16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Setelah ke China, Keripik Bojonegoro Diekspor ke Timur Tengah

blokbojonegoro.com | Monday, 21 October 2019 12:00

Setelah ke China, Keripik Bojonegoro Diekspor ke Timur Tengah

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Produk asal Kabupaten Bojonegoro tidak kalah bersaing dengan olahan luar negeri. Terbukti keripik singkong asal Kota Ledre, sebutan lain Kabupaten Bojonegoro mampu diekspor ke Quwait, Timur Tengah, setelah beberapa waktu lalu dikirim ke China.

"Ekspor keripik singkong ke Quwait, Timur Tengah ini yang kedua, karena produksi tanpa bahan pengawet dan natural. Sebelumnya sudah diekspor ke China," kata Muhammad Pujiono, Manajer Pabrik PT. Pareto Estu Guna saat menandai pengiriman produk, Senin (21/10/2019), di tempat produksinya Desa Kabunan, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro.

Saat acara seremonial ekspor perdana keripik singkong matoh ke Timur tengah (Middle East), disaksikan perwakilan Dinas Perdagangan Kabupaten Bojonegoro dan Disperindag Jawa Timur. Menurut Pujiono, eksport ke Quwait perdana ini sebanyak 450 karton keripik singkong dengan berbagai varian rasa.

"Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu, karena pasar global lambat laun tercapai. Sehingga order kripik singkong dari luar negeri membantu perekonomian Indonesia," terangnya.

Sementara itu Kepala Seksi Eksport Disperindag Jawa Timur, Abdiel Popang mengaku sebagai instansi pembina di tingkat provinsi mengapresiasi perusahaan di Bojonegoro yang mampu menembus pasar luar negeri. Culture dan SDM (Sumber Daya Manusia) Timur Tengah banyak dibantu orang Indonesia, sehingga tidak begitu jauh untuk makanan dan minuman.

Ke depannya keripik singkong ini bisa dioptimalkan. Tidak hanya memproduksi produk tapi juga membaca peluang pasar. Setelah ini negara lain bisa ditembus seperti Eropa, Amerika, Singapura, Jepang dan lainnya yang masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan bersama.

"Harapannya ke depan keripik singkong di Bojonegoro ini bisa berjalan baik lagi, kekurangannya bisa dilengkapi termasuk berkoordinasi dengan daerah dan provinsi yang sampai membantu menembus negara-negara lain," ungkapnya.

Ditambahkan, selama ini produk di Jawa Timur yang diekspor kebanyakan tembakau, sarang burung walet dan lainnya. Namun exportir snack satu tantangan baru dari Bojonegoro apalagi snack berbahan ubi. "Dengan adanya ini memperluas lapangan kerja sekitar. Export terpenting bisa masuk dulu, produksi bisa mengikuti kebutuhan ekspor nantinya," pungkasnya. [zid/lis]

 

Tag : ekspor, keripik



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat