Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hari Santri Nasional (HSN) 2019

PC IPNU IPPNU Bojonegoro Gelar Apel Akbar dan Ngaji Enterpreneur

blokbojonegoro.com | Sunday, 20 October 2019 20:00

PC IPNU IPPNU Bojonegoro Gelar Apel Akbar dan Ngaji Enterpreneur

Kontributor: Maulina Alfiyana

blokBojonegoro.com - Ditetapkannya tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional, merupakan sebuah apresiasi yang besar terhadap peran santri untuk bangsa Indonesia.

Hal tersebut sangat berkaitan erat dengan peristiwa bersejarah bangsa Indonesia yang membawa bangsa Indonesia mendapatkan kemerdekaan dari para penjajah berkat perjuangan para santri lewat Resolusi jihad yang diceruskan oleh pendiri NU yaitu KH. Hasyim Asyari.

Sejak ditetapkan pada tanggal 22 Oktober 2015, lalu Oleh Presiden Ir. Jokowidodo kini semarak Hari Santri kian menggema di dalam negeri. Beragam kegiatan pun diselenggarakan oleh warga Nahdliyin di berbagai tingkatan.

Melalui momentum Hari santri 2019 Pimpinan Cabang IPNU IPPNU Bojonegoro berupaya untuk mengenang jasa para pahlawan, santri dan Kiai terdahulu serta melestarikan tradisi ini dengan Menggelar Apel Akbar dan Ngaji Enterpreneur.

Mengusung Tema "Santri Unggul Indonesia Makmur" berharap peran pelajar & santri di era revolusi industri 4.0 bisa ikut andil dan mewarnai perannya disegala lini, terlebih disektor ekonomi.

Di era persaingan yang semakin ketat, kalangan milenial (pelajar & santri) dihadapkan dengan cepatnya perkembangan teknologi. Tentunya bukan mustahil lagi jika kebangkitan ekonomi mandiri organisasi akan lahir dan dimotori oleh kalangan milenial.

Dalam sambutannya Rekan Sukron Bajuri ketua PC IPNU Bojonegoro menyampaikan, kegiatan ini memang sengaja diadakan lebih awal dari sebelumnya yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2019 nanti.

"Kami memang sengaja mengambil start lebih awal untuk memulai rangkaian hari santri ini, termasuk membuat apel yang semoga tidak mengurangi khidmat kami untuk memperingati jasa para kiai," ungkapnya.

Dan ngaji enterpreneur ini kami tekankan untuk menambah wawasan para pelajar dan santri khususnya santri di lembaga pendidikan as-Shoimiyah ini.

"Di mana santri tidak hanya belajar ilmu agama tetapi juga menyeimbangkan dengan ilmu umum yaitu kewirausahaan," ujar pemuda yang sering disapa Rekan Sukron tersebut, Minggu (20/10/2019).

Selain itu Burhanuddin (Gus Udin) selaku Kepala Sekolah Madrasah Aliyah di Lembaga Pendidikan tersebut dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh PC IPNU IPPNU bojonegoro tersebut. Dia juga sangat mendukung dengan adanya ngaji enterpreneur bagi santrinya dengan harapan ketika para santri lulus dari pondok nanti bisa mengamalkanya ditengah masyarakat.

"Kalau para santri lulus nanti setidaknya bisa jadi Kyai dan mengajar ngaji. Jika tidak menjadi kiai para santri ini nanti bisa menjadi orang kaya yang bisa menggaji para kiai untuk mengajar ngaji." imbuhnya.

Diawali dengan apel pada pukul 07.30 WIB kemudian dilanjutkan dengan ngaji enterpreneur yang disampaikan oleh Agus Hafidz, S.Pd selaku ketua DKC IMNU Bojonegoro, M. Umar Owner Syifa Karpet Jatim dan M. Fakhrul Irfansyah, S.Sos Owner Saesang Banana Chips. Pada pukul 11.30 kegiatan tersebut berakhir dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Rekan Ridwan Abdullah Departemen Dakwah PC IPNU Bojonegoro.

Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan tertib yang dihadiri oleh sekitar 800 Pelajar dan Santri yang berasal dari Pondok Pesantren dan Lembaga Pendidikan As-Shoimiyah Sumbertlaseh Dander yang sekaligus sebagai tuan rumah kegiatan tersebut dan peserta dari Pengurus Cabang, perwakilan dari Pimpinan Anak Cabang.

Pimpinan Komisariat Perguruan tinggi, Pimpinan Komisariat dan Pimpinan Ranting seluruh Bojonegoro. Serta jajaran Muspika Kecamatan Dander dan seluruh Banom MWC NU Dander. [lin/ito] 

Tag : Hari, santri, nasional



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini