Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dian Roesmiati : Dalam Kebahasaan Banyak Ditemukan Masalah Ejaan

blokbojonegoro.com | Saturday, 12 October 2019 14:00

Dian Roesmiati : Dalam Kebahasaan Banyak Ditemukan Masalah Ejaan

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Selain ejaan dan pemilihan kata, sering kali terjadi pada penyusunan kalimat, kesalahan itu biasanya disebabkan minimnya pengetahuan bahasa terlebih lagi penggunaan ejaan dalam penggunaan bahasa. Oleh karena itu, penerapan ejaan dalam menulis bahasa merupakan suatu keharusan bagi penulis dalam menyampaikan ide maksud kepada para pembaca.

Hal itu dikatakan oleh Peneliti Balai Bahasa Jawa Timur (BBJT), Dian Roesmiati dalam Kegiatan penyuluhan penggunaan bahasa Indonesia bagi para pelaku media massa yang ada di kabupaten Bojonegoro, Sabtu (12/10/2019). Menurutnya penggunaan bahasa adalah permasalahan yang sering kali menjadi masalah sehari tentang konteks memahamkan para pembaca. Oleh karena masalah yang sering muncul dan paling banyak adalah terkait penggunaan ejaan.

"Memang bicara tentang Indonesia hal paling banyak masalah yakni terkait penulisan ejaan," tegas Roesmiati saat memberikan wawasan pengetahuan Bahasa kepada puluhan pelaku insan media.

Untuk itu, lanjut Dian spaan akrabnya kecermatan dalam penggunaan bahasa harus lebih ditingkatkan terlebih dalam penggunaan tata kalimat, apalagi dalam penyusunan kalimat yang tidak lazim. Dengan begitu kesalahan itu, hendaknya dipaparkan agar kesalahan serupa dalam penyusunan kalimat kedepan tdak terjadi lagi.

"Tidak hanya itu, pada penggunaan kata asing hendaknya saat penulisan dicetak miring bila tidak dikethui maksudnya.

Seperti diketahui, Balai Bahasa Jawa Timur (BBJT) mengadakan penyuluhan penggunaan bahasa Indonesia bagi para pelaku media massa yang ada di kabupaten Bojonegoro. Kegiatan tersebut dilaksanakan disalah satu Ruang Resto di Bojonegoro, Sabtu (12/10/2019).[saf/ito]

Tag : Balai, bahas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini