Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kaleidoskop 2019 (11)

Tahun 2019, Jumlah Tambahan Pelanggan PDAM Tak Sesuai Target

blokbojonegoro.com | Tuesday, 14 January 2020 18:00

Tahun 2019, Jumlah Tambahan Pelanggan PDAM Tak Sesuai Target

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bojonegoro di tahun 2019 pihaknya telah targetkan 3.165 pelanggan saluran air baru. Namun, dari terget tersebut yang masuk hanya 2.944 saluran, seluruhnya termasuk yang tersebar di 14 kecamatan yang berada di Kabupaten Bojonegoro.

14 kecamatan diantaranya, Kecamatan Kedungadem, Bojonegoro, Dander, Padangan, Kapas, Balen, Sumberrejo, Baureno, Kalitidu, Trucuk, Purwosari, Kanor, Bubulan dan Sugihwaras.

PLT Direktur PDAM Bojonegoro, Joko Siswanto menegaskan, dari seluruh target saluran air seluruhnya 3.165, namun baru masuk 2.944, sebagian 400 ada yang meminta dicabut.

"Target saluran 3.165, masuk 2.944 sebab sebagian ada yang meminta dicabut," kata Joko Siswanto.

Menurut data yang dihimpun dari PDAM, pada tahun 2019 ini. Untuk wilayah kecamatan Kedungadem di tahun 2019 ada sekitar 1500 saluran. Namun penagihan dan pendapatan diatas 105 persem dan 40.000 jumlah pelanggan hingga tahun 2019.

"Ya. Sudah masuk di tahun 2019 untuk wilayah kedungadem, pelanggan sekitar 1500," imbuh Joko Siswanto.

Masih kata Joko Siswanto, kendala saat ini berada pada penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsismas). Yang mana pamsismas saat ini berada pada tarif rendah 40.000, disamping itu BUMDes juga memiliki irigasi. Hal itu tentu menjadi problematika terkait dampak Pamsismas, apakah layak atau tidak ketika kemarau. Termasuk bagaimana merubah air keruh menjadi bening, bersih dari kuman.

Selain itu di tahun 2020. Pihak pusat daerah air minum (PDAM) Kabupaten Bojonegoro, rencananya juga akan menganggarkan 20 liter serta rencana penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat pada 3.500 sambungan rumah. 

Serta ke depan untuk wilayah pengairan tak hanya wilayah selatan, namun juga tersebar di wilayah utara dan barat, seperti halnya Banjarejo serta Kalitidu. [liz/lis]

Tag : Irigasi, pam, pdam



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini