21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   14:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |  
Thu, 28 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tulang Melengkung Intai Anak-anak yang Gemar Bermain Gawai

blokbojonegoro.com | Tuesday, 24 September 2019 07:00

Tulang Melengkung Intai Anak-anak yang Gemar Bermain Gawai

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Anak-anak yang sedari dini sudah sering menghabiskan waktu di depan layar gawai akan berisiko mengalami tulang melengkung. Kenyataan ini disampaikan dr Anggita Dewi SpOT, spesialis ortopedi pediatri di Rumah Sakit Ortopedi dan Traumatologi Surabaya.

"Sebanyak 30 hingga 40 persen pasien anak yang datang kepada saya, karena mengalami masalah tulang belakang imbas dari kebanyakan main gawai," kata dokter Anggita pada Basra, Senin (2/9).

Menatap layar gawai atau gadget dalam posisi merunduk selama berjam-jam bisa memicu sakit kepala, leher, bahu, dan punggung. Dampak jangka panjangnya mereka memiliki kecenderungan bungkuk dan pertumbuhan tulang yang melengkung tidak normal, di antaranya skoliosis.

Skoliosis merupakan kondisi medis ketika tulang belakang manusia tampak melengkung ke kiri atau ke kanan. Kurva lengkungnya umumnya berbentuk 'S' atau 'C', sedikitnya 10 derajat.

"Batasi anak-anak main gawai, selain tidak baik untuk sosialisasinya, juga bisa membawa dampak negatif bagi pertumbuhan tulangnya," ujar dr. Anggi.

Aktivitas fisik untuk anak bermacam-macam, bisa dengan bermain bola, main lompat tali, dan sebagainya. Kegiatan fisik ini bertujuan untuk pemadatan tulang anak.

Aktivitas fisik di luar rumah seperti bermain bola juga memiliki manfaat lain. Salah satunya, melatih anak untuk bersosialisasi. Dengan bermain bersama teman-teman sebayanya, anak belajar berinteraksi dan bersosialisasi dengan lingkungannya.

"Jadi kalau anak sedang asyik lari-lari di taman atau bermain dengan teman-temannya, orang tua jangan melarang. Karena itu adalah bagian dari aktivitas fisik yang menyenangkan untuk mereka," kata dr. Anggi.

Selain aktivitas fisik, sejumlah makanan tertentu dinilai baik untuk pertumbuhan tulang seorang anak yang berada pada fase pertumbuhan, salah satunya susu.

Susu merupakan salah satu sumber protein dan kalsium yang penting untuk pertumbuhan tulang. Selama masa pertumbuhan, anak disarankan untuk mengonsumsi susu 2 hingga 3 gelas sehari agar pertumbuhan tulangnya maksimal.

Dikatakan pula, anak juga harus mengonsumsi sayuran dan buah agar bisa tumbuh maksimal. Beberapa sayuran berdaun hijau mengandung kalsium yang dibutuhkan tulang, seperti brokoli dan sawi. Selain mengandung kalsium, sayuran berdaun hijau juga mengandung vitamin K.

"Vitamin K mempunyai peran penting dalam pengaturan kalsium dan pembentukan tulang," ujar dr. Anggi.

Sedangkan buah-buahan yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang, yakni buah-buahan yang mengandung vitamin C, di antaranya pepaya, jeruk, nanas, dan stroberi. Vitamin C berfungsi dalam sintesis kolagen, yaitu protein utama untuk tulang.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat