14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |   22:00 . Kolaborasi Pemkab dan Media, Membangun City Branding Kabupaten Bojonegoro   |   17:00 . BRI Peduli Salurkan Bantuan Bagi Warga Terdampak Banjir di Demak   |   16:00 . Viral! Diduga Selingkuh, Pasangan Bukan Suami Istri di Bojonegoro Diarak Warga   |   13:00 . Ingin Tetap Bugar Selama Puasa? Ini Tipsnya   |  
Thu, 28 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Cara Hadapi Anak yang Merengek Minta Jajan

blokbojonegoro.com | Saturday, 21 September 2019 07:00

Cara Hadapi Anak yang Merengek Minta Jajan

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Merengek dan menangis tampaknya jadi cara ampuh nan jitu yang kerap dikeluarkan anak saat minta jajan. Bila sudah begini banyak orang tua yang mengalah dan menuruti permintaan agar si kecil berhenti merengek.

Sayangnya cara tersebut ternyata tak sepenuhnya benar, karena anak hanya akan berhenti merengek untuk sementara waktu saja. Nantinya saat si kecil ingin jajan, ia akan kembali mengeluarkan jurus ampuhnya tersebut.

Jika sudah begini, sebagai orang tua Anda harus berkali-kali lipat lebih pintar, Moms. Jangan terus menuruti keinginan si kecil untuk jajan karena Anda tidak tahu kebersihan serta gizi yang terkandung dalam makanan yang dibeli anak.

Oleh karena itu, coba terapkan 6 hal ini saat menghadapi anak yang suka merengek minta jajan, seperti dikutip laman Sahabat Keluarga - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

1. Lakukan Pendekatan Secara Intensif

Pertama Anda bisa melakukan pendekatan secara intensif. Artinya bila si kecil kerap merengek minta jajan, Anda bisa menggantinya dengan memberikan makanan kesukaan si kecil dan ajak untuk makan bersama.

2. Alihkan Perhatiannya

Cara yang kedua adalah dengan mengalihkan perhatiannya. Ketika anak merengek minta jajan, Anda bisa mengalihkan dengan kegiatan lain yang lebih seru dan menyenangkan.

Dengan cara seperti ini, perhatian anak akan beralih kepada benda yang Anda berikan. Alhasil si kecil akan lupa dengan keinginan jajannya itu.

3. Gantikan dengan Alternatif Lain

Saat Anda melarang anak untuk jajan makanan artinya tugas Anda adalah memberikan makanan serupa namun dengan kandungan gizi yang lebih tinggi dan pengolahannya harus lebih bersih. Saat Anda tidak mengizinkan si kecil untuk jajan es krim maka Anda bisa mengajaknya untuk membuatnya sendiri di rumah.

Ya Moms, selain lebih sehat cara ini juga akan menambah pengalaman si kecil serta membuat hubungan antara Anda dengan anak lebih dekat.

4. Berikan Selingan

Moms, mungkin salah satu alasan anak minta jajan karena si kecil merasa bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Jika memang karena hal ini, tugas Anda adalah memutar otak dan lebih kreatif lagi dalam menyajikan menu makanan di rumah.

Anda bisa menyajikan makanan yang tidak monoton dan lebih bervariasi. Dengan begini, si kecil tentu tidak akan bosan dan jenuh lagi.

5. Dukung dan Beri Perhatian Penuh

Ketika Anda siap melarang anak untuk jajan artinya Anda juga siap memberikan alternatif makanan lainnya yang tidak kalah enak dan sehat. Anda pun harus siap memberikan perhatian penuh serta dukungan untuk melakukannya, Moms.

Anda juga harus rajin untuk menghidangkan aneka makanan lezat namun tetap bergizi agar si kecil suka dan tidak minta jajan lagi.

6. Atur Gizi dan Pola Makan

Saat anak sudah tidak merengek untuk minta jajan lagi, kini saatnya Anda bertugas untuk memperhatikan gizi dan pola makannya. Pastikan setiap makanan dan minuman yang Anda berikan memenuhi asupan gizinya.

Jangan lupa juga untuk mengingatkan si kecil mengkonsumsi air putih sesuai kebutuhannya. Kalau anak sudah kenyang dengan makanan di rumah, kemungkinan besar, ia tidak akan minta jajan lagi.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat