17:00 . As Roda Belakang Mobil Dump Truk Patah, Lalu Lintas Tersendat   |   16:00 . IKIP PGRI Bojonegoro Lantik Organisasi Kemahasiswaan   |   15:00 . Punya Harga Jual Tinggi Dibalik Limbah Tanaman Kedelai   |   12:00 . Zakat Upaya Meningkatkan Ekonomi Rumah Tangga Sangat Miskin   |   11:00 . Sempat Viral di Medsos, Kakek Pengemis Diamankan Satpol PP   |   10:00 . Diantar Keluarga untuk Mengemis, Seorang Kakek dan Wanita Muda Ditangkap?   |   09:00 . Fuul: Kampus Ungu Bersholawat Bareng Gus Azmi   |   08:00 . Ditinggal Nonton Hiburan, Rumah di Ngasem Terbakar   |   07:00 . Waspada Bila Anak Tampak Begitu Lamban dan Mudah Jatuh   |   21:00 . Bus Baru Pemkab Bojonegoro Khusus untuk Pelayanan dan Sosial   |   20:00 . Live: Kampus Ungu Bersholawat Bersama Gus Azmi   |   19:00 . Kader Baureno Nahkodai PDPM Bojonegoro   |   18:00 . Diduga Kelelahan, Staf Perhutani Ditemukan Meninggal Dunia   |   17:00 . Bus Baru Pemkab, Bupati: Untuk Pelayanan dan Sosial   |   16:00 . Maba IAI Sunan Giri Antusias Ikuti Seminar Pembuatan Makalah   |  
Mon, 16 September 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 10 September 2019 13:00

H. Abdul Manan Kepala Desa Sumberagung, Kecamatan Dander

Optimalkan SDM-SDA Kembangkan Desa

Optimalkan SDM-SDA Kembangkan Desa

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com- Hampir satu jam perjalanan blokBojonegoro.com menyusuri jalan berpaving dan terik matahari begitu terasa menyengat di badan, ketika hendak menuju Balai Desa Sumberagung, Kecamatan Dander. Sesampainya di tempat tujuan, hampir 3 jam blokBojonegoro.com menunggu, tiba-tiba pria paruh baya menyalami sembari mempersilakan duduk di ruang kerjanya.

Dia tak lain, Kepala Desa Abdul Manan yang barusan dilantik oleh Bupati Bojonegoro secara bersamaan di Pendopo Malowopati Bojonegoro, Rabu (4/9/2019) kemarin. Abdul Manan dalam menjabat Kepala Desa (Kades) Sumberagung kali ini merupakan jabatan untuk ketiga kalinya.

Dia mengaku tak pernah berkeinginan menjadi Kades, pasalnya pria kelahiran Bojonegoro 1956 itu sejak dahulu ingin menjadi pedagang. Harapannya, dengan menggeluti dunia pedagang nantinya bisa menjadi pengusaha sukses, terlebih dirinya dilahirkan dari keluarga pedagang. Bahkan dirinya pernah pula menjadi salah satu pengepul hasil tanaman palawija maupun padi petani sekitar untuk kembali dijualnya.

"Awalnya tidak ada niat untuk jadi Kades, namun saat warga menginginkannya maju untuk ikut Pilkades, Ia pun ikut peruntungan bertarung pada Pilkades," katanya saat ditemui blokBojonegoro.com di ruang kerjanya.

Awal kali dirinya mencalonkan diri Kades pada tahun 1990 an, dimana saat itu kali pertama Pemilihan Kades terbuka untuk umum. Saat dilaksanakan Calon Kades yang mendaftar ada 8 peserta. Selai itu kali pertama Pilkades diperebutkan dan jabatanya pun dibatasi berapa tahun.

"Beda sebelum Pilkades sebelumnya Jabatannya pun dijabat hingga seumur hidup," terang Pak Kaji Manan.

Seiring berjalannya waktu, dikit demi sedikit ilmu pemerintahanpun mulai difahaminya, sehingga awal menjabat Kades dirinya ingin membangun infrastruktur jalan poros penghubung antar desa, dengan adanya jalan bagus nantinya bisa meningkatkan perekonomian warganya.

Dengan terpilihnya kembali sebagai Kades, Kaji Manan biasa disapa, pada masa Kepemimpinannya kali ini, ingin memajukan Sumber Daya Manusia (SDM) mulai sejak pendidikan usia dini, pasalnya dengan menanamkan pendidikan sejak dini bakal memunculkan SDM yang kompeten untuk bisa memajukan desa kedepannya.

"Selain Pendidikan, pastinya juga ingin memajukan peningkatan ekonomi bagi masyarakatnya," cakap Bapak dua anak ini.

Guna meningkatkan ekonomi masyarakat, nantinya para ibu-ibu bakal diberikan pelatihan mengelola sumber daya alam (SDA) yang ada, agar bahan yang ada itu punya nilai jual dan diminati oleh warga sekitar desa setempat. "Untuk saat ini, produk olahan camilan masih keripik singkong atau pisang yang dihasilkan," tutur Kaji Manan.

Dipercayanya kembali menjabat Kepala Desa Sumberagung periode 2019 hingga 2025 akan dimanfaatkan memaksimalkan SDA maupun SDM yang ada agar ke depan Desa ini bisa menjadi desa yang swasembada. Sekaligus mengajak masyarakatnya untuk guyub rukun dalam membangun desa, sehingga nantinya bisa terwujud desa yang tangguh dan sehat bisa menjadi desa yang mampu menghasilkan hasil pertanian yang melimpah.[saf/lis]

 

 

 

Tag : kades, profil

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 08 September 2019 15:00

    Semarak HUT, 17 Perlombaan Satukan Warga Semanding

    Semarak HUT, 17 Perlombaan Satukan Warga Semanding Peringatan HUT Republik Indonesia merupakan suatu kegiatan yang rutin dilaksanakan seluruh masyarakat Indonesia, sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan Republik Indonesia yang diperjuangkan oleh pahlawan terdahulu....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat