15:00 . Baznas Anggarkan R585 Juta Lebih untuk Beasiswa SD dan SMP   |   14:00 . 36 Siswa SMPN 4 Bojonegoro Dapat Beasiswa dari Baznas   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Gelar Pelatihan Pemulasaran Jenazah Covid-19   |   11:00 . Tusuk Sate Masih Diminati Meski Jumlah Pembeli Menurun   |   08:00 . Kemarau Datang, Air Terjun Kedung Gupit Mengering   |   07:00 . Dampak Anak Nonton Youtube, Baik atau Buruk?   |   15:00 . Berkah Kurban Buat Pengepul Kulit Hewan   |   14:00 . Petani Bawang Merah di Klino Panen Raya   |   13:00 . Mantabkan Mental, Latihan Basket Digelar Seminggu 2 Kali   |   12:00 . DPRD Dorong BUMDes Jadi Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Desa   |   11:00 . DPMD: BUMDes Bisa Jadi Ketahanan Ekonomi Tiap Desa   |   10:00 . Dandim Dampingi Danrem 082/CPYJ Tinjau Bedah Rumah HUT RI   |   08:00 . Sejak Sebelum Idul Adha, Harga Pisang Masih Naik   |   07:00 . Bisa Cegah Stroke, Ini Manfaat Lain Bunga Pepaya   |   21:00 . 1 Orang Positif Covid-19 Sembuh   |  
Mon, 03 August 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 10 December 2019 23:00

MbolangBareng JuruWarta Berdasar Fakta

Profesi Terbuka, Latar Pendidikan Wartawan Beragam, ini yang Membedakan...

Profesi Terbuka, Latar Pendidikan Wartawan Beragam, ini yang Membedakan...

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Profesi merupakan pekerjaan yang dilakukan dengan komptensi dan mempunyai kode etik yang harus ditaati. Begitu juga dengan wartawan, yang merupakan profesi dengan aturan-aturan yang harus ditaati.

[Baca juga: Dewan Pers: Banyak yang Manfaatkan Keistimewaan Wartawan ]

Akan tetapi, latar belakang pendidikan wartawan berbeda dengan profesi lainnya. Jika dokter yang harus dari kesehatan, guru dari pendidikan, arsitek dari tehnik sipil, berbeda dengan wartawan bisa dilakukan dari latar belakang berbeda.

"Ada wartawan kulihanya dulu di komunikasi, kesehatan, pendidikan, sastra maupun yang lainnya. Karen wartawan memang profesi terbuka," ujar Ketua Bidang Pendidikan dan Pengembangan Profesi dari Dewan Pers, Jamalul Insan Dalam kegiatan MbolangBareng JuruWarta Berdasar Fakta yang digelar ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama Tempo Institute.

Pada kegiatan yang diikuti 29 wartawan dari Kabupaten Bojonegoro dan Tuban itu, Jamalul Insan menjelaskan, meski profesi wartawan bisa dari latar belakang yang beragam, namun yang membedakan adalah, wartawan tetap menjalankan tugasnya dengan profesional.

Menurut Jamal, wartawan mendapat keistimewaan dengan kemudahan mengakses dan bertemu dengan orang-orang penting, hal itu karena publik. Oleh karena itu, wartawan profesional harus memberikan hak publik, yakni memberikan informasi akurat, bebas intervensi, memberikan akses dan memberikan ruang aduan bagi publik.

Selain itu, wartawan yang profesional, kata Jamal, harus taat pada asas kode etik jurnalistik dan mempunyai kompetensi dengan mengikuti uji kompetensi wartawan/jurnalis.

"Ada yang mengaku belasan tahun menjadi wartawan, untuk membuktikannya, kita potret dengan uji kompetensi wartawan. Apakah memang sudah menjalankan profesi seuai dengan kompetensinya," kata Jamalul menjelaskan. [ito/mu]

Tag : dewan, pers, bojonegoro, tuban


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 20 July 2020 23:00

    Ultah 9 Tahun blokBojonegoro.com

    Inilah Juara Video Pendek New Normal

    Inilah Juara Video Pendek New Normal Sebanyak 50 video telah naik di saluran youtube blokBojonegoroTV sebagai peserta lomba video pendek dalam rangka 9 tahun blokBojonegoro.com....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat