21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   14:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |  
Thu, 28 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Peran Guru Tangkal Radikalisme

blokbojonegoro.com | Thursday, 17 October 2019 12:00

Peran Guru Tangkal Radikalisme

Oleh: Usman Roin *

blokBojonegoro.com - Tragedi penusukan Menkopolhukam, Wiranto, Kamis (10/10) di Alun-Alun Menes, Pandeglang, Banten, membawa keprihatinan bersama tak terkecuali penulis sebagai guru. Bahkan Presiden Joko Widodo pasca kejadian tersebut langsung memerintahkan Kapolri dan Kepala BIN untuk mengusut tuntas kejadian penyerangan yang juga memakan tiga korban: Kapolsek, ajudan, serta tokoh masyarakat.

Tragedi di atas membelalakkan mata kita bersama, betapa masifnya gerakan ekstrimis yang menggunakan baju ‘Agama’ untuk melukai orang lain dengan paradok jihadis. Bahkan kata Kepala BIN, Budi Gunawan, pelaku penyerangan yang telah diringkus merupakan anggota Jaringan Ansharut Daulah (JAD) Bekasi.

Ulasan penulis ini bukan hendak memaparkan secara panjang lebar hal yang melatarbelakangi kejadian tersebut, melainkan hendak mempertegas peran pendidik/guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pengendali dini radikalisme di sekolah.

Mengutip Dr. Sri Yunanto (2018:248), dalam buku Islam Moderat vs Islam Radikal, bahwa kelompok-kelompok radikal memilih lembaga-lembaga pendidikan baik formal maupun informal sebagai sasaran dalam mengembangkan gagasan radikalnya. Operasionalnya, lembaga pendidikan dijadikan diseminasi gagasan yang berlanjut tahap rekrutmen.
Jika demikian adanya, guru PAI perlu dibangkitkan perannya sebagai upaya mengentalkan akidah Islam yang benar melalui pembelajaran. Bukan Islam yang menyakiti kepada sesama saudaranya sendiri. Untuk itu, upaya membangkitkan wawasan Islam yang rahmatallil’alamin ini patut menjadi pegangan guru PAI, agar keberadaannya tidak sekadar sebagai penyampai risalah Islam yang normatif, melainkan juga mempertegas pada bagaimana kontribusi nyata ikut membentengi, mengawal, dan juga memberikan pemahaman yang baik dan benar tentang Islam.

Keberadaan guru PAI di semua jenjang pendidikan perlu dioptimalkan perannya agar tidak sekadar mengajar tekstual melalui buku ajar yang dimiliki an sich, tetapi juga mengaitkan peran muslim untuk menjaga kedamaian, membentuk perilaku individu yang santun kepada sesama agar perilaku yang tercermin tidak mengalami disorientasi sebab kedangkalan ajaran yang ‘baru’ diterima.
Jika peran di atas luput, maka elan vital guru PAI akan dipertanyakan. Hal itu karena serbuan ajaran radikalisme begitu masif baik lewat medsos, maupun doktrin buku jihadis.

Jika guru PAI tidak membuka diri (mata dan mind side) terhadap hal demikian, bisa jadi ada celah mulus para siswa terpapar radikalisme. Hal itu tentu tidaklah kita inginkan jika kita menatap optimisme ke depan untuk Indonesia yang lebih baik. Oleh karenanya, agar guru PAI ambil bagian dalam pencegahan paham radikal, bagi penulis ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Pertama, guru PAI perlu diberikan informasi potensi radikalisme kekinian. Ini artinya, Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT), akademisi, pemerhati dan lainnya, perlu memberi ulasan mendalam potret radikalisme kepada guru-guru PAI. Mulai dari bagaimana sistem, dan pola teranyar yang dilakukan untuk kemudian dicari solusi apik langkah konkrit, serta peran strategis mereka di masing-masing lembaga pendidikan. Adapun bentuknya, bisa melalui FGD atau pembinaan khusus agar mereka selain melek juga menjadi agen moderasi terhadap upaya-upaya instabilitas NKRI.

Kedua, Perguruan Tinggi (PT) ‘berbasis Islam’ sebagai pencetak pendidik perlu meninjau kurikulum yang ada. Apakah sudah ideal untuk melahirkan pendidik yang menjadi penebar Islam rahmatan lil’alamin atau belum? Jika sudah, maka prototipe PT tersebut perlu dijadikan rujukan diseminasi generasi pendidik yang menjunjung tinggi Islam moderat kepada publik. Namun bila belum, telaah besar-besaran perlu segera dilakukan untuk mengkonstruksi agar output pendidik PT tersebut betul-betul menjadi calon pemimpin yang moderat dan inklusif yang senantiasan menjunjung tinggi kedamaian.

Ketiga, perlunya pembelajar agama yang tidak hanya normatif. Artinya pendidikan Agama yang diberikan oleh guru, tidak hanya berkutat pada transfer atau pemberian ilmu, atau bahkan dominan pada aspek kognitif. Justru proses internalisasi nilai (afektif) perlu dibarengi dengan aspek kognitif. Meminjam bahasa Muhaimin (2002:196), ketika hal tersebut dilakukan akan timbul dorongan siswa untuk mengamalkan dan menaati ajaran dan nilai-nilai dasar agama yang telah diinternalisasikan dalam diri siswa (psikomotorik).

Keempat, guru PAI perlu melakukan supervisi dan mengendalikan kurikulum pendidikan agama di dalam kelas maupun di luar yang dilakukan oleh ustadz, mubaligh, murabbi yang datang dari luar sekolahan. Tujuannya, agar para siswa yang haus dalam ilmu Agama tidak dicekoki dengan doktrin-doktrin radikal.

Untuk itu, kontekstualisasi ajaran agama perlu segera direalisasikan oleh semua guru agama di sekolah agar dapat melahirkan generasi-generasi terbuka, menghargai perbedaan, dan mengedepankan dialog. Akhirnya, kalau strategi pendidikan agama seperti ini dilakukan dan berhasil pasti bisa menjadi daya tangkal yang sangat efektif untuk meminimalisir lajunya perkembangan kejahatan kemanusiaan yang bernama radikalisme. Dan yang terpenting peran bersama guru lain sangat diperlukan untuk ikut menangkal itu semua. 

* Penulis : Pengurus Majelis Alumni IPNU Bojonegoro.

Tag : Radikalisme, guru



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat