17:00 . Hujan Intensitas Tinggi, Trend Debit Air Bengawan Solo Terus Naik   |   15:00 . Digemari Milenilal, Gamers PUBG Ikuti Bojonegoro Masters   |   14:00 . Masyarakat Samin Panen Raya Jagung Bersama Gubernur Jatim   |   13:00 . Gubernur Jatim Kunjungi Komunitas Samin di Margomulyo   |   12:00 . Peringati HPSN SWK Siaga Kodim Bojonegoro dan Babinsa Gelar Tanam Pohon   |   11:00 . DPKPCK Bakal Bangun Taman di Area Jembatan Trucuk   |   10:00 . Kompetisi Dimulai 6 Juni, Kuota Pemain Senior Ditambah Menjadi 5 Orang   |   09:00 . DPR RI dan Dinas Kelautan dan Perikanan Jatim Ajak Gemar Makan Ikan   |   08:00 . Kerupuk Enderese, Kuliner Khas Bojonegoro Selatan   |   07:00 . Serangan Jantung Tiba-Tiba Kerap Tidak Diketahui Penderita   |   20:00 . Beberapa Ruas Jalan Protokol Tergenang Hingga 60 CM   |   19:00 . Jalan di Kota Bojonegoro Terendam Banjir   |   17:00 . LPKP Beri Pelatihan Menghias Hantaran Ibu-Ibu Kadipaten   |   16:00 . Belajar Pertanian, Siswa SMPN 1 Balen Kunjungi Griyorojokoyo   |   15:00 . SMPN 6 Bojonegoro Siap Menyambut Adiwiyata Provinsi Jawa Timur   |  
Sun, 23 February 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 04 January 2020 11:00

Kaleidoskop 2019 (9)

Kekerasan Psikis dan Pencabulan, Dominasi Kekerasan Perempuan dan Anak

Kekerasan Psikis dan Pencabulan, Dominasi Kekerasan Perempuan dan Anak

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Kasus kekerasan perempuan dan anak di Kabupaten Bojonegoro selama tahun 2019, tercatat ada puluhan  kasus yang ditangani oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Bojonegoro.

"Total ada 50 kasus kekerasan yang tercatat oleh DP3AKB Bojonegoro selama 2019 lalu," ungkap Kepala DP3AKB Bojonegoro melalui Kasi Perlindungan Perempuan dan anak, Suharto.

Suharto mengatakan, dari total kasus itu yang ditangani yakni kenakalan anak, kasus perebutan hak asuh anak, kekerasan psikis, pemerkosaan, persetubuhan serta pencabulan dan penelantaran anak.

"Kasus yang paling banyak kekerasan psikis ada 12 kasus dan pemerkosaan ada 6 kasus," bebernya.

Masih kata Suharto, untuk kasus perebutan hak asuh anak hanya tercatat sebanyak 4 kasus. Perebutan hak asuh anak itu muncul biasanya, ketika sudah tidak ada kecocokan dalam rumah tangga sehingga muncul salah asuh terhadap anak tersebut.

Banyaknya angka kasus yang ditangani oleh  DP3AKB Bojonegoro, diklaim karena saat ini para orang tua atau masyarakat sudah berani melaporkan masalah kekerasan perempuan dan anak tersebut ke pihak terkait, terlebih lagi di DP3AKB, sehingga angka kasus selama  2019 terbilang cukup banyak, dan semua sudah ditangani.

Dari data yang diperoleh blokBojonegoro.com, kasus kekerasan perempuan dan anak itu meliputi kekerasan fisik 2 kasus, kekerasan psikis 12 kasus, penelantaran 3 kasus, pemerkosaan 6 kasus, persetubuhan 5 kasus, pencabulan 6 kasus, kenakalan 6 kasus dan perebutan hak asuh anak ada 4 kasus.

"Sedangkan kasus melarikan anak dibawah umur dan mempekerjakan anak, tercatat tidak ada laporan," terang Suharto.

Guna mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak di Bojonegoro meningkat, pihak DP3AKB terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, agar warga berani melaporkan bila mengetahui perihal kekerasan yang menimpa perempuan dan anak.

"Selain itu, DP3AKB juga mengoptimalkan kinerja Satuan Tugas Perlindungan Perempuan dan Anak (SATGAS PPA) di tiap-tiap kecamatan," pungkasnya. [saf/mu]

Tag : kekerasan, kasus kekerasa, kekerasan perempuan, kekerasan anak


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat