18:00 . Pasien Sembuh Harian di Indonesia Bertambah 4.545 Orang   |   17:00 . Hadiri Peluncuran Sifajargoro, Tamu Undangan Patuhi Prokes   |   16:00 . LaNyalla Apresiasi UMKM Kripik Singkong Bertahan Saat Pandemi   |   15:00 . Bantu Pembelajaran Siswa di Masa Pandemi, Disdik Luncurkan Sifajargoro   |   14:00 . Manjakan Lidah dengan Kuliner Tradisional Nuansa Jawa di Kampoeng 7   |   13:00 . BPA Bojonegoro Beri Informasi Asi Ekslusif Ibu-Ibu saat CFD   |   11:00 . RSUD Bojonegoro Dapat APD dari AMSI-EMCL   |   10:00 . Kembalikan Fungsi Trotoar, 29 Kursi Santai di Veteran Dipindahkan   |   09:00 . Bawa Balita, Denwatser Ikut Amankan Konfercab   |   08:00 . Tips Ibadah di Masjid Nyaman Saat Pandemi   |   07:00 . Mencium Bau Kentut Baik untuk Kesehatan   |   06:00 . 306 Pasien di Jatim Sembuh, 289 Kasus Baru   |   05:00 . 6 Orang di Bojonegoro Sembuh, Kasus Baru Tambah 4 Orang   |   23:00 . Festival Krecek Ala Fatayat NU Cengungklung Bojonegoro   |   22:00 . Tingkatkan Ketahanan Pangan Saat Pandemi, Disdik Himbau Sekolah untuk Konsumsi Pangan Lokal   |  
Mon, 26 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 01 October 2019 07:00

Buah Nanas Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dan Cegah Kanker

Buah Nanas Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dan Cegah Kanker

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Buah nanas sangat segar dan lezat saat dimakan di siang hari. Buah yang dagingnya berwarna kuning itu sangat melimpah di daerah tropis, termasuk Indonesia. Selain lezat, nanas juga memiliki beragam manfaat kesehatan.

Seperti kebanyakan buah dan sayuran lainnya, nanas memiliki molekul antioksidan untuk melawan penyakit. Beragam penelitian juga membuktikan potensi manfaat buah nanas untuk meningkatkan daya tahan tubuh hingga melawan sel kanker.

Berikut ini sejumlah manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh.

1. Melawan berbagai penyakitBuah nanas mengandung beragam gizi. Salah satunya adalah bertindak sebagai molekul antioksidan. Seperti yang mungkin sering Anda dengar, molekul antioksidan dapat melawan radikal bebas, atom tak stabil yang bisa menyebabkan kondisi tekanan oksidatif di tubuh.

Tekanan oksidatif dapat menyebabkan peradangan kronis, pelemahan daya tahan tubuh, serta beragam penyakit. Beberapa penyakit tersebut, termasuk diabetes, penyakit jantung, dan jenis kanker tertentu. Zat gizi yang memiliki sifat antioksidan dalam buah nanas, yakni flavonoid dan asam fenolik.

2. Meringankan gangguan pencernaanBuah nanas mengandung bromelain, grup enzim yang sangat baik untuk pencernaan. Enzim ini bekerja dengan memecah molekul protein, menjadi bagian-bagian seperti asam amino dan peptida kecil.

Protein yang sudah terpecah, lebih mudah diserap oleh usus. Kondisi ini sangat membantu orang yang memiliki insufiensi pankreas, yang membuat kalenjar pankreas tidak dapat memproduksi enzim pencernaan dengan cukup. Sebagai informasi, bromelain juga banyak digunakan sebagai pelunak daging komersial, karena kemampuannya untuk memecah protein daging yang keras.

3. Berpotensi melawan pertumbuhan sel kankerKanker, yang masih menjadi salah pembunuh utama, dapat disebabkan oleh peradangan dan tekanan oksidatif karena radikal bebas. Beberapa penelitian akademik telah menemukan, kandungan buah nanas dapat mengurangi tekanan oksidatif, serta menurunkan peradangan.

Bromelain, selain memiliki manfaat untuk pencernaan, dapat melawan kanker berdasarkan beberapa riset. Penelitian-penelitian juga membuktikan, bahwa bromelain menekan kanker pada kulit, saluran empedu, serta lambung dan usus besar.

4. Berpotensi meningkatkan daya tahan tubuhSelain memiliki cita rasa yang lezat, buah nanas juga sebenarnya telah digunakan sebagai tanaman obat. Mengandung bromelain dan sederet vitamin, buah nanas berpotensi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Potensi untuk sistem imun tersebut, berasal dari sifat kandungannya yang antiperadangan.

5. Mencegah asmaManfaat buah nanas lainnya yang menakjubkan, yakni untuk mencegah asma. Beberapa penelitian menunjukkan, gejala asma dapat dikurangi berkat bromelain di dalam buah ini. Sebenarnya, risiko asma dapat diturunkan dengan gizi tertentu, seperti beta karoten. Anda bisa memperoleh beta karoten, antara lain dari buah nanas

6. Meningkatkan kesuburanRadikal bebas yang berlebih, dapat memberikan efek negatif untuk tubuh, termasuk untuk sistem reproduksi. Konsumsi makanan yang mengandung molekul antioksidan, untuk menangkal radikal bebas, dapat meningkatkan kualitas kesuburan. Sehingga jika Anda dan pasangan sedang merencanakan kehamilan, rajin mengonsumsi buah nanas dapat dilakukan.

Aneka manfaat buah nanas yang menakjubkan di atas, tentu berasal dari kandungan gizi yang tinggi. Setiap 165 gram potongan daging nanas, mengandung berbagai gizi, yaitu 82,5 kalori, 1,7 gram lemak, 1 gram protein, 21.6 gram karbohidrat dan 2.3 gram serat

Selain itu, dari 165 gram nanas, Anda bisa memenuhi kebutuhan tubuh terhadap nutrisi dengan jumlah 131 persen rekomendasi harian vitamin C, 76 persen rekomendasi harian mangan, 9 persen rekomendasi harian vitamin B, 9 persen rekomendasi harian mineral tembaga, dan 9 persen rekomendasi harian tiamin.

Selain itu, juga bisa mencakupi 7 persen rekomendasi harian folat, 5 persen rekomendasi harian kalium, 5 persen rekomendasi harian magnesium, 4 persen rekomendasi harian niasin, 4 persen rekomendasi harian asam pantotenik, 3 persen rekomendasi harian riboflavin, dan 3 persen rekomendasi harian zat besi.

Cara mengonsumsi buah nanas pun tak sulit. Selain dengan memakannya langsung setelah dikupas, Anda mungkin juga bisa mencampurkan buah nanas ke dalam rujak. Sebagai variasi, Anda bisa mengolah nanas menjadi smoothie, atau cukup menyerut atau memotongnya menjadi topping. Salad buah dengan nanas juga bisa menjadi pilihan makanan sehat yang menyegarkan.

Sumber: https://www.cantika.com/read/1253322/ buah-nanas-bisa-tingkatkan-daya-tahan-tubuh-dan-cegah-kanker

Tag : Manfaat, nanas


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 16:00

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang M. Anang Febri Efendi reporter blokTuban.com resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi kedua, dilaksanakan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat