19:00 . Alhamdulillah....5 Orang Positif Covid-19 di Bojonegoro Sembuh   |   18:00 . Saksi: Tadi Saya Sudah Berteriak   |   17:00 . Perlintasan Kereta Tanpa Palang Pintu di Balen Memakan Korban Jiwa   |   16:00 . Besok, Semua Operator Sekolah Ikuti Diklat Online   |   15:00 . Sutikno: Pembatalan Kebarangkatan Jamaah Haji Adalah Langkah Tepat   |   14:00 . Kepala SMA/SMK yang Ikut Hadir Pelantikan di Surabaya di Rapid Test   |   13:00 . Jamaah Haji Batal Berangkat, Petugas Haji Dibubarkan   |   12:00 . Pemohon SIM Ramai, Jasa Anti Gores Kebanjiran Rejeki   |   11:00 . Pasca Lebaran, Pemohon SIM Membludak   |   10:00 . AKP Iwan Hari Gantikan AKP Rifaldhy Sebagai Kasat Reskrim Polres Bojonegoro   |   09:00 . Pelaku Wisata di Bojonegoro Siap Sambut New Normal   |   08:00 . Serbu....! Hanya 3 Hari Total Sport Ada Diskon Besar-Besaran   |   06:00 . Terus Melaju, Jalan Rigid Beton Mulai Digarap   |   22:00 . Wujudkan Layanan Cepat, 12 Instansi Taken MoU   |   21:00 . Kapolda Jatim Kunjungi Kampung Tangguh Covid-19 Bojonegoro   |  
Wed, 03 June 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 08 January 2020 08:00

Perdalam Kejuruan, SMK Migas Belajar Ke Pertamina EP Asset 4 Cepu Field

Perdalam Kejuruan, SMK Migas Belajar Ke Pertamina EP Asset 4 Cepu Field

Reporter: Muharrom

blokBojonegoro.com - Health, Safety, Security and Environment (HSSE) atau kesehatan dan keselamatan kerja (K3), menjadi hal yang sangat urgen diperhatikan dan dilaksanakan dengan semaksimal mungkin, terutama dalam dunia kerja.

Sehingga SMK Negeri 5 Bojonegoro Jawa Timur, Selasa (7/1/2020) mengadakan kunjungan Industri (KI) di HSSE PT Pertamina EP Asset 4 Cepu Field di Jalan Gajah Mada Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Kunjungan Industri (KI) adalah suatu kegiatan tahunan yang dilakukan oleh siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), guna mengetahui langsung dari dekat sebuah perusahaan untuk menjadi gambaran pekerjaan yang akan dilakoni oleh siswa atau peserta didik kelak jika sudah lulus sekolah.

Di Asset 4 Cepu Field ini, setelah siswa mendapatkan materi terkait pentingnya keselamatan dalam dunia kerja, para siswa SMK Migas Bojonegoro bisa langsung melihat berbagai macam alat keselamatan mulai dari alat keselamatan untuk pekerjaan di darat hingga di keselamatan di laut, mengingat dalam dunia perminyakan selain pemboran darat juga ada pemboran di laut.

Wisnu Handyasmara Putra, salah satu pemateri menjelaskan secara rinci alat demi alat, hingga risiko-risiko kecelakaan kerja yang bisa saja terjadi. "Semuanya bisa diminimalisir dan dicegah, sehingga semua pekerja di Pertamina sangat mengedepankan HSSE," jelas Wisnu di hadapan para siswa SMK Migas.

Selain mendalami HSSE, siswa juga diterangkan secara mendalam terkait dunia pemboran minyak yang dilakukan oleh Pertamina EP Asset 4, yang membawahi 5 field.

"Wilayah kerja Pertamina EP Asset 4 diantaranya Field Cepu di Jawa Tengah, Field Sukowati dan Field Poleng di Jawa Timur, Field Papua di Papua Barat dan Field Donggi Matindok yang ada di Sulawesi Tengah," terang Hafiz Syaifudin Azhari, staf bagian produksi yang pernah bekerja di Field Donggi Matindok ini kepada siswa.

Perwakilan SMKN 5 Bojonegoro, Nomi Wijayanti mengatakan, kegiatan kunjungan industri ini sangat penting untuk siswa, selain menambah pengetahuan dalam dunia migas juga ini adalah pengalaman yang tidak didapat di bangku sekolah.

"Kunjungan industri ini juga bertujuan untuk melatih mental siswa-siswi agar mereka bisa bekerja dengan situasi dan kondisi apapun," papar Nomi.

Selain itu sebagai perwakilan sekolah, Nomi mengucapkan terima kasih kepada PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu yang berkenan berbagi ilmu dengan siswa SMK Migas Bojonegoro. "Semoga kerja sama ini semakin terjalin dengan baik," jelas Nomi. [mu]

Tag : Smk migas, smkn 5, migas, asset 4


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat