09:00 . Inilah Warga yang Dapat Penghargaan di HJB 343 Termasuk Nakes Pencegahan Covid   |   08:00 . 307 Pasien di Jatim Sembuh, Kasus Baru Tambah 300 Orang   |   07:00 . Kebiasaan Pegang Ponsel yang Memicu Nyeri Leher   |   06:00 . Digelar Berbeda Upcara Hari Jadi Bojonegoro Tetap Patuhi Protokol Kesehatan   |   05:00 . Alhamdulillah, Hasil Testing 86% Negatif Covid 19   |   04:00 . 4 Orang Sembuh, 7 Baru dan 1 Orang Dinyatakan Meninggal   |   20:00 . KPK RI Enggan Berkomentar Terkait Gugatan PI Blok Cepu   |   19:00 . Rapikan Administrasi, Askab PSSI Manfaatkan Teknologi   |   18:30 . Isolasi di Rumah   |   18:00 . Alumni Stikes Rajekwesi Jadi Tenaga Kesehatan di Luar Negeri   |   17:30 . 3 Wajib Lawan Covid   |   17:00 . Hadir di Ruang Sidang PN, Pengunjung Harus Patuhi Prokes   |   16:00 . Semua Menolak Replik Jawaban Tergugat   |   15:00 . Upacara HJB Ke-343 Dilaksanakan dengan Protokol Kesehatan   |   14:00 . 15 Orang Menerima Penghargaan dari Bupati Bojonegoro   |  
Wed, 21 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 03 September 2019 15:00

Wujudkan KIP Setiap Daerah, Diskominfo Jatim Latih Pengelola Website

Wujudkan KIP Setiap Daerah, Diskominfo Jatim Latih Pengelola Website

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Setiap daerah memang dituntut untuk selalu meningkatkan kinerjanya, baik kinerja dari segi pelayanan maupun kinerja dalam pemenuhan informasi bagi masyarakat. Sebagai upaya dalam menyelenggarakan pemerintahan dengan Keterbukaan Informasi Publik (KIP), para petugas pengelola website di masing-masing pemerintah daerah harus mempunyai keahlian dan keaktifan untuk mengelolanya.

Sejalan hal itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jatim menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Jurnalis bagi petugas pengelolaan website, pada perangkat daerah di lingkungan kerja se wilayah kerja Bakorwil Bojonegoro, Selasa (3/9/2019).

Dalam arahannya, Kepala Bakorwil Bojonegoro yang dibacakan oleh Edi Sigit mengatakan, peran dan fungsi pemerintah dalam mensosialisasikan informasi yang cepat sangat mutlak diperlukan sebagai salah satu langkah mewujudkan keterbukaan informasi publik. Pasalnya, saat ini masyarakat bisa mengakses informasi secara mudah melalui sentuhan jari dan menemukan informasi-informasi yang dibutuhkan.

"Untuk itu, Humas setiap OPD pemerintahan harus bisa menjalankan tugasnya dalam menyusun informasi yang baik dan dipelrukan pemahaman, etika dan konsep jurnalistik sehingga kegiatan dan program pemerintah dapat disajikan secara utuh dan tidak menimbulkan multitafsir," tambahnya.

Pada kegiatan itu, hadir sebagai nara sumber yakni praktisi komunikasi Zaenal Arifin Emka yang memberikan beberapa materi kepada seluruh peserta yang hadir, mulai dari teknik penulisan hingga pemahamannya. Di sela-sela penyampaiannya peserta yang merupakan petugas pengelola website itu diajak berdikusi dengan memberikan beberapa contoh tulisan.

Saat ditemui blokBojonegoro.com, Praktisi Komunikasi, Zainal Arifin Emka menjelaskan, Bimtek ini untuk memberikan pengetahuan serta pemahaman bagi petugas pengelola website Pemerintah terkait format penulisan berita, jenis berita sebagai karya jurnalistik yang akan dipublikasikan di website yang pasti harapannya setelah mengikuti bimtek para OPD harus bisa dipraktekkan.

"Kualitas media-media pemerintah yang dilihat dan dikunjungi oleh orang datanya lebih lengkap seharusnya," terang Zaenal Arifin sapaan akrabnya.

Terpisah, salah satu peserta Irvan, salah seorang operator OPD di Dinas Kominfo Bojonegoro mengatakan, bimtek yang diselenggarakan oleh DisKominfo Jatim selain menambah pengetahuan dan pengalaman baru terkait jurnalistik juga menambah semangat dalam menyampaikan informasi.

"Jadi tambah pengalaman dan dapat ilmu yang sebelumnya kurang kami pahami, seperti pembuatan berita straight news," ungkap Irvan kepada blokBojonegoro.com.

Dengan Bimtek ini terlebih diera Keterbukaan Publik, Petugas Pengelola Website semestinya harus menguasai berbagai tekhnik Jurnalistik. Hal itu sebagai salah satu upayanya dengan memberikan ruang kepada masyarakat untuk dapat mengakses informasi secara mudah dan cepat, serta biaya murah kepada masyarakat.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Bakorwil Bojonegoro Abimanyu Ponco Atmojo Iswanto, Kabid Sarpras Edi Sigit S ,Kepala Bidang Informasi Publik Diskomknfo Jatim, Edi Supaji, Kasi Layanan Informasi Publik, Agus Dwi Muhanan dan nasum dari praktisi komunikasi Zaenal Arifin Emka.[saf/ito]

Tag : bakorwil, bojonegoro, diskominfo, jatim


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 20:00

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023 Asosiasi Media Siber Indonesa (AMSI) kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan kepada Wensesleus Manggut (Pemred Merdeka.com), sebagai Ketua Umum dan Wahyu Dhyatmika/Komang (Pemred Tempo), sebagai Sekretaris Jenderal periode 2020-2023 pada kongres kedua...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat