07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Banyak Desa Mutasi Perangkat, DPMD: Seharusnya Ini Peran Camat

blokbojonegoro.com | Wednesday, 06 November 2019 15:00

Banyak Desa Mutasi Perangkat, DPMD: Seharusnya Ini Peran Camat

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Beberapa desa di Kabupaten Bojonegoro nekat melakukan mutasi perangkat desa atau pengisian kekosongan perangkat desa khususnya jabatan Sekretaris Desa (Sekdes) dengan menggeser jabatan perangkat desa untuk menempati kursi Sekdes. Padahal, Peraturan terkait mutasi perangkat desa masih dalam proses penggodokan.

Menanggapi hal itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro memang membenarkan adanya beberapa desa yang melakukan mutasi perangkat desa. Bahkan 217 kursi Sekdes yang kosong sudah ada sekitar 4 desa yang sudah melakukan mutasi perangkat desa.

"Kemarin sudah ada beberapa desa di Kecamatan Kapas yang sudah melakukan mutasi perangkat desa, terkait jumlah pastinya kita belum ada rekapan," ujar Kabid Bina Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro, Iramada Zulaikah.

DPMD Kabupaten Bojonegoro sebenarnya sampai saat ini masih menahan desa yang akan melakukan mutasi perangkat desa. Lantaran, peraturannya baru akan dibahas dengan Bupati Bojonegoro.

Mengenai beberapa desa yang sudah melakukan mutasi perangkat Desa, Ira menegaskan tidak ada sanksi yang mengatur terkait pelanggaran melakukan mutasi. Namun ia menerangkan bahwa seharusnya yang mempunyai peran adalah Camat masing-masing.

"Ini seharusnya peran camat untuk memberikan pemahaman, padahal dari kita sudah jelas jangan melakukan pengisian perangkat desa khususnya Sekdes dengan cara mutasi dahulu," lanjutnya kepada blokBojonegoro.com.

Dalam hal ini DPMD tidak bisa berbuat apa-apa. Sebab terkait seleksi perangkat desa sepenuhnya adalah wewenang dari masing-masing desa.

DPMD juga berpesan agar desa yang kursi Sekdesnya kosong segera melakukan pengisian. Sebab kosongnya kursi Sekdes sedikit dirasakan atau tidak turut berpengaruh dalam hal berjalanya progam desa.

"Kalau kita tetap mengintruksikan agar segera melakukan pengisian, tetapi syaratnya jangan sampai melanggar peraturan yang ada," tungkasnya.[din/col]

Tag : Perangkat desa, sekdes, mutasi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat