18:00 . Mulai 1 April, ASN di Bojonegoro Diwajibkan Gunakan Udheng Samin   |   16:00 . Usai Tenggak Miras Oplosan, Tiga Warga Bojonegoro Meregang Nyawa   |   15:00 . Mentan Andi Sulaiman Tinjau Gerakan Pompanisasi di Bojonegoro   |   13:00 . Pj Adriyanto Berharap Semua Kepala Desa Bergerak Aktif Membangun Daerah   |   19:00 . Fatayat NU Balen, Bojonegoro Bagikan Ratusan Takjil ke Pengguna Jalan   |   18:00 . Cegah Perang Sarung, Kapolres Bojonegoro: Pastikan Anak-anak Tak Pulang Larut Malam   |   17:00 . KAI DAOP 8 Tambah 11 Kereta Api Jelang Mudik Lebaran   |   15:00 . Seorang Guru di Bojonegoro Diduga Lecehkan Siswanya   |   08:00 . Jumlah Buaya di Bengawan Solo, Bojonegoro Diperkirakan 10 Ekor Lebih   |   22:00 . Hadiri Rapat Paripurna DPRD, Pj Bupati Bojonegoro Paparkan LKPJ Tahun 2023   |   21:00 . Fakta Persidangan Pengeroyokan di Bojonegoro : Pelaku dan Korban Sama Cari Musuh   |   20:00 . Dari Aku Perempuan Untukmu Perempuan   |   19:00 . Sidang Pengeroyokan di Bojonegoro, Ibu Korban Minta Pelaku Dihukum Mati   |   18:00 . Bojonegoro Diprediksi Surplus Beras Bulan Maret dan April   |   17:00 . Inspeksi Rumah Terancam Longsor, Pj Bupati Bojonegoro : Kami Sarankan Relokasi   |  
Tue, 19 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

PT Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field Libatkan Stekholder Latih PKDB

blokbojonegoro.com | Wednesday, 20 November 2019 15:00

PT Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field Libatkan Stekholder Latih PKDB

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Potensi bencana yang ada di Kabupaten Bojonegoro menjadi ancaman bersama, termasuk bencana akibat eksploitasi migas. Sehingga PT Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field mengadakan pelatihan Penanggulangan Keadaan Darurat dan Bencana (PKDB), Table Top Exercise (TTX) 2019 dengan melibatkan stekholder terkait.

Kegiatan yang berlangsung Rabu-Kamis (20-21/11/2019), di hotel Aston Bojonegoro, dengan peserta dari Kodim 0813 Bojonegoro, Polres, Satpol PP, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan media. Serta 5 orang perwakilan Pemerintah Desa Ngampel, Campurejo dan Sambiroto, termasuk dari kecamatan setempat dan Kabupaten Bojonegoro.

Hal itu diungkapkan Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0813 Mayor Inf Hairil Achmad, kalau Kabupaten Bojonegoro memikili potensi bencana seperti banjir, kebakaran hutan, angin kencang, dan bencana akibat eksploitasi migas.

"Tidak terjadi bencana terutama di wilayah industri migas. Karena kejadian (bencana) itu akan merugikan Pertamina dan masyarakat," harap Kasdim.

Sehingga melalui pelatihan ini sangat perlu untuk mengantisipasi seandainya terjadi hal-hal yang disebabkan proyek migas yang ada di Kota Ledre. Mulai kesiapsiagaan terhadap bencana, pengetahuan terkait bencana dan apa yang dilakukan ketika bencana terjadi.

Kegiatan pelatihan teknis penanggulangan keadaan darurat dan bencana ini salah satu tujuannya untuk mengantisipasi apabila terjadi bencana. Pasalnya Migas di Bojonegoro penyumbang besar produksi nasional migas di Indonesia.

Pelatihan ini untuk menghadapi kejadian yang sebenarnya di lapangan jika terjadi hal yang membahayakan di wilayah Bojonegoro, terutama di lingkungan minyak.

"Harapannya bisa memberi manfaat kepada aparat, instansi terkait dalam menanggulangi bencana yang terjadi, baik dari faktor lingkungan, maupun kesengajaan yang dilakukan oknum," ungkapnya.

Sementara Pjs Field Manager Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field, Jason W Purba menjelaskan, kegiatan pelatihan dalam hal penanganan bencana ini meskipun sudah dilakukan setiap saat, namun masih perlu dilakukan guna membangun komunikasi antar muspika.

"Setelah adanya pelatihan ini, kedepan mudah-mudahan bisa tahu kedepannya tugas dan tanggung jawab masing-masing seperti apa. Sehingga jika terjadi bencana masyarakat tidak terjadi kepanikan," terang Jason.

Apalagi saat ini, Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field sebagai operator lapangan Sukowati dalam waktu dekat akan melakukan kegiatan pengeboran sumur injeksi i003. Sesuai dengan analisa dampak lingkungan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut memiliki resiko sendiri.

"Dari kegiatan tersebut, pasti ada resiko. Untuk meminimalisir adanya resiko tersebut sehingga kami melakukan latihan," jelasnya.

Sedangkan, Indarwan Harsoni, selaku Field Manager PT Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field secara terpisah menambahkan, kegiatan PKDB ini penting dan berharap semoga kegiatan ini menjadi media untuk membentuk sinergitas perusahaan dengan stakeholders dalam hal Penanggulangan Bencana.

Sekadar diketahui, produksi Sukowati Field saat ini rata-rata sebesar 9.000 barel oil per day dan produksi gas sebesar 12 MMSCFD. Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field mulai mengelola lapangan Sukowati pada 20 Mei 2018 setelah masa kontrak operator sebelumnya Joint Operating Body Pertamina PetroChina East Java (JOB PPEJ) habis.

Pengelolaan lapangan Sukowati dibagi menjadi dua blok. Blok Sukowati dikelola oleh Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field dan Blok Mudi dikelola Pertamina Hulu Energi Tuban East Java. [zid/ito]

Tag : pkdb, kodim, pertamina, ep, field, sukowati



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat