13:00 . Dari Masker Bantu Ekonomi Tetangga   |   12:00 . Petakan Daerah Rawan Bencana, 18 Kecamatan Rawan Longsor dan 16 Banjir Bandang   |   11:00 . Dampak Pandemi, Pertumbuhan Kendaraan di Bojonegoro Lesu   |   10:00 . Begini Komentar Pelaku Usaha yang Mendapatkan BLT UMKM Tahap Pertama   |   09:00 . Inilah Warga yang Dapat Penghargaan di HJB 343 Termasuk Nakes Pencegahan Covid   |   08:00 . 307 Pasien di Jatim Sembuh, Kasus Baru Tambah 300 Orang   |   07:00 . Kebiasaan Pegang Ponsel yang Memicu Nyeri Leher   |   06:00 . Digelar Berbeda Upcara Hari Jadi Bojonegoro Tetap Patuhi Protokol Kesehatan   |   05:00 . Alhamdulillah, Hasil Testing 86% Negatif Covid 19   |   04:00 . 4 Orang Sembuh, 7 Baru dan 1 Orang Dinyatakan Meninggal   |   20:00 . KPK RI Enggan Berkomentar Terkait Gugatan PI Blok Cepu   |   19:00 . Rapikan Administrasi, Askab PSSI Manfaatkan Teknologi   |   18:30 . Isolasi di Rumah   |   18:00 . Alumni Stikes Rajekwesi Jadi Tenaga Kesehatan di Luar Negeri   |   17:30 . 3 Wajib Lawan Covid   |  
Wed, 21 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 16 January 2020 13:00

Siapkan SDM untuk IT, Pemkab Bojonegoro FGD Desa Grebek Kota Smart City

Siapkan SDM untuk IT, Pemkab Bojonegoro FGD Desa Grebek Kota Smart City

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Sebagai upaya menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Bojonegoro di Era Industri 4.0, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro menggelar Focus Group Discussion (FGD) Desa Grebek Kota Menuju Smart Technology, Kamis (16/1/2020).

Bertempat di Smart Technology Building Pusdiklat, Dusun Kedungrejo, Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, FGD diikuti 500 peserta dari Organisasi Perangkat Daerah dan staff TIK, 100 Desa Percontohan Sistem Informasi Desa (SID), Pengurus Osis SMA, MA dan SMK, BEM, serta komunitas-komunitas di Bojonegoro.

Hadir pada FGD itu, Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah beserta forum pimpinan daerah (Forkopimda), dan narasumber utama, Dr. Ismail Fahmi yang merupakan putra Daerah Bojonegoro yang juga dikenal pencipta Drone Emprit.

Kepala Diskominfo, Kusnandaka Tjatur menyampaikan FGD ini diselenggarakan sebagai langkah untuk menyiapkan SDM dalam era Industri 4.0.  "Di era ini,' skill sangat dibutuhkan dalam persaingan di bidang informasi dan teknologi. Dibutuhkan upgrade dan transfer knowledge. Sasaran adalah generasi millennial, guru, dan komunitas yang mempunyai passion di bidang TIK," paparnya.

Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah menjesakan, respon pemkab di era industri 4.0 ikut menjadi bagian transformasi teknologi. Untuk itu butuh dukungan dari semua elemen masyarakat, terutama dengan mulai menyamakan cara pandang.

"Di Bojonegoro sudah banyak yang menggunakan aplikasi. Yang baru ini dari RSUD ada aplikasi untuk mendaftar. Jika masyarakat tidak mempunyai cara pandang yang sama untuk memanfaatkan aplikasi itu, tidak bisa berjalan maksimal. Untuk itu, semua butuh dukungan mulai dari tingkat desa," kata Bupati.

Dr. Ismail Fahmi menuturkan, dari hasil diskusi bersama pemkab Bojonegoro, putra daerah asal Desa Kenep, Kecamatan Balen ini menggambarkan bagaimana Desa Grebek Kota menuju Smart Technology. 

"Istilah Desa Grebek Kota, bukan orang yang datang, tapi teknologi orang dari desa, yang jaraknya jauh dari kota, tetap bisa sumbang ilmu, akses, dan informasi," ujar Fahmi.

Founder PT. Media Kernels Indonesia yang sistemnya digunakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI untuk mengetahui peta Social Network Analysis tentang bagaimana sebuah hoax berasal, menyebar, siapa influencers pertama, dan siapa groupnya, juga memaparkan tentang Bojonegoro dari sistem analisnya. [lis]

Tag : Fgd, bupati, pemkab


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 20:00

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023 Asosiasi Media Siber Indonesa (AMSI) kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan kepada Wensesleus Manggut (Pemred Merdeka.com), sebagai Ketua Umum dan Wahyu Dhyatmika/Komang (Pemred Tempo), sebagai Sekretaris Jenderal periode 2020-2023 pada kongres kedua...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat