Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kursus Mahir Dasar Perkuat Kompetensi Lulusan PGMI STAI Attanwir

blokbojonegoro.com | Thursday, 05 September 2019 16:00

Kursus Mahir Dasar Perkuat Kompetensi Lulusan PGMI STAI Attanwir

Kontributor: Maulina Alfiyana

blokBojonegoro.com - Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAI Attanwir Talun, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, tengah melaksanakan Kursus Mahir Dasar (KMD) Pembina Pramuka yang diselenggarakan di kampus setempat.

Ketua Prodi PGMI STAI Attanwir Lina Agustina mengungkapkan, seiring dengan kebutuhan tersebut sehingga diperlukan pembina pramuka berkualitas yang memiliki pengetahuan kepramukaan, ketrampilan membina.

Untuk memenuhi pembina yang professional, sehingga diselenggarakan Pendidikan Pembina Pramuka Mahir dalam bentuk Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar.

Sebagai wujud nyata dalam pembangunan kualitas gerakan pramuka, maka Gugus Depan STAI Attanwir menyelenggarakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar dengan lingkup Mahasiswa atau mahasiswi secara umum.

"Kegiatan ini berlangsung selama lima hari berturut-turut, mulai dari Rabu sampai Minggu (4-8/9/2019), yang diikuti oleh seluruh mahasiswa PGMI STAI Attanwir mulai dari semester tiga sampai tujuh dengab jumlah 60 mahasiswa," beber Bu Lina sapaan karibnya.

Selain itu KMD juga merupakan salah satu tuntutan diterapkannya kurikulum baru berbasis Kerangka Kulifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Dalam kurikulum KKNI tersebut, setiap mahasiswa wajib memiliki surat keterangan pendamping ijazah (SKPI).

“Nah, sebagai prodi yang mencetak calon guru, kami ingin mahasiswa PGMI memiliki keahlian lain selain mengajar di kelas, seperti menjadi pembina Pramuka. Karena itu mahasiswa wajib ikut KMD Pramuka untuk mendapatkan bekal keterampilan dan SKPI atau sertifikat membina,” jelasnya, Kamis (5/9/2019).

Dan untuk sasaran setelah mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar, peserta diharap mampu memahami, menghayati dan melaksanakan AD dan ART Gerakan Pramuka.

Menjelaskan tentang Kepramukaan serta perkembangannya Menerapkan kepramukaan secara efektif dan efisien dalam membina Pramuka sesuai golongannya.

Membina dan mengembangkan mental, fisik, intelektual, emosional dan sosial sesuai dengan golongannya sehingga dia mampu berperan positif dalam masyarakat lingkungannya.

Menerapkan kepemimpinan yang dijiwai dan bersumber pada prinsip Dasar Kepramukaan dan Kode Kehormatan Pramuka
Mengelola Program Kegiatan Peserta Didik (Prodik) sesuai dengan golongannya dan mengelola satuannya.

"Sementara materi kepramukaan diberikan oleh para pelatih dari Pusdiklatcab Gerakan Pramuka Bojonegoro. Dengan beberapa materi yang dibentuk kegiatan full camp, materi indoor dan outdoor," tutupnya kepada blokBojonegoro.com. [lin/ito]

Tag : pgmi, attanwir, bojonegoro, talun



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini