21:00 . Karangtaruna Cengungklung Belajar Budidaya Klengkeng di Balitjestro   |   19:00 . Resmi, AKBP M. Budi Hendrawan Jabat Kapolres Bojonegoro   |   18:00 . Gelar Stadium General, Unugiri Bedah Big Data   |   17:00 . Pengajuan Beasiswa, Begini Mekanismenya   |   16:00 . Inilah Kreteria Calon Penerima Beasiswa   |   15:00 . Beasiswa Scientis dan 1 Desa 2 Sarjana di APBD 2020   |   14:00 . Percantik Jembatan Sosrodilogo dengan Lampu   |   13:00 . Tak Bayar Sesuai UMK, Perusahaan Bakal Dapat Sanksi   |   12:00 . Pertemuan Insan Genre Se Bojonegoro Gandeng P3AKB   |   10:00 . Hadiri Parternship Gathering Vokasi UGM, ini Harapan Wabup   |   09:00 . Bungkam Unhasy 6-0, Unugiri Gagal Lolos   |   08:00 . DPRD Minta Bupati Segera Terbitkan Perbup Kepemudaan   |   07:00 . 7 Fakta tentang Menyusui   |   22:00 . Prestasi di Akhir Masa Jabatan, Polres Bojonegoro Terima Penghargaan Kemen PAN-RB   |   21:00 . Ansor Bojonegoro Sebut Pemuda Jadi Benteng Pengaruh Global   |  
Fri, 22 November 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 07 October 2019 07:00

Kenapa Ibu Menyusui Sering Alami Pusing atau Sakit Kepala?

Kenapa Ibu Menyusui Sering Alami Pusing atau Sakit Kepala?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Menyusui punya banyak manfaat baik untuk ibu dan bayi. Salah satunya adalah meningkatkan bonding antara Anda dan si kecil.

Meski begitu, ada saja mungkin tantangan yang harus dilewati ibu menyusui. Selain nyeri payudara, beberapa ibu menyusui juga kerap mengeluhkan timbulnya rasa sakit kepala atau pusing. Hmm, kira-kira kenapa, ya?

Dilansir Mom Junction, berikut 5 hal yang bisa sebabkan rasa pusing atau sakit kepala saat menyusui.

- Kelelahan

Ibu baru pasti paham, kalau jam tidur pasti berkurang sejak si kecil lahir ke dunia. Kurang tidur dan kelelahan inilah yang bisa jadi penyebab Anda sering merasa pusing.

Oleh karena itu, ibu menyusui dianjurkan untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Anda bisa menyiasatinya dengan berbagi tugas dengan pasangan dalam mengurus bayi. Selain itu, jangan lupa untuk tetap makan dengan pola gizi seimbang agar stamina tetap terjaga.

- Dehidrasi

Saat menyusui, bayi akan menyerap banyak air yang terdapat di dalam tubuh Anda. Bila Anda tidak segera mengisi ulang lagi cairan di dalam tubuh, maka inilah yang membuat tubuh Anda jadi dehidrasi.

Minumlah air putih atau air kelapa secara rutin agar tubuh tetap terhidrasi sepanjang Anda menyusui. Sebab, kekurangan cairan tubuh juga bisa membuat Anda pusing dan lemas, Moms.

- Riwayat Migrain

Anda yang memiliki riwayat migrain sejak sebelum hamil, mungkin bisa merasakan penyakit ini kambuh selama masa menyusui. Ya, migrain merupakan  merasa sakit kepala hanya di sebelah kanan atau kiri bagian kepala. Migrain biasanya diikuti dengan nyeri berdenyut dan berlangsung selama beberapa menit atau beberapa jam dan bisa juga menimbulkan rasa mual.

- Mastitis

Mastitis merupakan peradangan pada satu atau kedua payudara yang mungkin disertai infeksi atau tanpa infeksi. Gejala mastitis adalah sakit kepala yang disertai dengan demam, dan payudara terasa nyeri dan puting terlihat lebih hitam dari biasanya.

Mastitis mempengaruhi hampir 20 persen ibu menyusu dan paling sering terjadi pada enam minggu pertama setelah melahirkan.

Kondisi ini bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada tubuh ibu, seperti demam dan sakit kepala. Untuk mencegah mastitis, Anda harus rutin mengosongkan payudara dengan cara menyusui bayi atau rajin memompa ASI saat sedang tidak bersama si kecil.

- Sakit Kepala Setelah Melahirkan

Sakit kepala pascabersalin atau yang dikenal juga sebagai sakit kepala postpartum bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala saat menyusui. Ya Moms, setelah melahirkan terjadi penurunan kadar hormon estrogen di dalam tubuh, sehingga bisa menimbulkan rasa sakit kepala. Kondisi ini terjadi pada 30-40 persen wanita di minggu pertama pascabersalin.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan, tips

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat