21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   14:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mengenal Jumlah Kebutuhan dan Manfaat Air Putih untuk Si Kecil

blokbojonegoro.com | Friday, 22 November 2019 07:00

Mengenal Jumlah Kebutuhan dan Manfaat Air Putih untuk Si Kecil

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Air putih merupakan cairan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, air putih pun juga menjadi salah satu hal yang dapat memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan tubuh si Kecil.

Tapi pernahkah Moms berpikir berapa jumlah air putih yang si Kecil butuhkan untuk tiap harinya? Apakah jumlahnya sama dengan yang dibutuhkan oleh orang dewasa sekitar 8 gelas per hari?

Berdasarkan pengalaman sendiri, ketika anak saya sulit sekali minum air putih, hal ini pun mulai menjadi perhatian saya. Ternyata jumlah air putih yang dibutuhkan tiap orang berbeda ya Moms, jumlah air putih untuk si Kecil pun juga tentu saja berbeda dengan jumlah kebutuhan orang dewasa. Hal ini dikarenakan beberapa faktor yang mempengaruhinya, yaitu usia, berat badan, dan aktivitas yang dilakukan si Kecil tiap harinya.

Cara menghitung jumlah air putih yang harus di konsumsi si Kecil

Karena jumlah air putih untuk tiap orang berbeda berikut adalah rumusan yang mungkin dapat membantu Moms untuk menentukan berapa liter air putih untuk tiap harinya.

1. Untuk si Kecil yang masih ASI

Rumusan untuk si Kecil yang masih meminum ASI, kebutuhannya dapat dibagi dua, karena ASI mengandung 80 persen air. Moms dapat mengalikan 30 di kali berat badan si Kecil (kg) kemudian dibagi 2.

2. Untuk si Kecil yang lepas ASI

Moms dapat mengalikan 30 dikali berat badan (kg) si Kecil. Rumusan detailnya seperti pada gambar yang saya berikan.
Manfaat air putih untuk kesehatan si Kecil

1). Mencegah jamur berkembang biak pada mulut
2). Mengurangi sembelit
3). Menjaga kesehatan kulit
4). Menghindari dehidrasi
5). Meningkatkan kinerja otak dan otot
6). Mencegah kerusakan gigi

Walaupun si Kecil biasanya akan menolak jika diberi air putih, rasanya yang tawar sampai belum sempurnanya kemampuan si Kecil untuk menelan cairan menjadi salah satu faktor alasannya. Nah, Moms bisa memberi irisan buah di dalam segelas air putih untuk si Kecil agar memberi rasa, namun jangan biasakan si Kecil meminum minuman manis karena hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan si Kecil. Biasakan si Kecil minum air sebelum dan sesudah makan, juga saat baru bangun tidur agar tubuhnya tercukupi cairan.

Waktu yang paling tepat untuk memulai mengenalkan si Kecil dengan air putih adalah saat si Kecil memulai MPASI pertamanya. Untuk bayi ASI di bawah 6 bulan, air putih sebenarnya tidak terlalu diperlukan karena ASI sudah mengandung 80 persen air. Cairan pada tubuh pun bisa didapatkan dari selain dari air putih, seperti kuah sayur atau pun air pada buah, namun tetap air putih adalah cairan yang paling baik untuk tubuh.

Setelah mengetahui jumlah, manfaat, dan tips agar si Kecil rajin minum air putih, mulai sekarang Moms dapat mengajak si Kecil minum air putih lebih sering lagi, ya.

*Sumber: kumparan.com.

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat