15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |  
Wed, 24 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Semarakkan Hari Santri, Warga Gayam Lestarikan Liwetan

blokbojonegoro.com | Sunday, 20 October 2019 11:00

Semarakkan Hari Santri, Warga Gayam Lestarikan Liwetan

 

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Memasuki Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2019, berbagai kegiatan diadakan warga Nahdiliyin di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Seperti halnya Festival Liwetan untuk mengenang budaya santri di Pondok Pesantren.

Hal itu dilakukan oleh Pengurus Ranting NU Desa Cengungklung Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (19/10/2019) malam. Setidaknya dalam festival yang baru pertama diadakan diikuti 42 peserta dari berbagai elemen masyarakat, mulai dari delegasi RT, kelompok tani, para sopir truck, pemuda dan elemen masyarakat lainya, di halaman Masjid Alfalah desa setempat.

"Harapan dengan momen ini semoga kita bisa mengenang kehidupan santri, untuk melestarikannya juga," kata sekretaris Pengurus Ranting NU Desa Cengungklung, Mochamad Mahsun.

Alunmi STAI Sunan Giri, yang sekarang menjadi IAI Sunan Giri satu komplek dengan UNU Sunan Giri Bojonegoro menururkan, kegiatan ini salah satu acara untuk menyemarakkan Hari Santri, pada 22 Oktober 2019 di Kecamatan Gayam. Pasalnya sesuai HSN tahun ini Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia.

"Terbukti para peserta yang berpartisipasi tidak hanya warga nadhliyin saja, tetapi semua lapisan masyarakat. Sebagai bentuk kebersamaan dan menjaga kedamaian," ujarnya.

Ditambahkan, yang menarik dalam festival kali ini, penilaian masakan dikonsentrasikan pada sego (nasi) liwet (beras yang dimasak menggunakan air) dan sambel terong. "Notabene sego liwet dan sambel terong ini adalah makanan sehari-hari santri ketika berada di pondok," imbuhnya.

Selain dihadiri oleh MWC NU kecamatan Gayam, Kepala Desa Cengungklung, tokoh masyarakat dan santri Desa Cengungklung dan sekitarnya. Serta festival ala santri ini juga diramaikan juga oleh berbagai group hadrah, oklek dan group Jedoran.

Tampak puluhan peserta begitu antusias memasak 'sego liwet' dan sambel terong dengan penuh kekompakan dan kebersamaan. Meskipun mereka membawa peralatan memasak sendiri-sendiri, para peserta tampak senang bisa ikut meramaikan hari santri tahun ini. [zid/lis]

Tag : Liwetan, festival



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat