16:00 . UNBK SMP Diikuti 19.632 Siswa   |   15:00 . Antisipasi Bencana, BPBD Cek Pintu Air   |   14:00 . Hari Ini Pisah Sambut Kepala SMPN 4 Bojonegoro   |   13:00 . Ada 7 Taman di Bojonegoro Dibawah Naungan Pemkab   |   12:00 . Momen Imlek, BPBD Prediksi Hujan Lebat Bakal Guyur Sejumlah Daerah   |   11:00 . Intip Keindahan Taman Lokomotif   |   10:00 . Kebutuhan BBM dan LPG Diprediksi Meningkat, Pertamina Siapkan Antisipasi Jelang Imlek   |   09:00 . Sekolah Bengawan Solo Ajarkan Siswa Sayangi Alam   |   08:00 . Bupati Resmikan Taman Lokomotif   |   07:00 . Masih Menyusui Kok Bisa 'Kebobolan'?   |   18:00 . Ibu-ibu PKK di Kedungprimpen Belajar Pemasaran Daring   |   17:00 . FKMB UINSA Kembangkan Potensi Desa Melalui Bakmas   |   16:00 . Nyentrik, Polisi Ramah Dikenal Kumisnya   |   15:00 . Boromania Beri Waktu Manajemen Persibo Beri Kepastian   |   14:00 . Pendekar Velg Super Jago   |  
Fri, 24 January 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 11 January 2020 16:00

Sinau Nge-MC Bareng

72 Peserta Ikuti Sinau Nge-MC Bareng

72 Peserta Ikuti Sinau Nge-MC Bareng

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Kemampuan berbicara di depan publik memang diimpikan oleh banyak orang. Banyak yang menganggap itu adalah bakat sebagaimana halnya kemampuan seseorang bernyanyi atau bermain alat musik. Padahal sesungguhnya berbicara didepan banyak orang adalah ilmu yang bisa dipelajari, dan dimiliki semua orang.

Memperhatikan hal tersebut, Komunitas Master of Ceremony (MC) Kabupaten Bojonegoro mengadakan Pelatihan NgeMC Bareng di Hotel & Resto Griya MCM Jl. Pemuda, Sabtu (11/1/2020). Tak hanya dari Bojonegoro, para peserta juga datang dari kabupaten tetangga seperti Lamongan, Tuban dan Blora (Jawa Tengah).

"Ada 72 peserta yang ikut latihan ini, mulai dari Masyarakat, Dosen, Guru, Pegawai Puskesmas hingga para MC Profesional," ujar Panitia Pelaksana, Ossa Adnan.

Perempuan yang akrab disapa Ossa ini menjelaskan, ide awal diadakanya pelatihan Nge-MC Bareng ini berasal dari banyak masyarakat awam yang mengeluh ingin bisa nge MC dengan bernar. Akhirnya, walaupun hanya dimotori oleh tiga orang saja, tetap bertekat untuk membuat pelatihan ini.

Tak tanggung-tanggung dalam acara yang digelar selama setengah hari ini mendatangkan narasumber yang tak kalah kece, yaitu Ernina dan Joe Suara. Tak hanya itu, enam bintang tamu mulai dari Mokh Subeki, Arina Syeifa, Dhika Safrina, Widi, Arika Hutama dan Bapak Fay juga turut meramaikan acara ini.

"Untuk kedua narasumber menyampaikan materi yang berbeda, kalau mbak Ernina menyampaikan tentang MC Formal sedangkan mas Joe Swara tentang non forman," lanjutnya kepada blokBojonegoro.com.

Perempuan yang juga berprofesi sebagai MC  tersebut berharap pasca diadakanya pelatihan ini, para peserta bisa mengaplikasikanya. Menurut Ossa, semua orang mempunyai kemampuan dalam berbicara dan bisa diasah. Namun yang membedakan adalah keberanian dan jam terbang yang ada.

Sementara itu, salah satu narasumber Joe Swara mengungkapkan untuk menjadi MC itu ada tehnik dan caranya. Yang paling penting menurut Joe, adalah penguasaan panggung yang ditunjang dengan pengelolaan kata, bahasa, suara dan kelancaran berbicara.

"Sebenarnya MC itu mudah, yang terpenting bisa menguasai panggung dan pintar-pintar membuat suasana agar lebih hidup," jelasnya.

Selain menyampaikan materi terkait MC, pria yang berprofesi sebagai penyiar radio di Bojonegoro dan General Manager (GM) di blokBojonegoro ini juga menyampaikan perjalananya sebagai seorang Master of Ceremony yang sudah malang melintang di berbagai even, mulai acara pernikahan, wisuda, konser dan beberapa even lainnya.

"Jadi MC itu harus profesional, jangan melihat amplop yang diberikan, jika diberi banyak dibagus-baguskan tetapi jika sedikit malah sebaliknya," imbuh Joe Swara sambil tertawa.[din/ito]

Tag : sinau, mc, bojonegoro, profesional


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat