18:00 . Ali Fauzi: Terorisme Bukan Hanya Terlihat dari Penampilan Fisik   |   17:00 . Pohon yang Ditebang, Akan Diganti dengan Jenis ini   |   16:00 . KIA di Bojonegoro Masih Tercetak 40 Persen   |   15:00 . Sering Nonton Film Porno, Kakek di Sukosewu Cabuli Anak 8 Tahun   |   14:00 . Siswa SMPLB Putra Harapan Raih Juara Pertama di Peparpenas 2019   |   13:00 . Pentingnya 3 Pilar di Era 4.0   |   12:00 . Pemkab Bojonegoro Ajukan UMK 2020 Sebesar Rp 2.016.720   |   11:00 . Mendorong Generasi Muda Menjadi Energi Penggerak Bangsa   |   10:00 . Awal Pekan, Harga Logam Mulia Naik Rp 1.000 per Gram   |   09:00 . Instalasi Unik, Bikin Pengunjung Geleng-Geleng   |   08:00 . Diduga Akibat Bediang, Rumah di Ngrejeng Terbakar   |   07:00 . Susu dan Makanan yang Harus Dihindari Sebelum Berolahraga   |   18:00 . Pergantian Antar Waktu DKR Kecamatan Kanor Resmi Dilantik   |   17:00 . Layanan Solar di Jawa Timur, Pertamina Pastikan Tersedia   |   16:00 . Usaha Keras Potong Pohon yang Tua   |  
Mon, 18 November 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 10 September 2019 18:00

Ajarkan Berbagi, MIN 1 Bojonegoro Santuni Anak Yatim

Ajarkan Berbagi, MIN 1 Bojonegoro Santuni Anak Yatim

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Momentum bulan muharrom dimanfaatkan seluruh umat islam untuk menyantuni anak yatim. Termasuk MIN 1 Bojonegoro dalam rangka semarak 'Asyura Gembira' menyantuni anak yatim di Kota Ledre, Selasa (10/9/2019), untuk mengajarkan berbagi kepada para peserta didik.

Kepala MIN 1 Bojonegoro, Drs. Ali Mujahidin, M.Ag., menuturkan, kegiatan bulan Muharrom di MIN 1 Bojonegoro tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pasalnya biasanya disemarakkan dengan pawai ta’aruf, ceramah agama, dan apresiasi seni budaya islami.

Sedangkan tahun ini diselenggarakan bakti sosial menyantuni yatim piatu dengan tema 'Asyura Gembira'. "Tujuannya untuk menyemarakkan hari Assyura dengan berbagi suka dan kegembiraan kepada anak-anak yatim piatu. Serta mengajarkan berbagi para siswa-siswi," terangnya.

Dijelaskan, sejatinya ide kegiatan ini bermula dari perbincangan kecil beberapa guru. Sebab ada kebiasaan baik beberapa guru yang memberikan santunan pada hari Asyura. Sehingga timbullah ide agar kegiatan ini bisa dilaksanakan secara massif dan syiar yang lebih besar bagi keluarga besar MIN 1 Bojonegoro.

Ketika gagasan tersebur disampaikan kepada guru-guru dan grup paguyuban kelas, ternyata responnya cukup menggembirakan. "Mereka secara suka rela dan antusias mengumpulkan dana untuk mewujudkan Asyura Gembira. Donasi tidak hanya diberikan para aghniya, tetapi juga dari semua lapisan warga," jelasnya.

Menurut Pak Ali, besaran donasi terhimpun secara massif mulai dari Rp 5 ribu sampai ratusan ribu rupiah. Setidaknya total donasi yang terhimpun dari guru-guru dan paguyuban sekitar Rp 16 juta. Dana tersebut didonasikan khusus kepada yatim piatu MIN 1 Bojonegoro sebanyak 40 anak, bertepatan dengan hari Asyura (10 Muharom).

"Kegembiraan tidak hanya terpancar dari wajah anak-anak yatim piatu. Tapi para donatur pun baik guru maupun orang tua siswa yang tergabung dalam paguyuban kelas ikut gembira karena bisa berbagi kepada sesama," tuturnya.

Ditambahkan, kegembiraan itu tidak hanya kita menerima saja, tetapi pada saat memberi pun kita bisa gembira bahkan lebih gembira luar biasa. "Asyura di MIN 1 Bojonegoro tahun ini benar-benar kegembiraan bersama," pungkasnya usai memberikan santunan. [zid/ito]

Tag : Min, Bojonegoro, muharram

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat