20:00 . Forkopimcam Baureno Sinergi Bantu Korban Bencana   |   18:00 . Bappeda Gelar Lokakarya Expose tentang Sanitasi Air   |   17:00 . Kemenag Hanya Jalankan Aturan, Diska Wewenag PA   |   16:00 . Pilbox Peninggalan Belanda   |   15:00 . Melihat Tradisi Nyekar Jumat Pahing   |   14:00 . Senin, Peserta Lelang Jabatan Tes Wawancara   |   13:00 . Bulog Pastikan Mutu Beras di Bojonegoro Layak   |   12:00 . Per 15 Desember KA Argo Bromo Anggrek Berhenti di Stasiun Bojonegoro   |   11:00 . Mengenal Lala, Security Wanita Gedung Pemkab   |   10:00 . Komisi C DPRD Bojonegoro Berkunjung ke Kantor PEPC   |   09:00 . Melihat Pasar Hewan di Bojonegoro Selatan   |   08:00 . Pengajian, Moment Guyub Warga Desa   |   07:00 . Tips Pekerjaan: Begini Cara Atasi Baper di Kantor   |   20:00 . Emak Emak Modin Belajar Merawat Jenazah   |   19:00 . 7 Kecamatan ini Terkena Dampak Hujan Disertai Angin Kencang   |  
Sat, 14 December 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 20 November 2019 21:00

Ansor Bojonegoro Sebut Pemuda Jadi Benteng Pengaruh Global

Ansor Bojonegoro Sebut Pemuda Jadi Benteng Pengaruh Global

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Peran pemuda dalam menghadapi tantangan dan pengaruh global, tidak bisa dipandang sebelah mata. Sehingga perhatian terhadap organisasi kepemudaan harus dilakukan pemerintah, agar para pemuda berdaya dan produktif menjadi benteng pengaruh global.

"Organisasi kepemudaan itu pasukan elit sebagai benteng pengaruh global. Pemuda sekarang tanpa sadar banyak yang terjebak budaya global, mindset dan lifestyle," kata ketua PC GP Ansor Bojonegoro, Jawa Timur, saat menjadi narasumber 'Temu Wicara Organisasi Kepemudaan' yang diadakan Dinas Pemuda dan Olahraga, Rabu (20/11/2019).

Sahabat Mustakim menyampaikan kepada pemuda yang hadir mewakili organisasi kepemudaan di Kota Ledre, kalau kekuatan besar ada pada diri para pemuda. Sehingga pemuda berperan penting dalam membentengi arus globalisasi.

"Pemuda secara umum adalah kekuatan moral, kontrol sosial dan agen perubahan, karena organisasi kepemudaan sebagai porosnya. Untuk itu pemuda harus bersinergi dengan stakeholder yang membidangi kepemudaan," terangnya yang juga mantan ketua DPD KNPI Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Sementara itu narasumber lainnya sekretaris komisi A DPRD Kabupaten Bojonegoro, Miftahul Huda menyampaikan pentingnya membangun sinergi organisasi kepemudaan. Baik dalam pengambilan peran dan tanggungjawab sosial dalam rangka keterlibatan percepatan pembangunan Bojonegoro di semua bidang.

"Struktur maupun Infrastruktur kepemudaan harus segera mungkin terbenahi dengan baik. Baik dari sisi kelembagaan organisasi kepemudaan yang ada, maupun arah visi misi dan program yang dicanangkan masing-masing organisasi yang ada, serta peningkatan kapasitas SDM pengurus," ungkap politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Takul, panggilan Miftakhul Huda yang juga mantan ketua PC IPNU Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur menyebut dalam Peraturan daerah nomor 1 tahun 2019 tentang kepemudaan itu sebagai bagian dari dasar dan acuan dalam arah pembangunan kepemudaan.

Termasuk Undang-undang nomor 40 tahun 2009, tentang kepemudaan, dan juga peraturan pemerintah nomor 41 tahun 2011, tentang pengembangan kewirausahaan dan kepeloporan pemuda serta penyediaan prasarana dan sarana kepemudaan.

Sehingga pemuda merupakan asset bangsa, yang kedepannya diharapkan melanjutkan estafet kepemimpinan dan pelaku pembangunan di semua lini.

Melalui diskusi kepemudaan ini, menegaskan komitmen pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam upaya untuk memberikan ruang penuh dalam keterlibatan percepatan pembangunan di Bojonegoro disemua lini.

"Tanggungjawab pemerintah itu diantaranya melakukan penyadaran, pemberdayaan, dan pengembangan potensi pemuda. Serta keseimbangan penyiapan kebutuhan sarana dan prasarana, guna pembangunan kepemudaan menjadi tanggung jawab pemerintah dalam hal ini, Pemkab Bojonegoro," jelasnya.

Dalam Perda tentang kepemudaan tersebut menjelaskan peran aktif pemuda menjadi modal tersendiri yang didalamnya terdapat tiga aspek yakni menjadi kekuatan moral, kontrol sosial dan agen perubahan.

Sedangkan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bojonegoro, Dandi Suprayitno menambahkan, dengan adanya forum ini diharapkan mampu membangun inovasi, serta suara dari pemuda. Yang selanjutnya melalui tahapan riil. Tidak ada perbedaan tujuan maupun persepsi.

"Bagaimanapun kaum muda Bojonegoro, sebagai penerus tentu perlu sinergi. Bahwa dialog itu penting, substansi serta tujuan adalah hal yang utama. Kami sebagai pemangku kebijakan tentu tujuan dan harapan yang utama mengajak pemuda untuk berkiprah," pungkasnya. [zid/ito]

Tag : Diksusi, pemuda, ansor


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Thursday, 12 December 2019 00:00

    Inilah Cara Ibu Melenial Memperingati Hari Ibu

    Inilah Cara Ibu Melenial Memperingati Hari Ibu Ada hal yang beda dalam pertemuan Arisan Rutin ibu PKK Gg. Namlo RT.04/RW.01 Kelurahan Mojokampung Bojonegoro. Dalam pertemuan kali ini dikemas dengan memperingati hari ibu, para ibu PKK sangat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat