16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sulap Barang Sederhanan Menjadi Karya Apik Luar Biasa

blokbojonegoro.com | Saturday, 31 August 2019 15:00

Sulap Barang Sederhanan Menjadi Karya Apik Luar Biasa

Kontributor: Maulina Alfiyana

blokBojonegoro.com - Semarak hari kemerdekaan Republik Indonesia masih menggeliat, tak terkecuali di wilayah Kabupaten Bojonegoro. Salah satunya dengan membuat kerajinan khas Agustusan untuk mengihias setiap sudut jalan kota hingga desa.

Seperti halnya yang terlihat di Jalan Meliwis Putih Kelurahan Ngrowo, Kecamatan Kota Bojonegoro. Tampak pancaran cantik kerlap-kerlip lampion terpancar ketika malam hari mewarnai lorong di jalan tersebut.

Warto, selaku Ketua RW 1 Desa Ngrowo mengatakan, lampion ini merupakan icon Agustusan tahun ini di RW 1 yang turut mewarnai seluruh lorong RW 1, yang terdiri dari RT 1, 2, 3, 10, 11, 19.

"Ada 1000 lampion yang terpasang menghiasi setiap jalan RW 1 di Ngrowo," ucap Warto, Sabtu (31/8/2019).

Diceritakan olehnya, kegiatan menghiasi lorong ini sudah digalakan oleh warganya sejak tahun 2016 lalu. Ide-ide kreatif bermunculan dari warga, sehingga setiap tahun tema Agustusan di RW 1 Kelurahan Ngrowo selalu berbeda.

Seperti diketahui, tahun ini warganya membuat tema Agustusan balon lampion. Tak lain bahan-bahannya merupakan perabot sederhana yang sering kita jumpai setiap hari.

"Barang yang digunakan antara lain, payung bekas, lampu kerlap kerlip, benang, lem dan balon," bebernya kepada blokBojonegoro.com.

Sementara untuk cara pembuatannya pertama dengan meniup seluruh balon yang akan digunakan, setelah itu dililiti benang sesuai selera, kemudian dicelup dalam lem yang yang banyaknya satu ember penuh.

Yang terakhir keringkan balon selama satu jam, lalu letuskan pakai jarum dan isi pakai lampu warna warni sesuai selera. Jadilah balon lampion apik seperti yang terpasang di seluruh lorong RW 1 Kelurahan Ngrowo.

Menurut Warto, pada dasarnya, semua barang sederhana maupun barang bekas bisa kita olah menjadi kerajinan tangan yang memiliki nila seni dan jual yang tinggi. Hal ini tergantung kreativitas.

"Tetapi, ide-ide untuk mengolah barang bekas tersebut tidak harus dari kita sendiri. Karena saat ini banyak sekali referensi kerajinan tangan dari barang bekas di internet yang bisa kita contoh," pungkasnya kepada blokBojonegoro.com. [lin/ito]

Tag : hut, ri, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat