22:00 . Besok Pilkades Digelar, Tak Ada Lonjakan Penumpang Turun di Terminal   |   21:00 . Tak Ada Ujian Susulan, 369 Peserta SKD Dinyatakan Gugur   |   20:00 . BKPP Bojonegoro Umumkan Hasil SKD CPNS Akhir Februari   |   19:00 . 213 ASN Eselon III Bakal Ikuti Asessment di Jakarta   |   18:00 . Mahasiswa STIE Cendekia Kunjungi Lapangan Banyu Urip   |   17:00 . Duh...! Politik Uang Masih Jadi Tren Cakades?   |   16:00 . Tanggul Jebol, 135 Hektar Tanaman Padi Siap Panen Terancam Gagal Panen   |   15:00 . Cerita Mahasiswa Asal Bojonegoro Saat Virus Corona Mewabah   |   14:00 . 500 Sak Disiapkan untuk Perbaiki Tanggul Kali di Kanor yang Jebol   |   13:00 . Survei, PDPM Ungkap Pencalonan Kades   |   12:00 . Sensus Penduduk 2020 Dimulai, Pemkab Bojonegoro Siap Dukung   |   11:00 . Bupati Sambut 1.039 Personel BKO untuk Pengamanan Pilkades Serentak   |   10:00 . Pemkab Bojonegoro Siap Dukung Sensus Penduduk 2020   |   09:30 . Hujan, Bengawan Solo Masuk Siaga Hijau   |   09:00 . Semangati Kiai Kampung, Gusdurian Berikan Sepeda dan Peralatan Ibadah   |  
Tue, 18 February 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 19 November 2019 10:30

Lokakarya Media Periode III 2019

Media Cetak Tergerus, Media Digital Tak Mudah Bertahan

Media Cetak Tergerus, Media Digital Tak Mudah Bertahan

Reporter: Nur Muharrom

blokBojonegoro.com - Perkembangan dunia digital saat ini sudah sangat kentara sekali, baik untuk komunikasi hingga memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk juga membantu manusia dalam beraktivitas sehari-hari.

Saat ini generasi milenial yaitu kelompok yang lahir antara tahun 1980 hingga 2010 atau berusia di bawah 40 tahun mendominasi penggunaan internet. Hal itu dikatakan oleh Direktur Riset dan Data (KataData.co.id), Heri Susanto, saat menyampaikan materi pada Lokakarya Media Periode III 2019, SKK Migas - KKKS Jabanusa.

Dikatakan Heri, kehadiran media online yang menawarkan berita cepat membuat oplah dan iklan media cetak menurun drastis. Dampaknya tak sedikit media cetak yang gulung tikar. Baik itu media cetak tabloid, koran hingga majalah.

"Sehingga tak sedikit media tersebut mengurangi tenaga kerja," kata Heri.

Meski media online atau digital saat ini menggeser cetak. Tantangan media online masih belum berhenti, lantaran dunia internet kian hari terus berkembang dan tumbuh.

Tantangan berat media digital, kata Heri di hadapan awak media, di antaranya adalah persaingan ketat sesama media online, media online juga bersaing dengan facebook dan google, juga termasuk sulit mendapat penghasilan dari iklan, selain itu banjir informasi membuat kredibilitas berita merosot. "Jadi media saat ini itu harus bisa menemukan bisnis atau model yang tepat agar bisa terus bertahan dan hidup," jelas mantan jurnalis ini.

Saat ini, papar Heri, perusahaan media harus mencari formula atau model yang tepat agar bisnisnya bisa bertahan, karena lawannya untuk mendapat iklan adalah facebook dan google.

"Kita bisa lihat iklan di facebook dan google sangat banyak, kadang kita juga ikut iklan di situ, jadi yang di lawan media saat ini adalah raksasa facebook dan google," ungkat Heri Susanto, dari katadata.co.id. [mu]

Tag : dunia digital, media digital, tantangan media digital


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat