Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

PMI Bojonegoro Bentuk Sibat Antisipasi Banjir Musiman

blokbojonegoro.com | Wednesday, 08 January 2020 18:00

PMI Bojonegoro Bentuk Sibat Antisipasi Banjir Musiman

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Sejumlah unsur masyarakat yang tergabung dalam Siaga Bencana Masyarakat (Sibat) yang terdiri atas Perangkat Desa, PKK, Karang Taruna dan Kapasitas SDM yang berada di wilayah Desa/Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, yang dibentuk oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Bojonegoro telah menyiapkan peralatan guna antisipasi banjir luapan sungai Bengawan Solo.

Di Desa Trucuk sendiri pihaknya juga telah memasang jalur evakuasi apabila terjadi banjir yang menggenangi wilayah Desa Trucuk dan sekitarnya. Karena kita tahu letak geografi berada di bantaran sungai Bengawan Solo, ketika memasuki musim penghujan menjadi daerah langganan banjir di Bojonegoro.

Ketua Sibat Desa Trucuk, Prayitno mengatakan, pihaknya bersama para pengurus Sibat beserta anggota telah menyiapkan beberapa peralatan. Di antaranya perlengkapan dapur umum, perahu evakuasi serta posko siaga desa, guna mengantisipasi bencana banjir.

"Desa Trucuk sendiri juga telah memasang jalur evakuasi apabila terjadi musibah banjir, karena kita tahu ketika memasuki musim penghujan menjadi langganan banjir," ujar Prayitno.

Staf Pelayanan Bencana Palang Merah Indonesia Bojonegoro,  Wahyu Theo Alfian mengatakan tujuan dari adanya Sibat yakni sebagai upaya meminimalisir kerusakan dan kerugian akibat bencana yang ditimbulkan.

"Tujuan utama upaya meminimalisir dari bencana yang ditimbulkan serta bersifat urgen apabila terjadi banjir," kata Theo.

Pihaknya juga telah menyiapkan tim relawan. Apabila nantinya di butuhkan untuk membantu sekaligus membackup para Sibat yang berada di daerah rawan banjir, akibat sungai Bengawan Solo. [liz/ito]

Tag : pmi, bojonegoro, sibat



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini