20:00 . BLT DD Tahap Kedua di Bojonegoro Mulai Cair   |   19:30 . 1 Orang Positif Covid-19 di Bojonegoro Dinyatakan Sembuh   |   19:00 . Pembunuhan Terhadap Janda, Terdakwa Divonis 12 Tahun Penjara   |   18:00 . Usai Lebaran, Tren Gadai Barang Kembali Ramai   |   17:00 . Pembatasan Wilayah, ini Dampaknya bagi Perusahaan Jasa Travel   |   16:00 . 1.361 CJH Batal Berangkat Jadi Prioritas Berangkat Haji Tahun Depan   |   15:00 . Diduga Peras Kades, 2 Oknum LSM Dicokok Polisi di Warung Kopi   |   14:00 . Pasein Covid-19 di RS Bhayangkara Wahyu Tetuko Diberikan Terapi Pernapasan   |   13:00 . Ribuan CJH Asal Bojonegoro Gagal Berangkat Tahun ini   |   12:00 . Pasca Lebaran, Omzet Pedagang Daging Sapi Menurun Drastis   |   11:00 . 12 Instansi Ikuti Penandatangan MoU Mall Pelayanan Publik   |   10:00 . Santunan Jasa Raharja untuk Korban Cacat Tetap Menempati Posisi Paling Rendah   |   09:00 . Kejaksaan Negeri Bojonegoro Menuju Predikat WBK 2020   |   08:00 . Melihat Proses Pembuatan Jajanan Jadul 'Ladu'   |   07:00 . Cegah Covid-19, Perlukah Tahan Napas saat Berdekatan dengan Orang?   |  
Tue, 02 June 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 01 December 2019 21:00

GM blokTuban.com Jadi Trainer di Pelatihan Cek Fakta AJI dan GNI

GM blokTuban.com Jadi Trainer di Pelatihan Cek Fakta AJI dan GNI

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bojonegoro menggelar pelatihan cek fakta di Hotel Aston, Bojonegoro, selama dua hari, 30 November - 1 Desember 2019. Acara ini digelar bekerjasama dengan AJI Indonesia, Google News Inisiative (GNI)  dan Internews.

Selama dua hari, sekitar 30 jurnalis dipandu oleh dua trainer terverifikasi google: Edy Purnomo, General Manager (GM)/Pimpinan Umum blokTuban.com (member of Blok Media Group) asal Kabupaten Tuban dan Eko Widianto, Pimpinan Redaksi Terakota.id dari Malang.

Hari pertama, peserta diajak berdiskusi tentang ragam Mis-Disinformasi, mendeteksi berita bohong dan situsnya, mendeteksi asal muasal foto, serta memverifikasi informasi-informasi yang tersebar di dunia maya.

Hari ke dua, peserta diajak untuk mengoptimalkan pemanfaatan peta online untuk mendeteksi tempat dan daerah suatu peristiwa, mendeteksi keaslian dan muasal video, memperkirakan waktu dari foto yang dilihat, serta keamanan digital.

 "Selama dua hari, peserta berdiskusi tentang ragam Mis-Disinformasi, dan juga memanfaatkan tols-tols yang tersedia di internet untuk melakukan verifikasi keberadaan suatu informasi secara mandiri," jelas Edy.

Eko Widianto juga mengungkapkan hal yang sama. Tols-tols yang didapat selama pelatihan dua hari ini bisa didapatkan dengan mudah di internet. Eko juga memutar satu video yang berisi cerita tentang media besar yang pernah memanfaatkan tols-tols yang dipelajari peserta pelatihan untuk mengungkap kasus penembakan yang saat itu dituduhkan oleh Boko Haram.

Sekretaris AJI Bojonegoro, Khorij Zaenal Assrori mengatakan, kegiatan Ini merupakan rangkaian agenda Google News Initiative Training yang dilakukan di berbagai kota di Indonesia.

"Para jurnalis diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan di bidang teknologi digital" ungkapnya, minggu (1/12/2019).

Kegiatan ini merupakan yang kedua, sebelumnya pada Jumat 29 November kemarin, AJI, Google Initiative dan Internews juga menggelar kegiatan serupa di Kampus Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro.

"Yang ini pesertanya dari kalangan wartawan, mahasiswa, pers kampus, penggiat media sosial, dan masyarakat umum” tambahnya. [saf/ito]

Tag : pelatihan, cek, fakta, aji, bojonegoro, gni


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat