17:00 . As Roda Belakang Mobil Dump Truk Patah, Lalu Lintas Tersendat   |   16:00 . IKIP PGRI Bojonegoro Lantik Organisasi Kemahasiswaan   |   15:00 . Punya Harga Jual Tinggi Dibalik Limbah Tanaman Kedelai   |   12:00 . Zakat Upaya Meningkatkan Ekonomi Rumah Tangga Sangat Miskin   |   11:00 . Sempat Viral di Medsos, Kakek Pengemis Diamankan Satpol PP   |   10:00 . Diantar Keluarga untuk Mengemis, Seorang Kakek dan Wanita Muda Ditangkap?   |   09:00 . Fuul: Kampus Ungu Bersholawat Bareng Gus Azmi   |   08:00 . Ditinggal Nonton Hiburan, Rumah di Ngasem Terbakar   |   07:00 . Waspada Bila Anak Tampak Begitu Lamban dan Mudah Jatuh   |   21:00 . Bus Baru Pemkab Bojonegoro Khusus untuk Pelayanan dan Sosial   |   20:00 . Live: Kampus Ungu Bersholawat Bersama Gus Azmi   |   19:00 . Kader Baureno Nahkodai PDPM Bojonegoro   |   18:00 . Diduga Kelelahan, Staf Perhutani Ditemukan Meninggal Dunia   |   17:00 . Bus Baru Pemkab, Bupati: Untuk Pelayanan dan Sosial   |   16:00 . Maba IAI Sunan Giri Antusias Ikuti Seminar Pembuatan Makalah   |  
Mon, 16 September 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 29 August 2019 19:00

Bupati Resmikan Tugu Prasasti Sedulur Sikep Samin

Bupati Resmikan Tugu Prasasti Sedulur Sikep Samin

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, dalam hal ini, Bupati Bojonegoro Anna Mu'Awannah akan meresmikan Tugu Prasasti Sedulur Sikep Samin di Dusun Jepang, Desa/Kecamatan Margomulyo.

Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah menjelaskan, tugu ini menandakan bahwa hingga saat ini di Bojonegoro ada tonggak sejarah keberadaan ajaran Samin yang dipelopori oleh Samin Soerosentiko.

"Selain terdapat patung di ujung jalan jika ingin menuju Dusun Jepang, di tengah hutan juga ada sebuah tugu separuh Badan yang di belakangnya terdapat 5 pilar menandakan Pitutur Luhur Sedulur Sikep," ujar Bupati.

Pitutur tersebut adalah Laku jujur sabar trokal lan nrimo, ojo dengki srei dahwen kemeren pekpinek barange liyan, ojo mbedo mbedakne sapodo padaning urip kabeh iku sedulure dewe, ojo waton omong omong sing nganggo waton, biso roso rumongso.

"Pitutur tersebut mengajarkan nilai nilai luhur tentang kejujuran, spiritual dan sosial, peduli pada alam, serta menjauhkan diri dari sifat mengambil hak orang lain," imbuh Bupati

Adapun sebagai ini dari Samin ini ialah sebagai sebuah pergerakan atau sikap bahwa perjuangan tidak harus dilakukan dengan cara kasar, karena ketegasan atas sikap akan berbuah keberhasilan.

Dalam ajaran Samin juga diajarkan bahwa "pucuk eleng bongkot, bongkot eleng pucuk" yang artinya bahwa pimpinan ingat rakyat, rakyat mendukung pimpinan.

Ajaran samin merupakan ajaran turun temurun yang sudah ada sejak zaman nenek moyang,  yang mempunyai nilai luhur dan menjadi bagian dari prilaku keseharian masyarakat Bojonegoro.

"Ajaran tersebut dapat menjadikan sebuah identitas pembeda dengan masyarakat di daerah lain," tegas Bupati Anna.

Sebagai masyarakat Bojonegoro, kita harus bangga, karena ajaran Samin Soerosentiko Bojonegoro telah ditetapkan oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia sebagai Warisan Budaya Tak Benda.

Menurut Bupati Bojonegoro, selain sebagai ikon, tugu sedulur sikep yang berdiri diantara lima pilar ini merupakan wujud dari semangat dan sikap masyarakat yang masih terjaga. "Saya berharap ajaran Samin ini dapat menjadi inspirasi untuk membangun dan memajukan SDM yang unggul untuk Bojonegoro" tutur Bupati. [ito/lis]

Tag : Samin

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 08 September 2019 15:00

    Semarak HUT, 17 Perlombaan Satukan Warga Semanding

    Semarak HUT, 17 Perlombaan Satukan Warga Semanding Peringatan HUT Republik Indonesia merupakan suatu kegiatan yang rutin dilaksanakan seluruh masyarakat Indonesia, sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan Republik Indonesia yang diperjuangkan oleh pahlawan terdahulu....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat