Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Geliat Meningkat, Eksportir Lirik UMKM Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Monday, 21 October 2019 17:00

Geliat Meningkat, Eksportir Lirik UMKM Bojonegoro

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com- Puluhan pelaku UMKM Bojonegoro terus ingin mengembangkan produk yang dihasilkannya sekaligus menangkap peluang ekspor usaha yang digelutinya hingga masuk kepasaran keluar negeri. Oleh karenanya, puluhan pelaku UMKM tersebut diberikan pemahaman terhadap ekspor untuk menjual barang dengan bantuan melalui Angkasa Pura Logistik (Aplog) sekaligus memberikan pemahaman kepada semua pelaku UMKM tersebut, Senin (21/10/2019).

Alasan dibidiknya Kabupaten Bojonegoro, karena produk yang dimiliki Kabupaten Bojonegoro ini sangat potensial dan layak untuk ekspor, selain itu, hasil UMKM  di Bojonegoro sangat berpotensi untuk dikembangkan hingga diluar Bojonegoro bahkan hingga keluar negeri, dengan geliat usaha itu, PT Angkasa Pura Logistik melalui anak perusahaan siap menjadi mitra bagi para pelaku UMKM di Bojonegoro.

Manager Logistik Angkasa pura logistik (Aplog), Sisca mengatakan produk UMKM di Bojonegoro memang mempunyai produk unggulan yang sangat beragam, bahkan dari produk dari kerajinan, meski begitu, pemasaran atau penawaran produknya tapi belum maksimal di kancah pasar luar negeri, dengan banyak produk itu, pihak Angkasa Pura Logisitik ingin menjembatani pelaku tersebut agar produk yang dihasilkan itu punya nilai daya saing hingga ke luar negeri.

"Namun, mesti banyak produk yang dihasilkan, sangat disayangkan selama ini SDM pelaku usaha UMKM di Bojonegoro, belum banyak yang paham soal ekspor," tambah Sisca kepada blokBojonegoro.com.

Pemahaman pemasaran dalam mengekspor produk itu mendapat antusiasme dari pelaku UMKM, pasalnya selama ini pelaku UMKM di Bojonegoro, memang belum banyak memahami terkait ekspor barang, sehingga geliat ekspor produk Bojonegoro keluar negeri masih terbilang minim. 

"Rata-rata yang menjadi kendala pelaku UMKM itu adalah soal perizinan produk,"kata Sisca

Hadir Pada kesempatan yang sama, Ketua Gabungan Perusahaan Eksport Indonesia DPD Jatim, Iko Sukma. Dirinya mengatakan Kabupaten Bojonegoro ini memang sangat banyak produk yang dihasilkan mulai kerajinan kayu hingga aneka olehan makanan. Dengan banyaknya produk itu, hendaknya bisa menjadi daya tarik sekaligu  menjadi peluang untuk mempromosikan, mengenalkan dan  memperdagangkan produk UMKM yang dihasilkan itu.

"Yang pasti dengan ekspor produk bisa menjadi tambahan ekonomi sekaligus peluang pasarnya," tandasnya.

Dengan adanya pertemuan ini diharapakan semua yang terlibat mulai pelaku UMKM Bojonegoro serta Angkasa Pura Logistik bersama Perusahaan lain yang hadir bisa bersinergi sekaligus bisa mengenalkan program ekspor mudah berbasis digital teknologi dan logistik sistem pada pelaku UMKM Kabupaten Bojonegoro.

"Pastinya, harapannya, pelaku usaha akrab dengan budaya bisnis di era 4.0," tandas Sisca kepada blokBojonegoro.com. [saf/lis]

Tag : ekspor, ekonomi, umkm



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini