Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pilkades Serentak Diikuti 223 Desa, Tahapan Dimulai Oktober

blokbojonegoro.com | Thursday, 05 September 2019 14:00

Pilkades Serentak Diikuti 223 Desa, Tahapan Dimulai Oktober

Kontributor : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Sebanyak 233 Desa dari 28 Kecamatan bakal mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang III Kabupaten Bojonegoro. Tahapan Pilkades serentak gelombang III rencananya akan dimulai pada bulan Oktober 2019.

Meski tahapannya segera dimulai, jadwal pemungutan suara untuk Pilkades tersebut belum ditentukan. Namun sudah dipastikan pada bulan Februari 2020.

Berdasarkan data yang diperoleh blokBojonegoro.com, Pilkades gelombang III ini merupakan kelanjutan dari rangkaian Pilkades serentak sejak 2016. Dari total 419 desa dan 11 Kelurahan di Bojonegoro, Pilkades serentak gelombang I pada 2016 digelar di 32 desa.

Sedangkan Pilkades serentak gelombang II digelar pada 26 Juni 2019. Awalnya, pilkades gelombang II diikuti 156 desa. Namun, Pilkades Kalirejo, Kecamatan Kota dan Pilkades Sukoharjo, Kecamatan Kalitidu, terpaksa ditunda. Pilkades serentak gelombang II diikuti 154 desa.

Kabid Bina Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro, Iramada Zulaikah, mengatakan awalnya pilkades  serentak gelombang III digelar di 221 desa. Namun, jumlah itu bertambah menjadi 223 desa.

Sebab, Desa Kalirejo, Kecamatan Kota yang akan menggelar pilkades pada gelombang II harus kembali menggelar pilkades karena satu dari dua calon kades (cakades) meninggal dunia mendekati pencoblosan.

Sedangkan Pilkades Sukoharjo, Kecamatan Kalitidu yang ditunda pada gelombang II akan menyelenggarakan Pilkades pada gelombang III. Sebab, persaratan dari kedua bakal calon masih belung lengkap.

“Untuk kejelasan tahapan Pilkades gelombang III ini belum bisa saya jelaskan, lantaran masih dalam tahap perundingan, namun tetap akan dimulai pada bulan Oktober ini ,” kata Ira kepada blokBojonegoro.com.

Meski untuk bulan pencoblosan sudah dibeberkan kepada masyarakat, pelaksanaan Pilkades gelombang III masih menunggu persetujuan bupati terkait kejelasanya, baik dari segi tanggal, anggaran dan sebagainya.

Ira mengatakan teknis pelaksanaan tahapan Pilkades juga bakal dievaluasi. Ia menjelaskan akan ada pembahasan khusus hasil evaluasi Pilkades serentak gelombang II beberapa bulan lalu.

“Bagian mana yang kira-kira krusial untuk diperbaiki akan diperbaiki. Rencananya dalam waktu dekat kita akan mengumpulkan seluruh camat untuk membahas evaluasi ini,” pungkasnya.[din/lis]

Tag : Pilkades, kades



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini