12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field Peduli Lingkungan, Lestarikan Bengawan Solo

blokbojonegoro.com | Tuesday, 22 October 2019 20:00

Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field Peduli Lingkungan, Lestarikan Bengawan Solo

 

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Keberadaan sungai Bengawan Solo yang melintasi Kabupaten Bojonegoro dan Tuban Perlu dilestarikan. Bentuk nyata dilakukan Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field yang peduli lingkungan dengan sosialisasi kepada masyarakat dan penanaman pohon di bantaran sungai terpanjang di Pulau Jawa itu.

Yakni dengan tanam pohon di sekitar aliran di Desa Semanding, Kecamatan Kota/Kabupaten Bojonegoro, Selasa (22/10/2019). Kegiatan dihadiri langsung Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro, Nurul Azizah, dari Pertamina EP Asset 4 diwakili Jason W Purba.

Turut serta hadir BBWS dari Perum Jasa Tirta, Camat Bojonegoro, Polsek Kota Bojonegoro, Polsek Soko, Komandan Koramil Bojonegoro dan Komandan Koramil Soko, Tuban. Selain itu juga Kepala Desa Semanding, Subeno dan Kepala Desa Kendalrejo Tuban.

"Bengawan Solo menyimpan banyak potensi, mari kita jaga dan rawat dari kepunahan," kata Pjs Assistant Manager Legal& Relations Pertamina EP Aset 4 Jason W Purba, saat sosialisasi pelestarian sungai Bengawan Solo di Balai Desa Semanding.

Selain potensi alam juga beberapa hewan termasuk ikan perlu dilestarikan. Sehingga perlu dijaga, seperti ancaman longsor tebing di Sungai Bengawan Solo. Beberapa faktor penyebabnya dimungkinkam adanya praktik galian C terutama yang menggunakan sedot pasir mekanik.

"Pasir yang terus-menerus dieksploitasi menyebabkan tegakan tebing pinggir sungai kian tergerus," ungkapnya.

Pasalnya di Bengawan Solo sendiri, proyek pipa yang terpendam di dasar sungai, terutama sekitar Desa Semanding Bojonegoro dan melewati Desa Kendalrejo, Kecamatan Soko Tuban. "Pipa itu harus dilindungi karena akan berdampak jika terjadi kebocoran," imbuhnya.

Komitmen bersama menjaga kelestarian bengawan solo ditandai dengan penandatanganan para pemangku kebijakan. Sementara itu Kepala DLH Kabupaten Bojonegoro, Nurul Azizah mengungkapkan, beberapa waktu lalu, terjadi pencemaran lingkungan di Bengawan Solo dikarenakan adanya limbah pabrik industri batik yang berasal dari hulu sungai.

"Dengan adanya limbah dari produksi batik, air sungai menjadi keruh dan berwarna hitam kecokelatan. Sehingga, tentu saja memberikan dampak bagi lingkungan sekitar," ujarnya.

Untuk itu kita harus punya kewajiban untuk mengelola lingkungan. Namun tidak hanya menjaga kelestarian lingkungan di Bengawan Solo saja. "Tetapi KKKS juga diharapkan komitmen pada penghijauan di sekitar industri migas sesuai program Bupati Anna Mu'awanah yang mentarget 500 ribu pohon dalam jangka waktu lima tahun," tuturnya.

Penanaman pohon tersebut selain bisa menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH), sebab cuaca panas akhir-akhir ini dikarenakan kurangnya RTH. "Kegiatan seperti tanam pohon di bantaran Sungai Bengawan Solo yang digagas Pertamina EP Aset 4 Sukowati Field menjadi sangat penting," pungkasnya.

Usai sosialisasi, para peserta dari masyarakat, pemerintah desa, pertamina EP Asset 4 Sukowati Field, Camat, Polsek dan Koramil, dilanjutkan penanaman pohon. [zid/lis]

Tag : Pertamina, Asset 4, Bengawan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat