18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   14:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |   22:00 . Kolaborasi Pemkab dan Media, Membangun City Branding Kabupaten Bojonegoro   |  
Thu, 28 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bak Moto GP, Ibu-Ibu Ikut Balap Traktor di Desa Tejo

blokbojonegoro.com | Sunday, 15 September 2019 11:00

Bak Moto GP, Ibu-Ibu Ikut Balap Traktor di Desa Tejo

Kontributor: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Warga Desa Tejo, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro mempunyai cara yang unik untuk merayakan HUT RI yang ke-74 serta memperingati hari jadi Desa Tejo yang ke-638. Mereka menggelar lomba balap traktor di persawahan.

Traktor yang biasanya digunakan untuk membajak sawah, kini digunakan sebagai ajang balap layaknya balap mobil atau motor.

Sebanyak 50 peserta dari luar desa maupun kecamatan ikut unjuk keahlian dalam mengendalikan serta memacu traktornya di sawah yang dijadikan sebagai media balap.

Meski mandi lumpur, mereka mengaku senang dengan ajang yang digelar untuk kedua kalinya ini. Dengan menggunakan traktor tangan, para peserta berlomba menjadi nomor satu. Meski terik matahari menyengat, namun mereka tetap bersemangat menjalankan traktor di medan berlumpur ini.

Kepala Desa Tejo, Qomarudin mengungkapkan ajang ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu umum dan khusus ibu-ibu. Untuk pendaftaran kategori umum, peserta harus merogoh kocek sebesar Rp50 ribu rupiah dan mendapat kaos, sedangkan untuk ibu-ibu tidak dipungut biyaya alias gratis.

"Aturannya, para petani harus mengendarai traktor tangan itu dengan cepat melalui trek balap berupa sawah. Mereka harus melalui garis start dan berputar kembali dan menuju garis finish," jelasnya.

Traktor yang digunakan dalam lomba tersebut adalah traktor standar dan tidak disetting yang sudah disiapkan oleh panitia lomba.

"Traktor kami yang menyiapkan, peserta tidak boleh membawa traktor sendiri. Semua traktor standar," papar Qomarudin.

Qomarudin juga mengaku, kegiatan ini bukan hanya hiburan semata, melainkan memberikan edukasi kepada generasi milenial agar lebih mencitai pertanian dan mampu mengelola peralatan, seperti traktor ini. Kedepanya ia berharap pertanian yang notabenya penyokong ekonomi masyarakat Desa Tejo ini bisa dikelola lebih moderen oleh generasi milenial.

Sementara itu salah satu peserta, Abdul Hamid, mengaku senang dengan ajang ini. Dirinya mengaku tak ada persiapan khusus mengikuti Balap Traktor ini. Dirinya hanya menyiapkan mental saja.

"Ini baru pertama kali saya mengikuti perlombaan balap traktor. Untuk persiapan mungkin hanya mental saja dan tidak ada persiapan khusus," pungkasnya warga Desa Sarangan Kecamatan Kanor ini.

Peserta lainya, Hindun dari golongan ibu-ibu merasa deg-degan lantaran baru pertama kali mengendarai traktor. Bahkan ia juga sempat kesulitan mengendalikan traktor lantaran berjalan dengan sangat cepat.

"Deg-deg-deg, tetapi seru dan meriah," imbuh Hindun.

Ajang ini juga membuat masyarakat Desa Tejo maupun sekitarnya menyerbu di lokasi lomba. Mereka memberikan semangat kepada peserta yang turun dalam lomba ini. 

Sementara hadiah disediakan oleh panitia untuk juara pertama kategori umum sebesar Rp 1 juta + piala. juara kedua Rp 800 ribu + piala dan juara ketiga sebesar Rp 600 ribu + piala. Sedangkan kategori ibu-ibu untuk juara pertama sebesar Rp 400 ribu + piala, juara kedua Rp 300 ribu + piala dan juara ketiga sebesar Rp 200 ribu + piala. [din/lis]

Tag : LOMBA, BALAP, TRAKTOR



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat