Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Puncak BBGRM XVI dan HKG PKK Ke-47

Kecamatan Malo Ikut Tampilkan Kerajinan Gerabah

blokbojonegoro.com | Tuesday, 05 November 2019 14:00

Kecamatan Malo Ikut Tampilkan Kerajinan Gerabah

Kontributor: Lizza Arnofia


blokBojonegoro.com - Dalam peringatan puncak Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XVI yang dipadukan dengan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-47 Bojonegoro Tahun 2019,  diselenggarakan di lapangan Desa Padang, Kecamatan Trucuk, Selasa (5/11/2019), juga ada stand industri kreatif di Bojonegoro.

[Baca juga: Upaya Tingkatkan Semangat Gotong Royong Melalui PKK ]

Tampak begitu dipadati oleh keramaian stand-stand bazar dari berbagai Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro, salah satunya stand kerajinan gerabah khas Desa Rendeng, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro turut pula ramaikan agenda.

"Dalam stand bazar kali ini Kelompok PKK Desa Rendeng menampilkan kerajinan gerabah khas Desa Rendeng, Kecamatan Malo yang digadang sebagai kecamatan penghasil gerabah terbesar di Kabupaten Bojenegoro," ujar penjaga stand, Yuli kepada blokBojonegoro.com.

Yuli menambahkan, tanah dari Malo itu mengandung kaolin yang berasal dari pegunungan Malo, jadi tanah kaolin itu bagus untuk pembuatan gerabah karena cepat melekat. Sisi lain ditularkan juga keahlian yang sudah turun temurun," terang Yuli.

Proses pembuatan gerabah tidak hanya sekadar membuat, namun mengunakan tiga teknik yang digunakan oleh pengrajin gerabah khas Malo. Di antaranya, teknik manual, teknik mencetak patung yang akan disatukan dengan gypsum dan teknik memutar.

"Awalnya memang keahlian ini turun-temurun dari nenek moyang kami. Di samping itu dari PKK Desa Rendeng bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) serta melakukan pelatihan dari Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI) sebagai bahan pertimbangan," imbuh Yuli.[liz/ito]

Tag : bulan, bakti, pkk, rendeng, malo, trucuk



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini