Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Warga Resah Marak Tambang Pasir Liar di Bantaran Bengawan Solo

blokbojonegoro.com | Thursday, 05 December 2019 14:00

Warga Resah Marak Tambang Pasir Liar di Bantaran Bengawan Solo

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Aktivitas tambang pasir yang diduga ilegal di sepanjang bantaran bengawan solo, turut Desa Banjarejo, Kecamatan Kota Bojonegoro semakin marak.

Pasalnya menurut warga ada belasan penambang pasir yang beraktivitas di sungai bengawan solo. Dari pantauan di lapangan, tampak beberapa tumpukan pasir di dalam perahu yang berada di tepi sungai yang tak jauh dari lahan dan permukiman warga.

Warga pun resah sebab hampir setiap hari dilakukan aktivitas penambangan pasir, dampaknya tanah milik warga di bantaran sungai bengawan solo terlihat cekung.

"Setiap hari pemandangan seperti itu selalu ada setiap musim kemarau, ketika kemarau kan air sedikit jadi pasir terlihat. Sehari kadang ada 15 perahu penambang pasir, mereka datang ketika pukul 07.00 pagi, jam 12.00 siang dan sore. Warga sering sekali mengingatkan melalui speaker mushola tetapi tidak dihiraukan, dampaknya kalau intens kan tanah di bantaran bisa ambles longsor, ini depan rumah saya persis saya tanam pohon pisang antisipasi longgsor," kata Safi'i warga sekitar.

Rupanya dari satuan polisi Pamong Praja (SatPol PP) pun juga sudah sering melakukan sweeping penambang pasir liar di sekitar Desa Banjarejo, namun tak dihiraukan.

"Kalau dari satuan polisi Pamong Praja sudah pernah datang di kampung kami, ya ketika satpol PP datang mereka pergi. Nanti satpol PP selesai sweeping datang lagi rombongan penambang pasir perahu," imbuhnya. [liz/mu]

Tag : tambah pasir, tambang pasir marak, bengawan solo, pasir bengawan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini