20:30 . IKAMI ATTANWIR: Terima Kasih Semuanya   |   20:00 . Hebat..! Serba Pertama dan Istimewa di Ponpes Attanwir   |   16:00 . Anjlok, Harga Telur Ayam Capai Rp15 Ribu Per Kilogram   |   15:00 . Pemdes Sukorejo Tunggu Survei Pemkab untuk Pemekaran Desa   |   14:00 . Kalahkan Keterbatasan, Penyandang Disabilitas Antusias Ikuti Vaksinasi   |   11:00 . Ribuan Siswa di Ngasem Jadi Target Vaksinasi PDIP Bojonegoro   |   07:00 . Kena Diabetes, Waspadai Hiperglikemia   |   04:00 . Sah..! Irfan Terpilih Aklamasi Jadi Ketua PW IPNU Jatim   |   23:00 . H. Nurhadi Ridlwan Terima Buku Sejarah IPNU   |   22:00 . Sarasehan Majelis Alumni IPNU Jatim, Transformasi dari Ikatan Jadi Gerakan   |   21:00 . Munas-Konbes, PBNU Putuskan Muktamar Digelar 23-25 Desember 2021   |   20:00 . Jodohkan Pemuda Bertalenta dan Klien, Pemprov Fasilitasi Millenial Job Center   |   19:00 . Wagub Emil: IPNU dan IPPNU Saat ini Generasi Milenial   |   18:00 . Hadir di Pelantikan Pengurus Rayon PMII Raden Paku UNUGIRI, Disdik Sampaikan Ini   |   17:00 . Wihadi Wiyanto Bersama DPC Gerindra Bojonegoro Sukseskan Vaksinasi   |  
Sun, 26 September 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dukung Aksesibilitas Penerbangan di Wilayah NTT

Pertamina Resmikan DPPU Tambolaka

blokbojonegoro.com | Tuesday, 03 December 2019 09:00

Pertamina Resmikan DPPU Tambolaka

Reporter:

blokBojonegoro.com - PT Pertamina (Persero) resmi mengoperasikan Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Tambolaka di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa (3/12). Peresmian ini dilakukan oleh Senior Vice President Corporate Marketing Business Pertamina, Ferdy Novianto.

 

Dia didampingi Kusuma Wibowo selaku Vice President Operation Service, dan Werry Prayogi General Manager Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V. 

 

Hadir pula Wakil Bupati Sumba Barat Daya, Marthen Christian Taka, S.I.P, Direktur Utama Patra Logistik, Bimo Wicaksono, serta New Venture Division Head Patra Niaga, Faisal Barida.

 

Fasilitas DPPU yang diresmikan pada hari ini meliputi 4  tangki Avtur dengan kapasitas masing-masing 24.000 liter, atau total sebanyak 96.000 liter. Dengan kapasitas tersebut, mampu meningkatkan ketahanan stock Avtur di DPPU Tambolaka menjadi 17 hari. 

 

DPPU Tambolaka juga dilengkapi dengan 2 (dua) unit refueller masing-masing berkapasitas 12.000 liter untuk pengisian Avtur ke pesawat. Pembangunan dari DPPU ini merupakan hasil sinergi antara Pertamina dengan anak perusahaannya, Patra Niaga. 

 

DPPU Tambolaka mendapatkan suplai Avtur yang dikirim melalui Fuel Terminal Waingapu, yang berjarak kurang lebih 178 KM dengan menggunakan 2 unit mobil bridger dengan masing-masing kapasitas 10.000 dan 16.000 Liter.

 

Werry Prayogi menyampaikan bahwa dengan diresmikannya DPPU Tambolaka merupakan komitmen nyata dari Pertamina dalam memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh konsumen yang berada di wilayah NTT. 

 

“Indonesia adalah negara kepulauan sehingga pesawat memiliki peranan yang sangat penting dalam mobilitas masyarakat Indonesia. Pertamina harus selalu memastikan penyediaan Avtur sebagai bahan bakar pesawat sebagai energi yang dapat membuka aksesibilitas daerah-daerah kepulauan di Indonesia,” ujar Werry.

 

Pembukaan DPPU di Tambolaka merupakan hal yang sangat penting dalam melayani energi. Khususnya dalam bahan bakar penerbangan dengan memperhatikan lima aspek. Di antaranya availability (ketersediaan), accessibility (kemudahan akses), affordability (keterjangkauan), acceptability (BBM berkualitas tinggi), dan sustainability (berkelanjutan).

 

DPPU Tambolaka ini sudah beroperasi semenjak Agustus 2017. Untuk memenuhi kebutuhan Avtur yang semakin meningkat di Bandara Tambolaka, sejak Februari 2019 Pertamina melakukan pembangunan sarana dan fasilitas DPPU. 

 

“Sesuai dengan tema Pertamina menyambut HUT ke-62 tahun ini, yaitu Energi Unggul Indonesia Maju, pembukaan DPPU dengan fasilitas yang mumpuni ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan pengisian bahan bakar pesawat di DPPU Tambolaka,” tambahnya. 

 

Sementara, Marthen C. Take menyampaikan apresiasi atas pengoperasian DPPU Tambolaka ini. Pembangunan depot pesawat udara di Bandara Tambolaka merupakan langkah strategis yang diinisiasi oleh pemerintah dan juga Pertamina.

 

Tujuannya untuk peningkatan pelayanan khususnya di daerah Sumba Barat Daya. Seperti yang diketahui, Sumba Barat Daya merupakan salah satu pintu masuk wisatawan-wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

 

Pembukaan dari DPPU Tambolaka ini diharapkan dapat mendorong pengembangan daerah serta aktivitas perekonomian Pulau Sumba, sebagai bagian kepulauan di NTT. 

 

Wilayah kepulauan di NTT dikenal memiliki potensi wisata yang sangat tinggi, seperti Pulau Komodo, Labuan Bajo, dan juga Pulau Padar. 

 

Dengan adanya DPPU Tambolaka ini, diharapkan dapat mendorong berbagai macam industri, seperti perhotelan, industri kreatif, dan juga pariwisata.

 

Sekadar diketahui, saat ini Pertamina telah memiliki 68 DPPU di seluruh wilayah Indonesia yang  melayani penyediaan Avtur di bandara untuk mendukung mobilitas dan aktivitas masyarakat. Kegiatan personal, bisnis, pariwisata, logistik, perekonomian, pertahanan keamanan, serta sosial budaya semua terlayani.[ono]

 

Tag : migas, avtur, pertamina



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 02 August 2021 08:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more