07:00 . Yang Bisa Anda Lakukan untuk Membantu Anak Berteman   |   20:00 . Peringati HPSN, SMPN 6 Gelar Gerebek Sampah   |   19:00 . Gunakan Kunci T, Komplotan Curanmor Beraksi saat Hiburan Elekton   |   18:00 . Harga Jual Dan Buyback Logam Mulia Merangkak   |   17:00 . Kembangkan Skill, SMK Pemuda Taruna Bojonegoro Luncurkan SMK MINI   |   16:00 . Musim Tanam, Petani Dominasi Agunan Ajuan Gadai   |   15:00 . Rp38 M untuk Peningkatan Fasilitas Sekolah   |   14:00 . Pengangkatan PPPK Belum Jelas   |   13:00 . Judi saat Pilkades, Dua Orang Diamankan   |   12:00 . Jogging Track Tingkatkan Kesehatan Sekaligus Kenyamanan Warga   |   11:00 . Transfer dari Pusat Telat, Bantuan Pangan Non Tunai Terlambat   |   10:00 . Jumat Pahing Penjual Bunga Boreh Pasang Lapak   |   09:00 . Fokus Keselamatan Kerja, Pertamina EP Gelar Puncak Peringatan Bulan K3   |   08:00 . DLH Beserta Perangkat Desa Gelar Jumat Bersih   |   07:00 . Anak Pendiam, Apakah Mungkin karena Faktor Keturunan?   |  
Sat, 22 February 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 06 January 2020 20:00

Pilkades Serentak Kabupaten Bojonegoro Telan Anggaran 20 Miliar

Pilkades Serentak Kabupaten Bojonegoro Telan Anggaran 20 Miliar

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) Serentak gelombang ke tiga pada Februari mendatang. Pesta demokrasi di tingkat desa itu akan sedot dana senilai Rp20.276.000.000.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro, Djuwana Poerwiyanto. Menurutnya, anggaran tersebut bakal digunakan untuk 233 desa. Biaya pemilihan tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro dan dana hibah tahun 2019.

“Anggaran Rp20 miliar tersebut diperuntukkan biaya sejumlah kebutuhan. Di antaranya Rp17.480.020.000 untuk rapat, pencetakan surat suara, honor panitia, persiapan pilkades dan selebihnya untuk keamaan,” katanya, Senin (6/1/2020).

Mantan Camat Balen tersebut menyampaikan, semua persiapan persiapan sudah dikonsep dengan matang. Bahkan, menurutnya, khusus pengamanan sudah disiapkan. Dirinya sudah berkoordinasi dengan Polres maupun Kodim Bojonegoro untuk semua persiapan-persiapan tersebut.

“Untuk pelaksanaan pilkades optimis digelar 19 Februari 2020 mendatang,” ujarnya.

Dirinya mengaharapkan semua panitia pilkades yang ada jangan sekali- kali memungut lagi dari para calon kades yang ada, serta bersikap netral agar pilkades berjalan dengan lancar. Sebab, pelaksanaan Pilkades Serentak 2020 dibiayai oleh pemerintah daerah dan tidak boleh dibebankan kepada calon kepala desa.

“Semoga dalam pemilihan berlangsung dengan lancar nantinya,” ujarnya.

Untuk saat ini, lanjut Djuwana Poerwiyanto, masih persiapan untuk menggelar ujian tulis bagi para calon kepala desa (cakades) yang calonnya lebih 5 kandididat. Sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bojonegoro Nomor 13 Tahun 2015, Pasal 29 Ayat (1) tentang Tata Cara Pemilihan Kepala Desa, jumlah maksimal cakades di satu desa adalah lima orang. Jika jumlah calon lebih dari lima orang, wajib ujian tertulis sebagai salah satu syarat seleksi.

Ujian kepemimpinan tersebut bakal diikuti 8 desa. Dengan begitu siapa yang bisa menjawab dengan baik, maka dialah yang berhak mendapatkan nilai positif di ajang ujian nantinya. [din/ito]

Tag : pilkades, bojonegoro, serentak, dinas, pmd


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat