Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Festival Samin 2019

Dinas PMD Jatim Latih Batik Tulis Udeng Khas

blokbojonegoro.com | Tuesday, 10 September 2019 16:00

Dinas PMD Jatim Latih Batik Tulis Udeng Khas

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Jawa Timur turut serta mendukung pelaksanaan Festival Samin 2019. Kegiatan tersebut berlangsung di Dusun Jepang, Desa/Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro, Selasa (10/9/2019).

Dukungan tersebut diwujudkan dengan berbagai kegiatan, salah satunya pelatihan membatik udeng khas Samin. Peserta dari ibu-ibu atau keluarga di Samin.

Acara berlangsung semarak, karena dihadiri langsung Kepala Dinas PMD Jawa Timur, M. Yasin dan pelatih dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

Kepada blokBojonegoro.com, Kang Yasin, sapaan karibnya menjelaskan, jika sebuah kehormatan yang luar biasa Dinas PMD mewakili Pemerintah Provinsi Jatim bisa menjadi bagian dari Festival Samin 2019.



Sebab, Festival Samin adalah perpaduan antara tradisi, keluhuran adat dan budaya. “Sehingga kami juga mengapresiasi penetapan Budaya Samin sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh Kemendikbud pada Tahun 2019,” katanya.

Semoga Budaya Samin yang terkenal “Pitutur Luhur” semakin dikenal luas. Untuk itu, agar dilakukan pelatihan membatik udeng khas, diharapkan juga bisa menjadi wadah meningkatkan kemampuan di Samin.

“Melalui pelatihan ini diharapkan ibu-ibu memiliki kegiatan produktif dan kreatif, sehingga bisa menambah pendapatan keluarga,” tambahnya.

Saat pelatihan, juga hadir Bank UMKM yang siap memberikan modal bagi UMKM Jawa Timur yang berminat mengembangkan usahanya. [ito/mu]

Tag : UMKM, DPMD Jatim, kang yasin, samin, desa samin



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini