18:00 . Pencetakan KIA di Bojonegoro Sudah Capai 50 Persen   |   16:00 . Tunjukkan Kreatifitasmu di Lomba Video Film Pendek   |   15:00 . BPBD Anggarkan Rp425 Juta untuk Droping Air Bersih   |   14:00 . Lomba Foto 9 Tahun bB, ini Syarat dan Ketentuannya   |   13:00 . Masih Dibuka, Yuk Ikuti Lomba 9 Tahun bB   |   12:00 . Kemenag Tunggu Intruksi Pembelajaran dari Kementerian Pusat Jelang TAB   |   11:00 . Pertamina EP Kembali Dinobatkan Best of The Best dalam APQ Awards 2020   |   10:00 . Harga Jual dan Buyback Terpantau Meroket Tajam   |   09:00 . Gratis..! Peserta UTBK Bisa Rapid Tes ke Labkesda   |   08:00 . Hilang Entah Dimana, Pencarian Warga Pilang Dihentikan   |   07:00 . Banyak Kehamilan Terjadi di Tengah Pandemi, Apa Kata Dokter?   |   22:00 . Alhamdulillah...9 Orang Positif Covid-19 Dinyatakan Sembuh   |   18:00 . Anggaran untuk Covid-19 di Bojonegoro Rp957 Miliar, ini Rincian Realisasinya...   |   17:00 . Penjualan Ikan Hias Pinggir Jalan Makin Diminati   |   16:00 . Menikmati Senja sembari Memancing di Kedong Winong Ngambon   |  
Fri, 03 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 07 October 2019 07:00

Kenapa Ibu Menyusui Sering Alami Pusing atau Sakit Kepala?

Kenapa Ibu Menyusui Sering Alami Pusing atau Sakit Kepala?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Menyusui punya banyak manfaat baik untuk ibu dan bayi. Salah satunya adalah meningkatkan bonding antara Anda dan si kecil.

Meski begitu, ada saja mungkin tantangan yang harus dilewati ibu menyusui. Selain nyeri payudara, beberapa ibu menyusui juga kerap mengeluhkan timbulnya rasa sakit kepala atau pusing. Hmm, kira-kira kenapa, ya?

Dilansir Mom Junction, berikut 5 hal yang bisa sebabkan rasa pusing atau sakit kepala saat menyusui.

- Kelelahan

Ibu baru pasti paham, kalau jam tidur pasti berkurang sejak si kecil lahir ke dunia. Kurang tidur dan kelelahan inilah yang bisa jadi penyebab Anda sering merasa pusing.

Oleh karena itu, ibu menyusui dianjurkan untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Anda bisa menyiasatinya dengan berbagi tugas dengan pasangan dalam mengurus bayi. Selain itu, jangan lupa untuk tetap makan dengan pola gizi seimbang agar stamina tetap terjaga.

- Dehidrasi

Saat menyusui, bayi akan menyerap banyak air yang terdapat di dalam tubuh Anda. Bila Anda tidak segera mengisi ulang lagi cairan di dalam tubuh, maka inilah yang membuat tubuh Anda jadi dehidrasi.

Minumlah air putih atau air kelapa secara rutin agar tubuh tetap terhidrasi sepanjang Anda menyusui. Sebab, kekurangan cairan tubuh juga bisa membuat Anda pusing dan lemas, Moms.

- Riwayat Migrain

Anda yang memiliki riwayat migrain sejak sebelum hamil, mungkin bisa merasakan penyakit ini kambuh selama masa menyusui. Ya, migrain merupakan  merasa sakit kepala hanya di sebelah kanan atau kiri bagian kepala. Migrain biasanya diikuti dengan nyeri berdenyut dan berlangsung selama beberapa menit atau beberapa jam dan bisa juga menimbulkan rasa mual.

- Mastitis

Mastitis merupakan peradangan pada satu atau kedua payudara yang mungkin disertai infeksi atau tanpa infeksi. Gejala mastitis adalah sakit kepala yang disertai dengan demam, dan payudara terasa nyeri dan puting terlihat lebih hitam dari biasanya.

Mastitis mempengaruhi hampir 20 persen ibu menyusu dan paling sering terjadi pada enam minggu pertama setelah melahirkan.

Kondisi ini bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada tubuh ibu, seperti demam dan sakit kepala. Untuk mencegah mastitis, Anda harus rutin mengosongkan payudara dengan cara menyusui bayi atau rajin memompa ASI saat sedang tidak bersama si kecil.

- Sakit Kepala Setelah Melahirkan

Sakit kepala pascabersalin atau yang dikenal juga sebagai sakit kepala postpartum bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala saat menyusui. Ya Moms, setelah melahirkan terjadi penurunan kadar hormon estrogen di dalam tubuh, sehingga bisa menimbulkan rasa sakit kepala. Kondisi ini terjadi pada 30-40 persen wanita di minggu pertama pascabersalin.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan, tips


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat