19:00 . Orang Sembuh dari Covid-19 Terus Bertambah, Hari ini ada 1 Orang   |   18:00 . Petani Desa Sumengko Pilih Tanam Semangka, ini Alasannya...   |   17:00 . 15 Menit Lagu Jadi Langsung Record, Video Clip Ambil Konten Lokal   |   16:00 . Siap-siap New Normal, Pondok Pesantren Disterilkan   |   15:00 . Jaga Kebugaran Fisik Atel Latihan Online   |   14:00 . Akhir Pekan, Harga Buyback Emas Merosot Rp16.000   |   13:00 . Disdik Himbau Sekolah Tak Adakan Perpisahan   |   12:00 . 3 Reaktif Rapid Test Pasar Kedungadem, Sugihwaras dan Ngraho   |   11:00 . Bupati Ana Pantau Langsung Rapid Test di Pasar   |   10:00 . Lagi, Pedagang 3 Pasar Tradisonal di Rapid Test   |   09:00 . Mantabkan Ketahanan Pangan, Kodim Bojonegoro Tanam Padi Perdana di lahan Demplot   |   08:00 . Ular Sanca Besar Hebohkan Warga   |   07:00 . Tips buat yang Mulai Tertarik Berkebun di Rumah demi Ketahanan Pangan   |   21:00 . New Normal untuk Pesantren, Begini Kata Wagub Emil   |   20:00 . Merekatkan Persatuan Bangsa, Polisi Kawal Kampung Siaga   |  
Sun, 07 June 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 06 November 2019 15:00

Banyak Desa Mutasi Perangkat, DPMD: Seharusnya Ini Peran Camat

Banyak Desa Mutasi Perangkat, DPMD: Seharusnya Ini Peran Camat

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Beberapa desa di Kabupaten Bojonegoro nekat melakukan mutasi perangkat desa atau pengisian kekosongan perangkat desa khususnya jabatan Sekretaris Desa (Sekdes) dengan menggeser jabatan perangkat desa untuk menempati kursi Sekdes. Padahal, Peraturan terkait mutasi perangkat desa masih dalam proses penggodokan.

Menanggapi hal itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro memang membenarkan adanya beberapa desa yang melakukan mutasi perangkat desa. Bahkan 217 kursi Sekdes yang kosong sudah ada sekitar 4 desa yang sudah melakukan mutasi perangkat desa.

"Kemarin sudah ada beberapa desa di Kecamatan Kapas yang sudah melakukan mutasi perangkat desa, terkait jumlah pastinya kita belum ada rekapan," ujar Kabid Bina Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro, Iramada Zulaikah.

DPMD Kabupaten Bojonegoro sebenarnya sampai saat ini masih menahan desa yang akan melakukan mutasi perangkat desa. Lantaran, peraturannya baru akan dibahas dengan Bupati Bojonegoro.

Mengenai beberapa desa yang sudah melakukan mutasi perangkat Desa, Ira menegaskan tidak ada sanksi yang mengatur terkait pelanggaran melakukan mutasi. Namun ia menerangkan bahwa seharusnya yang mempunyai peran adalah Camat masing-masing.

"Ini seharusnya peran camat untuk memberikan pemahaman, padahal dari kita sudah jelas jangan melakukan pengisian perangkat desa khususnya Sekdes dengan cara mutasi dahulu," lanjutnya kepada blokBojonegoro.com.

Dalam hal ini DPMD tidak bisa berbuat apa-apa. Sebab terkait seleksi perangkat desa sepenuhnya adalah wewenang dari masing-masing desa.

DPMD juga berpesan agar desa yang kursi Sekdesnya kosong segera melakukan pengisian. Sebab kosongnya kursi Sekdes sedikit dirasakan atau tidak turut berpengaruh dalam hal berjalanya progam desa.

"Kalau kita tetap mengintruksikan agar segera melakukan pengisian, tetapi syaratnya jangan sampai melanggar peraturan yang ada," tungkasnya.[din/col]

Tag : Perangkat desa, sekdes, mutasi


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat