22:00 . Awal Pekan, Harga Logam Mulia Merosot   |   21:00 . Gadai Mobil Meningkat Tajam Saat Pandemi   |   20:00 . H+2 Lebaran Pasien Postif Covid-19 Tambah 6   |   19:00 . 185 Juta Dianggarkan untuk Pembangunan 2 Makam TMP   |   17:00 . Terus Menyusut, Puluhan ASN Pemkab Bojonegoro Pensiun   |   16:00 . Pencurian Listrik Masih Marak, PLN UP3 Bojonegoro Merugi Rp928 Juta   |   14:00 . PLN Kembali Aktifkan Petugas Baca Meter   |   13:00 . BKPP Lakukan E-Formasi untuk Pengajuan Formasi CPNS 2020   |   11:00 . Buka Usaha Dari Bisnis Hantaran, Hasilnya Cukup Menjanjikan   |   10:00 . Musim Kemarau Bojonegoro Bakal Lebih Panjang Tahun 2020 ini   |   09:00 . H+2 Lebaran, Bojonegoro Dibayangi Hujan Petir Pada Malam   |   08:00 . Pelayanan Pegadaian Libur Sementara, Buka Kembali 26 Mei   |   07:00 . Cara Sederhana Meningkatkan Kekebalan Tubuh   |   22:00 . Modal 100 Ribu, Wanita ini Sukses Usaha Seblak dan Baso Aci Instan   |   21:00 . Warga di Dusun ini Menjaga Silaturahmi Antar Umat Agama   |  
Tue, 26 May 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 23 November 2019 08:00

HUT ke-74 Provinsi Jatim dan HJB ke-342

Semalam Suntuk Pagelaran Wayang Kulit Hibur Warga Bojonegoro

Semalam Suntuk Pagelaran Wayang Kulit Hibur Warga Bojonegoro

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Masih dalam rangka  memperingati HUT ke-74 Provinsi Jatim dan Hari Jadi Kabupaten Bojonegoro (HJB) ke-342, pagelaran wayang kulit semalam suntuk hibur warga Bojonegoro. Wayang yang didalangi oleh Ki Rudi Gareng dari Blitar dengan lakon "Mbangun Candi Sapto Argo" turut dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro, Kepala Bakorwil Bojonegoro, Sekda, Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Provinsi Jatim, Forkopimda, Kepala OPD, dan Ketua FKUB Bojonegoro Jumat, (22/11/2019) bertempat di depan gedung Bakorwil Bojonegoro.

Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah dalam sambutannya menyampaikan, pagelaran wayang kulit ini sebagai wujud nguri-uri budaya untuk tetap melestarikan budaya Jawa.

"Kita harus bangga, karena wayang kulit ini adalah produk seni budaya asli Indonesia yang sudah tercatat dan diakui oleh UNESCO salah satu badan PBB dibidang pendidikan, kelimuan, dan kebudayaan," kata Bupati.

Dengan menonton dan meresapi cerita  pewayangan, masyarakat akan semakin cinta dengan wayang, dimana banyak nilai-nilai luhur, pitutur, yang bisa dipetik dalam sendi-sendi kehidupan yang nyata sekarang ini. "Merah hijaunya dunia ini sebenarnya ada di dalam cerita pewayangan," imbuhnya.

Kepala Bakorwil Bojonegoro Abimanyu Ponco Atmojo  Iswinarno menyampaikan, bahwasanya pagelaran wayang ini bagian dari sembilan program unggulan Ibu Gubernur Jatim "Nawa Bhakti Satya" yaitu Jatim Harmoni, yang berarti harmoni sosial, harmoni pengulangan dan pelestarian kebudayaan yang diwujudkan dalam pagelaran wayang di Kabupaten Bojonegoro ini.

Secara ringkas cerita wayang dalam lakon "Mbangun Candi Sapto Argo" ini adalah membangun mental manusia, dimana terjadi peperangan antara Pandawa dan Kurawa, sehingga  Pandawa diungsikan, saat diungsikan, Arjuna meminta petuah kepada Semar, dan Semar memberikan petuah bijak yaitu "Perbaikilah manusianya, dandani mental manusianya".

"Hal ini sangat relevan sekali dengan gerakan Nasional Revolusi Mental," ujar Abimanyu. [ito/mu]

Tag : wayang, kulit, bojonegoro, jatim


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat