18:00 . Tahun 2020, Puluhan Miliaran Digolontorkan untuk Madin   |   16:00 . Histeris.....!!! Saat Satu Orang Ikut Terbang Bersama Layangan Naga   |   15:00 . Harga Logam Mulia Meroket Tajam, Masyarakat Banyak Ajukan Buyback   |   14:00 . Sidang Ke IV, Para Tergugat I,II,III dan IV Bacakan Tanggapanya Terkait PI Blok Cepu   |   13:00 . Masker Medis Mulai Kembali Diburu Masyarakat   |   12:00 . Hampir Tak Mendaftar, 2 Jam Ngebut Rekaman dan Bikin Video Clip   |   11:00 . Murid Peristiwa Harmonni Masuk Finalis Campus Harmony 2020, Ayo Dukung...!   |   10:00 . Pancaroba, BPBD Himbau Masyarakat Mewaspadai Hujan Disertai Angin Kencang   |   09:00 . Kekeringan di Bojonegoro Diprediksi Tak Separah 2019   |   08:00 . Layanan Rapid Tes Dialihkan di Puskesmas   |   07:00 . Orangtua Perlu Tahu, 4 Tips Ajari Anak Saat Belajar Online   |   20:00 . Gudang Oven Tembakau di Bulu Terbakar, Kerugian Capai Rp25 Juta   |   19:00 . Hujan Perdana, Petani Tembakau di Selatan Bojonegoro Was-Was   |   18:00 . Solid, Pesilat Bojonegoro Tetap Jaga Kerukunan   |   17:00 . Selama 6 Bulan, Ribuan Ahli Waris Ajukan Dana Kematian   |  
Tue, 29 September 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 19 November 2019 10:30

Lokakarya Media Periode III 2019

Media Cetak Tergerus, Media Digital Tak Mudah Bertahan

Media Cetak Tergerus, Media Digital Tak Mudah Bertahan

Reporter: Nur Muharrom

blokBojonegoro.com - Perkembangan dunia digital saat ini sudah sangat kentara sekali, baik untuk komunikasi hingga memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk juga membantu manusia dalam beraktivitas sehari-hari.

Saat ini generasi milenial yaitu kelompok yang lahir antara tahun 1980 hingga 2010 atau berusia di bawah 40 tahun mendominasi penggunaan internet. Hal itu dikatakan oleh Direktur Riset dan Data (KataData.co.id), Heri Susanto, saat menyampaikan materi pada Lokakarya Media Periode III 2019, SKK Migas - KKKS Jabanusa.

Dikatakan Heri, kehadiran media online yang menawarkan berita cepat membuat oplah dan iklan media cetak menurun drastis. Dampaknya tak sedikit media cetak yang gulung tikar. Baik itu media cetak tabloid, koran hingga majalah.

"Sehingga tak sedikit media tersebut mengurangi tenaga kerja," kata Heri.

Meski media online atau digital saat ini menggeser cetak. Tantangan media online masih belum berhenti, lantaran dunia internet kian hari terus berkembang dan tumbuh.

Tantangan berat media digital, kata Heri di hadapan awak media, di antaranya adalah persaingan ketat sesama media online, media online juga bersaing dengan facebook dan google, juga termasuk sulit mendapat penghasilan dari iklan, selain itu banjir informasi membuat kredibilitas berita merosot. "Jadi media saat ini itu harus bisa menemukan bisnis atau model yang tepat agar bisa terus bertahan dan hidup," jelas mantan jurnalis ini.

Saat ini, papar Heri, perusahaan media harus mencari formula atau model yang tepat agar bisnisnya bisa bertahan, karena lawannya untuk mendapat iklan adalah facebook dan google.

"Kita bisa lihat iklan di facebook dan google sangat banyak, kadang kita juga ikut iklan di situ, jadi yang di lawan media saat ini adalah raksasa facebook dan google," ungkat Heri Susanto, dari katadata.co.id. [mu]

Tag : dunia digital, media digital, tantangan media digital


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 20:00

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023 Asosiasi Media Siber Indonesa (AMSI) kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan kepada Wensesleus Manggut (Pemred Merdeka.com), sebagai Ketua Umum dan Wahyu Dhyatmika/Komang (Pemred Tempo), sebagai Sekretaris Jenderal periode 2020-2023 pada kongres kedua...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat