Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sumah Pemuda

PDIP Bojonegoro Siapkan Pemuda Masa Depan

blokbojonegoro.com | Monday, 28 October 2019 21:00

PDIP Bojonegoro Siapkan Pemuda Masa Depan

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Momentum hari sumpah pemuda diperingati banyak kalangan, termasuk partai politik di Kabupaten Bojonegoro. Seperti yang dilakukan DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Bojonegoro, yang mengadakan sarasehan kebangsaan dalam rangka memperingati sumpah pemuda di salah satu tempat makan di Kota Ledre, Senin (28/10/2019) malam.

Kegiatan yang mengundang seluruh organisasi kepemudaan dan mahasiswa di Kabupaten Bojonegoro, dengan mengusung tema 'peranan pemuda menuju era revolusi industri 4.0'. Bahkan partai berlambang banteng menghadirkan akademisi, Arief Januarso selaku ketua yayasan yang menaungi Universitas Bojonegoro (Unigoro), dan Ichwan Arifin yang merupakan tokoh nasionalis muda.

Menurut Ichwan, pemuda harus bisa banyak hal untuk menuju masa depan, sehingga pemuda harus berani berubah. Termsuk adanya revolusi industri 4.0 dengan selalu membawa 2 sisi, yakni peluang dan tantangan. "Cara mudah memahami revolusi industri 4.0 adalah lewat dampak yang paling dekat dan dirasakan kita seperti akses informasi, bisnis dan yang lainnya," terangnya.

Untuk itu ideologi para pemuda harus adaptif dan responsif terhadap perubahan. Agar siap menghadapi masa depan, yang harus disiapkan generasi muda dengan membuat peta jalan bagi diri sendiri, karena misalnya 5 sampai 10 tahun ke depan orientasinya mau kemana. Peta jalan ini harus dilengkapi dengan sarana dan daya dukung sesuai tujuan yang hendak dicapai.

"Sebab sejarah hanya diisi oleh orang-orang yang survive dan menjadi pemenang dalam perubahan," paparnya saat menjadi narasumber dihadapan seratusan peserta yang hadir.

Sementara itu Arief Januarso menyampaikan, pemuda harus bisa menyelesaikan masalahnya (problem soulfing). Apalagi di era 4.0, segala hal bisa diakses dengan mudah, pemuda harus mampu menjawab tantangan zaman yang terus berkembang.

"Pemuda harus kreatif, memiliki kemampuan berkoordinasi dan berkolaborasi dan emosional intelejen. Pemuda harus bis menyelesaikan masalah depat cepat dan tepat," jelas Mas Arif, panggilan akrab Arief Januarso.

Kegiatan sarasehan yang digagas PDI Perjungan Kabupaten Bojonegoro, menunjukkan langkah nyata partai politik untuk peduli generasi bangsa. Hal itu diungkapkan pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bojonegoro, Ahmad Danial Abidin, karena PDIP Bojonegoro memperingati momentum sumpah pemuda, tepat 91 tahun yg lalu terjadi peristiwa besar yang seharusnya menjadi inspirasi kita semuanya.

"Sehingga PDIP sebagai partai pelopor setiap tahun rencananya akan mengadakan peringatan sumpah pemuda. Potensi pemuda harus dimanfaatkan betul, karena pemuda pasti mempunyai sesuai yang tidak kita miliki dengan idealismenya pasti mempunyai konsep," sebutnya.

Didin panggilan Ahmad Danial Abidin menambahkan, pemuda di Bojonegoro ini sangat dinamis. Apalagi Bojonegoro sudah mempunyai Peraturan Daerah (Perda) tentang penyelenggaraan kepemudaan. "Potensi itu kita manfaatkan betul, yang dilakukan PDI sering mengajak dialog dan bertemu agar ada sinergitas antara pemuda dan parpol terjalin, karena partai politik memberikan pendidikan secara terus menerus," imbuhnya.

Bahkan ketua DPD KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) Kabupaten Bojonegoro, Anam Warsito yang turut hadir dalam sarasehan diberikan waktu untuk memberikan spirit kepada para pemuda. Menurut Anam, pemuda harus memegang teguh jatidirinya agar mampu menjadi pemimpin ke depannya.

"Ideologi yang tertanam dalam diri pemuda, harus terus dijaga. Karena idealisme akan memberikan kepuasan dan kenyaman pada diri pemuda," pungkas mantan anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro itu.

Tampak dalam sarasehan yang berlangsung dinamis, banyak hal yang disampaikan para pemuda dan peserta lainnya. Bahkan pengurus harian PDIP Kabupaten Bojonegoro dan kader partai ikut larut jalannya sarasehan, sebagai bentuk memberikan semangat kepada para pemuda. [zid/ito]

Tag : pdip, bojonegoro, momentum, sumpah, pemuda



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini