13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Parenting Islami: Cara Terbaik Menasihati Anak Menurut Surat Luqman

blokbojonegoro.com | Saturday, 21 December 2019 07:00

Parenting Islami: Cara Terbaik Menasihati Anak Menurut Surat Luqman

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Menasihati anak harus dilakukan dengan benar. Terkait hal itu, agama Islam juga mengaturnya di dalam Al-Quran, Moms. Dalam surat Luqman dijelaskan ada beberapa poin penting yang bisa dipetik orang tua saat menyampaikan nasihat pada anak.

"Kalau kita lihat dalam surat Luqman itu ada poin unsur parenting islaminya. Karena digambarkan dalam Al-Quran seorang Luqman itu memberikan nasihat kepada anaknya," ujar Ustaz Erick Yusuf kepada kumparanMOM, Senin (16/12).

Menurut Pimpinan Dakwah Kreatif iHAQi ini ternyata Surat Luqman ini tidak hanya menjelaskan nasihat apa yang sebaiknya diberikan pada anak, tetapi juga memberikan panduan bagi orang tua dalam menyampaikan nasihat pada anak.

"Kalau kita gali lebih jauh ternyata bukan soal menasihati saja. Ternyata ini memberikan nasihat dengan cara yang baik, memberikan poin-poin kebaikan dengan cara yang baik pula. Artinya sering kali kita dalam komunikasi itu miss karena kita tidak dorong dengan cara yang baik," kata Ustaz yang juga produser film 'Hayya: the Power of Love 2'.

Jangan menasihati anak saat orang tua dalam keadaan emosi, sebab kata Ustaz Erick Yusuf, tentu anak tidak akan menangkap pesan apa yang ingin disampaikan oleh orang tuanya. Artinya saat menasihati anak, usahakan Anda menyampaikan dengan cara yang baik pula, serta dengan rasa penuh kasih sayang.

"Harusnya pesannya bener dan caranya juga bener," katanya.

Selain itu, perhatikan pula momen atau waktu saat menyampaikan nasihat pada si kecil, Moms. Tentu tidak mungkin Anda menyampaikan pesan saat mood Anda atau si kecil sedang buruk. Tidak mungkin pula menasihati anak misalnya di depan khalayak umum yang bisa menjatuhkan harga diri anak.

"Kalau dikembangkan, itu juga bukan hanya memberikan nasihat dan cara nasihat yang baik, tetapi soal waktu yang tepat juga," jelas Ustaz Erick Yusuf.

Nah, untuk menerapkan nilai-nilai ini pada anak, menurut Ustaz Erick Yusuf, diperlukan kerja sama yang baik antara ibu dan ayah. Ayah berperan sebagai orang yang menanamkan nilai-nilai kebaikan pada si kecil. Sedangkan ibu berperan sebagai pengingat anak mengenai kebaikan yang telah ditanamkan oleh ayah, Moms.

"Intinya secara garis besar bagaimana faktor ayah yang memberikan pesan secara prinsip-prinsip. Jadi, ibu yang mengingatkan anak prinsip-prinsip yang ditanamkan oleh ayahnya," katanya.

Bila orang tua bisa menerapkan cara ini pada anak-anaknya, Ustaz Erick Yusuf yakin bahwa anak akan menerima dengan baik nasihat yang disampaikan oleh orang tuanya. Sehingga si kecil mudah menerapkan nilai-nilai kehidupan terbaik yang telah diberikan oleh ibu dan ayahnya.

"Yang saya angkat di sini adalah caranya bagaimana menanamkan kebaikan, komunikasi pembicara itu membekas masuk ke dalam hati anak. Cara Luqman bicara ke anaknya dan membekas pada anaknya," ujar Ustaz Erick sambil mengakhiri perbincangan.

Jadi, ada tiga hal yang bisa Anda petik dari Surat Luqman dalam menasihati anak menurut Ustaz Erick Yusuf, Moms. Pertama, adalah isinya atau kontennya. Kedua bagaimana cara menyampaikannya dengan rasa kasih sayang dan ketiga adalah momennya.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, perenting islami



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat