21:00 . Dua Bupati Puji Peran Media untuk Tingkatkan Partisipasi Publik   |   20:30 . Media Massa dan Pemerintah Perlu Bekerjasama Mengatasi Masalah   |   20:00 . Tas Anyaman Warga Kedungadem Digunakan pada Upacara HJB 2020   |   19:30 . Live: Pagelaran Wayang Lakon Gatot Koco Wini Suda   |   19:00 . Libur Panjang Akhir Bulan, Gubernur Khofifah Imbau untuk Perketat Prokes   |   18:30 . Semangat Baru, Mustakim Nahkodai Ansor Bojonegoro 2020-2024   |   18:00 . 51 Pasang Pengantin di KUA Bojonegoro, Nikah Sesuai Prokes   |   17:00 . Sinergi Multistekholder, Ansor Kritis Kontruktif   |   16:30 . Kabar Baik dari Satgas Covid 19   |   16:00 . Majukan Dunia Usaha, Pemkab Bojonegoro Bersama Pelaku Usaha Gelar Pertemuan   |   15:30 . Alhamdulillah Angka Sembuh Covid Terus Meningkat, Kasus Aktif Perentase Terkecil   |   15:00 . Kasus DBD Menurun, Dinkes Himbau Tetap Mewaspadai Musim Penghujan   |   14:00 . IAI Sunan Giri Bojonegoro Yudisium Mahasiswa Fakultas Tarbiyah   |   13:00 . Konferwil AMSI Jatim 2, Agus Sudibyo Beber Syarat Take Down Berita   |   12:30 . Ileng.... Pesene Mak'e   |  
Sat, 24 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 24 September 2019 07:00

Tulang Melengkung Intai Anak-anak yang Gemar Bermain Gawai

Tulang Melengkung Intai Anak-anak yang Gemar Bermain Gawai

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Anak-anak yang sedari dini sudah sering menghabiskan waktu di depan layar gawai akan berisiko mengalami tulang melengkung. Kenyataan ini disampaikan dr Anggita Dewi SpOT, spesialis ortopedi pediatri di Rumah Sakit Ortopedi dan Traumatologi Surabaya.

"Sebanyak 30 hingga 40 persen pasien anak yang datang kepada saya, karena mengalami masalah tulang belakang imbas dari kebanyakan main gawai," kata dokter Anggita pada Basra, Senin (2/9).

Menatap layar gawai atau gadget dalam posisi merunduk selama berjam-jam bisa memicu sakit kepala, leher, bahu, dan punggung. Dampak jangka panjangnya mereka memiliki kecenderungan bungkuk dan pertumbuhan tulang yang melengkung tidak normal, di antaranya skoliosis.

Skoliosis merupakan kondisi medis ketika tulang belakang manusia tampak melengkung ke kiri atau ke kanan. Kurva lengkungnya umumnya berbentuk 'S' atau 'C', sedikitnya 10 derajat.

"Batasi anak-anak main gawai, selain tidak baik untuk sosialisasinya, juga bisa membawa dampak negatif bagi pertumbuhan tulangnya," ujar dr. Anggi.

Aktivitas fisik untuk anak bermacam-macam, bisa dengan bermain bola, main lompat tali, dan sebagainya. Kegiatan fisik ini bertujuan untuk pemadatan tulang anak.

Aktivitas fisik di luar rumah seperti bermain bola juga memiliki manfaat lain. Salah satunya, melatih anak untuk bersosialisasi. Dengan bermain bersama teman-teman sebayanya, anak belajar berinteraksi dan bersosialisasi dengan lingkungannya.

"Jadi kalau anak sedang asyik lari-lari di taman atau bermain dengan teman-temannya, orang tua jangan melarang. Karena itu adalah bagian dari aktivitas fisik yang menyenangkan untuk mereka," kata dr. Anggi.

Selain aktivitas fisik, sejumlah makanan tertentu dinilai baik untuk pertumbuhan tulang seorang anak yang berada pada fase pertumbuhan, salah satunya susu.

Susu merupakan salah satu sumber protein dan kalsium yang penting untuk pertumbuhan tulang. Selama masa pertumbuhan, anak disarankan untuk mengonsumsi susu 2 hingga 3 gelas sehari agar pertumbuhan tulangnya maksimal.

Dikatakan pula, anak juga harus mengonsumsi sayuran dan buah agar bisa tumbuh maksimal. Beberapa sayuran berdaun hijau mengandung kalsium yang dibutuhkan tulang, seperti brokoli dan sawi. Selain mengandung kalsium, sayuran berdaun hijau juga mengandung vitamin K.

"Vitamin K mempunyai peran penting dalam pengaturan kalsium dan pembentukan tulang," ujar dr. Anggi.

Sedangkan buah-buahan yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang, yakni buah-buahan yang mengandung vitamin C, di antaranya pepaya, jeruk, nanas, dan stroberi. Vitamin C berfungsi dalam sintesis kolagen, yaitu protein utama untuk tulang.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 16:00

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang M. Anang Febri Efendi reporter blokTuban.com resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi kedua, dilaksanakan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat