11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Thu, 18 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hari Santri Nasional 2019

Kapolsek Baureno Ingatkan Pentingnya Perdamaian

blokbojonegoro.com | Wednesday, 23 October 2019 11:00

Kapolsek Baureno Ingatkan Pentingnya Perdamaian


Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Momentum Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2019, diperingati banyak kalangan tidak hanya santri di pondok pesantren. Bahkan pihak kepolisian juga mengingatkan pentingnya menjaga perdamaian, seperti yang dilakukan Kapolsek Baureno, Akp. Marjono saat menjadi inspektur upacara.

Upacara yang berlangsung khitmad dan tertib di lapangan Desa Pasinan, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Selasa (22/10/2019), diikuti Forkopimcam (Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan) Baureno, MWC NU, banom (badan otonom) NU, Kepala desa dan siswa - siwi SD, SMP dan SMA Se-kecamatan Baureno.

Dalam amanat Kapolsek Baureno membacakan amanat Menteri Agama Republik Indonesia, yang berisi tentang peran santri Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia. Sesuai Peringatan Hari Santri 2019 mengusung tema 'Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia'.

"Isu perdamaian diangkat berdasar fakta bahwa sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian. Sebagai laboratorium perdamaian, pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam rahmatanlilalamin, Islam ramah dan moderat dalam beragama," ucap Kapolsek Marjono, membacakan amanat Menteri Agama.

Melanjutkan amanat Menteri Agama, mantan Kapolsek Margomulyo itu menyampaikan, setidaknya ada sembilan alasan dan dasar mengapa pesantren layak disebut sebagai laboratorium perdamaian, yaitu kesadaran harmoni beragama dan berbangsa, metode mengaji dan mengkaji dalam pesantren, santri biasa diajarkan untuk khidmah, pendidikan kemandirian, gerakan komunitas seperti kesenian dan sastra tumbuh subur di pesantren.

"Serta lahirnya beragam kelompok diskusi dalam skala kecil maupun besar dalam pesantren, santri terbiasa merawat khazanah kearifan lokal, prinsip maslahat atau kepentingan umum, dan penanaman spiritual," terangnya.

Saat prosesi upacara HSN 2019 di Kecamatan Baureno, dilakukan pengibaran bendera merah putih, dilanjutkan menyanyikan lagu Syubbanul wathon dan mars hari santri. Termasuk mengheningkan cipta, membacaan teks pancasila, UUD 1945, ikrar santri, resolusi jihad dan amanat inspektur upacara yang membacakan amanat Kementerian Agama.

Diketahui momen tahun ini juga terasa istimewa karena dalam peringatan Hari Santri Tahun 2019 ini telah didahului oleh disahkannya Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren. Dengan adanya Undang-Undang tersebut, memastikan peran pesantren yang tidak hanya mengembangkan fungsi pendidikan, tetapi juga mengembangkan fungsi dakwah dan fungsi pengabdian masyarakat. [zid/ito]


Tag : Hari, santri, nasional, polsek, baureno



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat