Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hanya Bertani, 30% Warga Sumberagung Adu Nasib di Ibu Kota

blokbojonegoro.com | Friday, 06 September 2019 17:00

Hanya Bertani, 30% Warga Sumberagung Adu Nasib di Ibu Kota

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - 30 persen lebih masyarakat Desa Sumberagung Kecamatan Dander, khususnya para pemuda memilih untuk hijrah ke daerah perkotaan, termasuk Ibu Kota Jakarta guna mencari penghasilan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

"Memang rata-rata pemuda sini banyak yang merantau bekerja," ucap Kepala Desa Sumberagung, Kecamatan Dander, Abdul Manan.

Lanjut dia, rata-rata masyarakat yang merantau itu bekerja di daerah Jakarta dengan menjadi sopir, buka kuliner, hingga menjadi buruh pabrik atau menjadi buruh lainnya. Paling banyak jadi sopir.

"Ya maklum, di sini tidak seberapa ada peluang kerja, terlebih mayoritas warga hanya mengandalkan hasil dari lahan pertanian," cakap Kaji Manan biasa warga menyapa.

Dari warga yang merantau itu, menjadi motivasi tersendiri bagi warga lain, karena rata-rata yang merantau dinilai cukup berhasil dalam segi perekonomian. Sehingga setiap tahun warga yang merantau ke Jakarta selalu bertambah.

"Biasanya mereka pulang setahun sekali sebelum Hari Raya Idul Fitri," pungkas Manan Kepada blokBojonegoro.com. [saf/mu]

Tag : kerja, warga , desa sumberragung



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini