23:00 . Besok, Pemkab Salurkan Sembako untuk Pedagang di Sekolah   |   22:00 . Dampak Corona Pedagang Banting Setir Jual Masker Hingga Bahan Pokok   |   21:30 . Pulang Dari Malaysia, Tiga Warga Bojonegoro Dikarantina di Batam   |   21:00 . Cegah Penyebaran Covid-19, Ngablak Perketat Keamanan Masuk Desa   |   20:30 . Pemkab Buka Rekrutment Tenaga Kesehatan dan Non Kesehatan Tangani Covid-19   |   20:00 . Update Hari Ini 12 ODP Baru, 1 Selesai Pemantauan   |   19:00 . Cegah Covid-19, Gugus Tugas Tejo Lakukan Penyemprotan Disinfektan   |   18:00 . Pelantikan Kades Tahap I, Diprioritaskan Bagi Desa yang Diisi PJ   |   17:00 . Jumlah ODP di Dander Melebihi Kota, Total Ada 60 ODP Di Bojonegoro   |   16:00 . Inilah Jadwal Lengkap Pelantikan Kades Lewat Video Conference   |   15:00 . Begini Jalannya Pelantikan Kades di Kecamatan Kota Lewat Video Conference   |   14:00 . Melalui Video Conference, Bupati Tekankan Segera Bertindak Cepat Atasi Covid-19   |   13:00 . Live Streaming: Pelantikan Kades Tahap 1   |   12:00 . Pedagang di Kantin dan Warga Kurang Mampu akan Mendapat Bantuan   |   11:00 . 3 Desa Terima Mesin Semprot Disinfectan dari Pertamina EP Asset 4 Field Sukowati   |  
Thu, 02 April 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 16 October 2019 14:00

Inilah Juara Lomba Sapi Betina Produktif dan Gelar Panen Pedet 2019

Inilah Juara Lomba Sapi Betina Produktif dan Gelar Panen Pedet 2019

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Sebagai upaya untuk peningkatan populasi dan peningkatan antusias masyarakat terhadap peternakan, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Peternakan Dan Perikanan menggelar kegiatan "lomba sapi betina produktif dan gelar panen pedet 2019" tanggal 15 sampai  16 Oktober 2019 di Gor Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo.

Di hari ke dua, Rabu (16/10/2019), hadir dalam rangkaian kegiatan tersebut Dirjen Peternakan Dan Kesehatan Hewan, Direktur Pembibitan Dan Produksi Ternak Ir. Sugiono, Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari Malang, Forkopimda Kab. Bojonegoro, Pimpinan EMCL, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jatim, Kepala Bank Jatim Bojonegoro, Kepala Bank BNI Jatim Bojonegoro, Kepala OPD Kab Bojonegoro, Forkopimcam Kecamatan Tambakrejo, Camat se-kabupaten Bojonegoro, Kepala Desa  Dolog Gede, Kepala Desa se-kecamatan Tambakrejo, dan seluruh peternak sapi yang hadir.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi dan motivasi kepada masyarakat, menjadikan event ini sebagai ajang promosi/pemasaran komoditi peternakan, serta membuka peluang investasi potensi peternakan yang ada di Kabupaten Bojonegoro. 

Plt. Dinas Peternakan dan Perikanan Drh. Catur Rahayu. K menyampaikan ada beberapa kategori dan kriteria yang dilombakan dalam kontes ternak 2019 ini, diantaranya adalah Pedet betina sapi PO, Calon induk sapi PO, Pedet betina hasil IB, Calon induk hasil IB, Induk hasil IB, Induk sapi PO

"Kegiatan ini diikuti peserta dari 28 Kecamatan untuk tiap kategorinya dengan target sebanyak 168 ekor, gelar panen pedet 500 ekor, dan ternak yang di PKB masal sebanyak 200 ekor," kata Catur Rahayu.

Dia menambahkan, dalam event ini juga digelar kegiatan lain berupa lomba petugas inseminasi buatan (IB) berprestasi, pemeriksaan kebintingan (PKB) masal, pameran produk peternakan dan pertanian, konsultasi layanan kesehatan hewan, bimtek pembibitan budidaya  dan teknologi pangan, serta Pemberian Radio frequency identification (RFID) pada ternak betina produktif.

Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah dalam sambutannya menegaskan bahwa Bojonegoro ke depan ditargetkan harus menempati urutan kedua besar se-Jawa Timur, berdasarkan data di kementrian pusat tahun 2010 populasi ternak di Kab. Bojonegoro menempati peringkat ke dua dan di tahun 2018 populasinya menurun di peringkat ke delapan.

"Sehingga Bojonegoro ke depan harus mampu kembali menaikkan populasinya di peringkat satu atau dua," tegas Bupati.

Dalam hal tersebut, mantri ternak maupun dokter hewan harus bisa berinisiasi agar bisa terwujud. Untuk memaksimalkan produksi ternak sapi, hal utama yang harus di perhatikan adalah produktifitas sapi betina yang paling utama, karena sapi betina lah yang nantinya akan melahirkan banyak anak sapi/pedet, dan supaya sapi-sapi betina bisa lebih produktif, sapi betina prodiktif tidak boleh dipotong ungkap Bupati.

Masih menurut Bupati, selain memaksimalkan sapi betina produktif, inseminasi buatan juga harus yang berkualitas, agar mortalitasnya menurun. Ini merupakan tugas dari Dinas Peternakan Dan Perikanan untuk melakukan koordinasi dan langkah-langkah yang bagus dengan kementrian pusat.

Selanjutnya terkait penanganan, untuk anak sapi/pedet yang baru lahir agarlah segera mendapatkan ASI dari induknya. Faktor makanan waktu sang induk masih bunting mesti mendapatkan asupan makanan yang kasar/kaya serat.

"Bojonegoro merupakan lumbung pangan, jadi jerami yang didapat waktu musim baiknya juga disimpan sebagai cadangan untuk musim kemarau agar sapi tidak kekurangan gizi," imbuh Bupati.

Inilah Juara Lomba Sapi Betina Produktif dan Gelar Panen Pedet 2019:

A. Sapi Betina Produktif kategori hasil IB : 

Juara 1 : Gufron, dari Kecamatan Sumberrejo.

Juara 2 : Kusnan, dari Kecamatan Sukosewu.

Juara 3 : Parji, dari Kecamatan Padangan.

 

B. Sapi Betina Produktif kategori Calon Induk sapi PO :

Juara 1 : Karsiman dari Kecamatan Purwosari.

Juara 2 : Tikno dari Kecamatan Kalitidu.

Juara 3 : Mawardi dari Kecamatan Sukosewu.

 

C. Sapi Betina produktif kategori calon induk dari hasil IB : 

Juara 1 : Lukidi dari Kecamatan Baureno.

Juara 2 : Tarmo dari Kecamatan Balen.

Juara 3 : Mawardi dari Kecamatan Sukosewu.

 

D. Sapi betina produktif kategori induk sapi PO : 

Juara 1 : Prapto dari Kecamatan  Ngasem.

Juara 2 : Warito dari Kecamatan Kedewan.

Juara 3 : Warsit dari Kecamatan Padangan.

 

E. Sapi betina produktif kategori pedet betina sapi PO : 

Juara 1 : Warito dari Kecamatan Kedewan.

Juara 2 : Sungkono dari Kecamatan Padangan.

Juara 3 : Sujudi dari Kecamatan Sekar.

 

F. Sapi betina produktif kategori pedet betina sapi hasil IB : 

Juara 1 : Gufron dari Kecamatan  Sumberrejo.

Juara 2 : Jasmin dari Kecamatan Kapas.

Juara 3 : Panijan dari Kecamatan Sugihwaras.

 

Tag : Lomba, sapi, betina, produktif, disnakkan, bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 30 March 2020 12:00

    Menguntungkan, Warga Purwosari Panen Waluh

    Menguntungkan, Warga Purwosari Panen Waluh Petani Desa Tinumpuk, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro berhasil menanam waluh (labu kuning) tumpangsari dengan pohon pisang di tegalannya. Suparno bisa memanen waluh muda 40 buah setiap hari, karena sayuran...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat