20:00 . Punya 18 Siswa, di SD Ini Ada Kelas Tanpa Murid   |   19:00 . Bahagia Tidur di Kebun Pinggir Hutan Bersama Ternak   |   18:00 . Wakili Bupati, Staff Ahli Paparkan Faktor Pendukung Pembangunan Desa   |   17:00 . Hanya 1 Pendaftar CPNS Difabel, BKPP Tak Buka Kesempatan Lagi   |   16:00 . Stok Darah Melimpah, PMI Batasi Layanan DD di Tempat Umum   |   15:00 . Inilah Syarat dan Ketentuan Dana Pinjaman Bunga 0 Persen dari Pegadaian   |   14:00 . Pembangunan SDM 5 Tahun Kedepan Lebih Utama   |   13:00 . PMI Gelar Muskerkab untuk Meningkatkan Pelayanan   |   12:00 . Datangkan Ketua PBNU, IAI-UNUGIRI Perdalam Konsep Islam Nusantara   |   11:00 . EMCL Gelar Lokakarya dan Peluncuran Program Pembangunan Desa Berwawasan Kependudukan   |   10:00 . Warga Nglampin Berharap Jalan Segera Diperbaiki   |   09:00 . 2019, Jilbab Waterproof Jadi Idola Kaum Hawa   |   08:00 . Tiga Minggu UMK Ditetapkan, Disperinaker Belum Terima Penangguhan   |   07:00 . 5 Kebiasaan yang Dapat Merusak Gigi Anak   |   00:00 . Wabup Kunjungi Museum Petroleum Geo Heritage Wonocolo   |  
Tue, 10 December 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 21 November 2019 21:00

Karangtaruna Cengungklung Belajar Budidaya Klengkeng di Balitjestro

Karangtaruna Cengungklung Belajar Budidaya Klengkeng di Balitjestro

Pengirim : Iskak Riyanto*

blokBojonegoro.com - Saat ini Dinas Pertanian Bojonegoro sedang menggalakan budidaya tanaman klengkeng lewat program percontohan buah dalam menunjang agrowisata.

Dalam program ini Disperta membantu bibit klengkeng kepada karangtaruna atau kelompok tani. Salah satu karangtaruna yang mendapatkanya adalah Desa Cengungklung, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.

Untuk mempelajari cara budidayanya kartar bersama pemdes, BPD, dan PPL Kecamatan Gayam mengadakan studi banding dan bimbingan teknik di kebun percobaan Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Sub Tropik (Balitjestro) Kabupaten Probolinggo, Kamis (21/11/2019).

H Zaenal Fanani, kepala bidang produksi Dsperta Bojonegoro yang memimpin rombongan stuba dan bimtek mengatakan tahun 2019 ini Disperta memberikan bantuan bibit sebanyak 60 batang untuk kartar Desa Cengungklung, dan 325 batang untuk kelompok tani di Desa Dander, Kecamatan Dander. Ini bertujuan untuk peningkatan produktivitas dan produksi buah-buahan. "Varietasnya kateki," katanya.

Masih menurut Zaenal lagi bahwa bertanam klengkeng (kateki) sangat menguntungkan. Saat umur 3 tahun bisa berproduksi 20-25 kg/pohon.

Sementara itu kepala desa Cengungklung, Totok Hariyanto mengatakan tujuan stuba dan bimtek ini adalah untuk belajar budidaya klengkeng yang baik dan benar sehingga bisa ditiru di Desa Cengungklung dan berproduksi dengan maksimal.

"Selain itu stuba dan bimtek juga untuk meningkatkan SDM anggota kartar bidang pertanian, karena kedepanya kami juga ingin menuju desa agrowisata," kata kades 3 periode ini.

Hal yang sama juga dikatakan oleh ketua kartar Desa Cengungklung, Mahsun, mengatakan tujuan stuba dan bimtek ini untuk belajar bersama anggota kartar tentang budidaya klengkeng. "Bantuan bibit klengkeng dari Disperta kita jadikan sebagai pemberdayaan anggota kartar," katanya.

Mahsun menambahkan kartar yang ia pimpin mendapatkan bantuan bibit varietas kateki sebanyak 60 batang. "Bibit sudah dikirim, insya Allah akan kita tanam 2 minggu lagi sambil menunggu pembuatan lubang tanam.

*PPL Disperta Bojonegoro.

Tag : Petani, bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat