-buru datangi dokter kandungan.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat