19:00 . Alhamdulillah....5 Orang Positif Covid-19 di Bojonegoro Sembuh   |   18:00 . Saksi: Tadi Saya Sudah Berteriak   |   17:00 . Perlintasan Kereta Tanpa Palang Pintu di Balen Memakan Korban Jiwa   |   16:00 . Besok, Semua Operator Sekolah Ikuti Diklat Online   |   15:00 . Sutikno: Pembatalan Kebarangkatan Jamaah Haji Adalah Langkah Tepat   |   14:00 . Kepala SMA/SMK yang Ikut Hadir Pelantikan di Surabaya di Rapid Test   |   13:00 . Jamaah Haji Batal Berangkat, Petugas Haji Dibubarkan   |   12:00 . Pemohon SIM Ramai, Jasa Anti Gores Kebanjiran Rejeki   |   11:00 . Pasca Lebaran, Pemohon SIM Membludak   |   10:00 . AKP Iwan Hari Gantikan AKP Rifaldhy Sebagai Kasat Reskrim Polres Bojonegoro   |   09:00 . Pelaku Wisata di Bojonegoro Siap Sambut New Normal   |   08:00 . Serbu....! Hanya 3 Hari Total Sport Ada Diskon Besar-Besaran   |   06:00 . Terus Melaju, Jalan Rigid Beton Mulai Digarap   |   22:00 . Wujudkan Layanan Cepat, 12 Instansi Taken MoU   |   21:00 . Kapolda Jatim Kunjungi Kampung Tangguh Covid-19 Bojonegoro   |  
Wed, 03 June 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 08 January 2020 07:00

Ingin Capai Resolusi 2020, Ini Tipsnya

Ingin Capai Resolusi 2020, Ini Tipsnya

Reporter: -

blokTuban.com - Ladies, sudahkah Anda menyusun resolusi di 2020? Menurut psikolog klinis Ayoe Sutomo M.Psi, menyusun resolusi sangat penting dilakukan karena bisa membuat seseorang memiliki tujuan dan mengarahkan dirinya pada tujuan tersebut. Beberapa resolusi yang dibuat pun biasanya seputar gaya hidup sehat, karier, percintaan, hingga keuangan.

Berbicara soal resolusi keuangan, ternyata ada beberapa daftar yang biasanya dibuat untuk membantu mengelola keuangan agar lebih mudah dan efisien. Selain itu, resolusi keuangan juga bisa membantu seseorang untuk lebih mudah dalam mencapai berbagai tujuan.

Adapun beberapa daftar resolusi keuangan yang biasanya dibuat; seperti menyusun anggaran keuangan, meningkatkan jumlah tabungan, disiplin dalam membayar tagihan, kurangi pengeluaran yang bersifat konsumtif, hingga menyisihkan dana darurat.

Pertanyaannya, jika resolusi keuangan itu sudah dibuat, lantas bagaimana cara mewujudkannya? Ligwina Hananto selaku Lead Financial Trainer di QM Financial, berbagai tips mewujudkan resolusi keuangan di 2020. Seperti apa?

1. Melakukan usaha yang ekstra

Tips pertama yang harus Anda lakukan jika ingin mewujudkan resolusi keuangan di 2020 adalah dengan melakukan usaha yang lebih ekstra. Sebagai contoh, jika Anda memiliki resolusi untuk lebih rajin menabung agar bisa melakukan DP rumah, maka Anda pun harus sanggup menyisihkan uang setiap bulan.

“Agar bisa memiliki jumlah uang yang ditargetkan, maka usahanya ya dengan memiliki penghasilan yang jelas atau setidaknya memiliki penghasilan tambahan dari dagang atau freelance,” ujar Ligwina.

2. Kondisikan agar Anda terbiasa

Menurut Ligwina, usaha saja tidak cukup untuk mewujudkan resolusi keuangan. Maka menurutnya, kita harus menyiapkan cara (dengan terpaksa) agar bisa menabung atau menyisihkan uang. Cara-cara yang bisa ditempuh di antaranya adalah dengan mengatur standing instruction debit automatics di rekening gajian ke rekening simpanan.

“Itu cara digitalnya, kalau cara analognya seperti mengisi celengan setiap hari, terus punya kotak plastik transparan untuk menyusun Rp 20 ribu atau Rp 100 ribu dengan rapi agar tidak diambil. Saat sudah terkondisikan, kita jadi merasa tidak terpaksa lagi karena sudah terbiasa,” lanjut Ligwina.

3. Adaptasikan dengan kondisi yang dimiliki

Saat mewujudkan resolusi, Anda mungkin akan dihadapkan dengan berbagai tantangan dan hambatan. Bahkan terkadang, orang gagal mewujudkan resolusinya karena kurangnya tekad.

“Jika sudah begitu, sebaiknya Anda adaptasikan kondisi yang dimiliki. Misalnya, saat memiliki penghasilan yang meningkat dengan adanya bonus dan THR, maka Anda pun bisa menabung lebih banyak. Namun, saat penghasilan tiba-tiba terhambat, mungkin Anda juga perlu mengikat pinggang lebih erat,” tutup Ligwina.

Tag : Keuangan, resolusi, tahun


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat