12:00 . Disnakkan Wajibkan Penjual Hewan Kurban Terapkan Protokol Kesehatan   |   11:00 . Kemenag: Salat Idul Adha Harus Terapkan Protokol Kesehatan   |   10:00 . Mahasiswi STEKIA Kembangkan Usaha Ayam Geprek, Omzet Melimpah   |   08:00 . Perdana, Mukbang Bareng Temen Kantor, Pada Deg-degan   |   07:00 . Meremehkan Alergi pada Anak, Ini Dampak Negatifnya   |   22:00 . Terus Bertambah, Hari ini 8 Orang Positif Covid-19   |   16:00 . Rektor dan Pejabat Struktural IAI AL Hikmah Tuban Periode 2020-2025 Resmi Dilantik   |   15:00 . PMI Bojonegoro Kirim 2 Relawan Operasi Satgas Percepatan Covid-19 Jatim   |   14:00 . Ketua Baru PBSI Bojonegoro Agendakan Turnamen Antar Klub   |   13:00 . Cegah Penyebaran Covid-19, Pemotongan Kurban Wajib Ikuti Protap Kesehatan   |   12:00 . Ada 2 Kabupaten/Kota yang Sudah Gelar Muscab PBSI   |   11:00 . Terpilih Aklamasi, Abdul Karim Nahkodai PBSI Bojonegoro Periode 2020-2023   |   10:00 . Kasus DBD Turun, Dinkes Berharap Masyarakat Tetap Waspada   |   09:00 . Lestarikan Tradisi 'Nyadran' di Tengah Pandemi Covid-19   |   08:00 . Harga Jual dan Buyback Tetap, Berikut Norminalnya   |  
Sun, 12 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 14 January 2020 08:00

DAK Kesehatan Bojonegoro

Dinkes Pastikan Serapan Anggaran Sudah Maksimal

Dinkes Pastikan Serapan Anggaran Sudah Maksimal

Reporter: M. Yazid

blokBojonrgoro.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat. Termasuk penggunaan anggaran yang sudah digunakan secara maksimal, sesuai perencanaan dan kebutuhan dinas.

Meskipun Dana Alokasi Khusus (DAK) Kesehatan yang disebut minim serapan, namun Dinkes sudah banyak menyerap anggaran tersebut.

"Laporan di Kementerian Kesehatan itu belum final, baru triwulan pertama dan kedua. Sebenarnya DAK Kesehatan Bojonegoro sudah 80 persen lebih," kata Plt Kepala Dinkes Kabupaten Bojonegoro, dr. Ahmad Hernowo.

Dijelaskan Dokter Hernowo, pelaksanaan kegiatan rata-rata sudah 100 persen, tapi penyerapan anggaran seperti fisik reguler sekitat 92 persen, penugasan 77,24 persen dan non fisik 81,94 persen. Termasuk anggaran untuk obat Rp 4,4 miliar sudah 96 persen realisasi.

Begitu halnya dengan yang lainnya BOK sudah 82,62 persen, akreditasi puskesmas 80,71 persen, Jampersal 71,64 persen dan kefarmasian realisasi 82 persen. "Jika ditotal DAK kesehatan realisasi 80,57 persen," jelasnya kepada blokBojonegoro.com.

Mengenai kendala menurut Dokter Hernowo dipastikan ada, tetapi sudah diminimalisir. Misalkan terkait Jampersal, penggunaan anggarannya tergantung persalinan dan yang tidak punya jaminan, tapi kebanyakan sudah mempunyai BPJS.

"Sedangkan seperti akreditasi itu juga menyesuaikan jadwal akreditasi dari pusat. Dinkes Bojonegoro sudah melaksanakan sesuai aturan dan juga efesiansi anggaran," terangnya.

Ia menambahkan, keluhan masyarakat juga banyak karena semua kunjungan puskesmas meningkat. Pasalnya problem yang dialami mengenai ketenagaan.

"Komplain masuk banyak ke saya, tapi memang masalah pengangkatan tenaga lewat P3K yang Juknisnya belum turun," pungkas mantan Kepala Puskesmas Kalitidu itu.[zid/ito]

 

Tag : Dinkes, bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat